Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    TipsPerbedaan Kaca Mobil Jenis Tempered dan Laminated

    Perbedaan Kaca Mobil Jenis Tempered dan Laminated

    Kaca mobil jadi salah satu hal penting. Sebab, adanya kaca mobil kita bisa terhindar dari debu, tetesan air hujan, terpaan angin saat mobil melaju, hingga mengurangi resiko jika terjadi kecelakaan. 

    Bicara soal kaca mobil, OLXer haru tahu bahwa saat ini yang beredar dan digunakan di Indonesia dikenal dalam dua jenis kaca tempered dan kaca laminated. 

    Seperti dilansir Daihatsu, baik kaca laminated ataupun kaca tempered, keduanya memiliki tingkat perlindungan yang lebih baik jika dibandingkan dengan kaca biasa. Kedua kaca tersebut tergolong ke dalam jenis safety glass. 

    Lantas kalua OLXer mau tahu beda kaca tempered dan kaca laminated, berikut ulasannya:

    Kaca Laminated

    Umumnya kaca laminated ditempatkan sebagai windshield atau kaca depan. Kaca laminated ini sulit ditembus karena sifatnya yang mampu meredam benturan dan menjaga lapisan. 

    Sifat pecah kaca jenis laminated ini tidak akan menghambat visibilitas. Kaca laminated merupakan perpaduan dua kaca yang mengapit film PVB (Polyvinyl Butyral) dengan ketebalan 0,76 millimeter. Kedua lapisan kaca tersebut umumnya memiliki ketebalan masing-masing 2 milimeter.

    Lapisan PVB pada kaca laminated berfungsi sebagai pengikat dua lapisan kaca sekaligus sebagai penguat dari kaca itu sendiri. Dengan lapisan PVB inilah yang membuat kaca laminated lebih kuat daripada kaca biasa loh! 

    Namun, OLXer perlu berhati-hati saat kaca laminated ini retak. Sekecil apapun keretakannya, pecahan tersebut akan dengan cepat merembet. 

    Nah, ini menjadi salah satu kekurangan kaca laminated. Jika hal itu sudah terjadi pada kaca laminated mobil OLXer, sebaiknya segera melakukan pergantian kaca. Jangan dibiarkan semakin parah ya Sahabat.

    Kaca Tempered

    Kaca tempered umumnya digunakan di kedua sisi samping dan di belakang mobil. Kaca tempered memiliki kekuatan 5 kali lebih besar daripada kaca laminated. 

    Jika OLXer mencobasaja pukul kaca samping mobil dengan stik baseball. Dijamin tidak akan pecah. Kaca tempered memiliki ketebalan 5 milimeter. Jenis kaca ini baru akan pecah saat menerima benturan sebesar 1.500 kg per cm2. Selama kaca tempered belum memiliki luka sedalam 1 per 6 dari ketebalannya, kaca tidak akan pecah.

    Namun, bila hal tersebut sampai terjadi, kamu harus segera melakukan pergantian kaca. Jika luka pada kaca tempered dibiarkan, resonansi atau getaran yang ditimbulkan mobil dapat memecahkan kaca di waktu yang tidak terduga. 

    Apabila kaca tempered pecah, kepingannya akan berbentuk kecil-kecil dan tidak tajam. Salah satu kelemahan kaca tempered ini adalah saat sebuah benda keras menghantam dengan kecepatan tinggi, benda tersebut dapat masuk ke dalam kabin mobil.

    Sebenarnya, kaca tempered merupakan lembaran kaca biasa. Sebelum didinginkan secara mendadak, kaca tempered ini terlebih dahulu dipanaskan pada suhu 6000  celcius. Perubahan suhu yang mendadak tersebut tidak membuat lapisan kaca pecah. Justru mengubah struktur molekul kaca dan membentuk ikatan yang lebih kuat dari sebelumnya.

    OLXer juga bisa menambahkan lapisan kaca film untuk memperkuat kaca samping. Hal tersebut dapat mengantisipasi kemungkinan kaca tempered yang bisa pecah berkeping-keping. Perlu diingat, gunakan kaca film biasa saja ya. 

    Tidak perlu menggunakan kaca film dengan yang mampu menolak peluru. Jadi, jika suatu saat berada dalam keadaan darurat, kaca tersebut tetap bisa dipecahkan.

    Nah, jika terpaksa harus memecahkan kaca karena keadaan darurat, usahakan untuk memecahkan kaca pintu sebelah kanan bagian kemudi. Karena ketersediaannya banyak di pasaran sehingga mudah diperoleh. Harganya juga relatif murah. Tapi, semoga hal darurat semacam itu tidak terjadi.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here