Jumat, September 30, 2022
More
    GIIAS 2022Selisih 57 Juta Rupiah, Ini Bedanya Wuling Air ev Standar dan Long...

    Selisih 57 Juta Rupiah, Ini Bedanya Wuling Air ev Standar dan Long Range

    Perbedaan varian Wuling Air ev ada di kemampuan jarak jelajahnya. Air ev Standar Range menjelajah 200 km, sementara untuk varian Long Range mencapai 300 km.

    TANGERANG – Rasanya tidak berlebihan kalau kami sebut Wuling Air ev sebagai “rising star” di booth Wuling Motors dalam gelaran pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022.

    Sejak hari pertama pameran otomotif ini dibuka pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 lalu, mobil listrik pertama Wuling yang diproduksi dan dijual di Indonesia ini selalu jadi magnet para pengunjung pameran yang mampir di booth Wuling Motors di Hall 5, ICE BSD City, Tangerang.

    Wuling Air ev secara resmi meluncur di Tanah Air di hari pertama GIIAS 2022.

    Mobil listrik compact dengan kapasitas muat 4 penumpang ini hadir dalam dua pilihan varian berbeda.

    Pilihan pertama adalah varian Standar Range yang dilepas ke pasaran dengan harga Rp238 juta. Dan varian satunya lagi adalah Long Range yang dijual seharga Rp295 juta.

    Secara penamaan, perbedaan dua varian Wuling Air ev ada di kemampuan jarak jelajahnya. Air ev Standar Range bisa menjelajah sejauh 200 km paling maksimal untuk sekali pengisian daya baterai sampai full.

    Sementara varian Long Range kemampuan jelajahnya mencapai hingga 300 km untuk sekali pengisian daya baterai sampai full.

    Informasi lebih jelas terkait perbedaan kedua varian Wuling Air ev ini disampaikan langsung oleh Danang Wiratmoko Product Planning Wuling Motors di hari kedua GIIAS, Jumat (12/8/2022).

    Detail Perbedaan Varian Wuling Air ev

    Secara bentukan keduanya memang terlihat sama, tetapi tentu ada detail yang akan membedakan antara Air ev varian Standar Range dan Long Range.

    Perbedaan pertama disebutkan Danang Wiratmoko ada pada bagian sistem pengereman. “Dari sistem pengereman, Standar Range dilengkapi dengan rem cakram di ban depan dan rem tromol di ban belakang. Sedangkan untuk varian Long Range empat rodanya sudah menggunakan rem cakram,” sebutnya.

    Lalu untuk perbedaan kedua sudah pasti ada di bagian komponen utama mobil listrik, yaitu baterai. Komponen ini yang menentukan jarak tempuh di masing-masing varian.

    Wuling Air ev menggunakan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) dengan kapasitas berbeda diantara keduanya. Untuk varian Standar Range kapasitas baterainya hanya 17,3 kWh. Jarak tempuhnya mencapai hingga 200 kilometer.

    Sementara di varian Long Range menggunakan baterai berkapasitas 26,7 kWh dengan jarak tempuh mencapai 300 kilometer.

    Untuk motor penggeraknya sama, berdaya maksimum 30 kw dimana tenaga yang dihasilkan oleh motor penggerak tersebut disalurkan melalui transmisi Single Reduction Gear ke roda belakang.

    “Jadi Wuling Air ev ini termasuk mobil listrik berpenggerak roda belakang.”

    Warna Interior Jadi Perbedaan Varian Wuling Air ev

    Dari sisi interior, konsep minimalis tapi terkesan modern dan banyak teknologi memang sengaja dihadirkan.

    Untuk membedakan kedua varian mobil listrik Wuling ini bisa dilihat dari warna interior yang disuguhkan.

    “Jadi bisa dibedakan juga dari warna interiornya. Standar Range lebih bernuansa terang, sedangkan yang Long Range berwarna lebih gelap. Kemudian ada tambahan material soft touch di beberapa bagian interior Long Range dan tidak ada di Standar Range.

    Berikutnya masih di bagian interior, Standar Range dan Long Range sudah sama-sama dilengkapi dengan layar meter cluster full colour. Yang jadi pembeda hanya pada ukurannya saja. Layar meter cluster untuk varian Long Range lebih besar dibanding milik Standar Range.

    Kemudian di material pembungkus jok keduanya juga dibedakan. Untuk varian Air ev termahal (Long Range) sudah menggunakan bahan leather seat dari kulit sintetis. Material ini juga yang diapaki untuk membungkus bagian roda kemudinya.

    Untuk bagian eksterior, secara kasat mata memang terlihat sama antara keduanya. Tapi jika diperhatikan lebih detail lagi, tetap ada yang berbeda.

    “Meskipun sama-sama dibekali logo Wuling di bagian depan yang bisa menyala, namun untuk varian Long Range sudah dibekali lampu LED pada bagian depan dan belakang serta DRL. Ini yang tidak ada di varian Standar Range,” kata Danang Wiratmoko.

    Fitur Keamanan Lengkap, Long Range Pakai Smart Start System

    Kalau bicara urusan safety feature, menurut Danang keduanya sudah sangat lengkap.

    Wuling Air ev sudah mengadopsi fitur keamanan lengkap mulai dari dua airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang baris pertama serta rangka yang kokoh.

    Sistem pengereman didukung oleh sistem ABS dan EBD, ada TPMS serta Sound Module for pedestrian Warning dan juga ISOFIX.

    Tapi untuk Air ev Long Range masih ditambah dengan sistem Electronic Stability Control (ESC) dan Electric Parking Brake dengan AVH serta HHC.

    Keistimewaan Wuling Air ev varian Long Range adalah sudah menggunakan Smart Start System.

    Fitur ini memungkinkan pengguna Air ev untuk menyalakan mobil tanpa harus menekan tombol tertentu atau memutar anak kunci.

    “Cukup mengantongi kunci kemudian masuk kabin, injak rem, putar transmisi tinggal langsung jalan tanpa perlu mencet apa-apa lagi,” sebutnya.

    Fungsi hiburan mendasar seperti radio, pemutar musik via bluetooth atau USB tersedia di semua varian Air ev. Khusus Long Range ditambahkan layar sentuh berukuran 10.25 inch yang desainnya floating.

    “Jadi kita bilangnya konsep dual screen, jadi Long Range ini mempunyai dua screen berukuran 10.25 inch dalam kabinnya.”

    Dua-Duanya Sudah Ada WIND dan IoV

    Inovasi perintah suara berbahasa Indonesia yang menjadi trade mark Wuling yang disebut Wuling Indonesian Command (WIND) sudah ada di Air ev, baik varian Standar Range maupun Long Range. Begitu juga dengan teknologi Internet of Vehicle (IoV).

    Tapi khusus untuk varian Long Range fungsinya ditambah berupa online messaging, online navigation dan online music, dimana fungsi ini tidak ada di varian Standar Range.

    Nah, itulah perbedaan antara Wuling Air ev varian Standar Range dan Long Range. Untuk membuktikan serta merasakan perbedaan antar keduanya, langsung saja datang ke GIIAS 2022 dan daftarkan diri untuk test drive Wuling Air ev.

    OLX Autos Hadir di GIIAS 2022

    OLX Autos melanjutkan perjalanannya di Indonesia dengan kembali bekerja sama dengan GAIKINDO menjadi official trade in partner pada event GIIAS 2022. 

    Upaya ini merupakan bentuk komitmen OLX Autos untuk memperkuat industri otomotif, dengan mempermudah calon pembeli mobil baru mendapatkan mobil idamannya dengan cara menjual mobil lamanya. 

    Selama gelaran GIIAS 2022 yang berlangsung pada 11-21 Agustus 2022, OLX Autos menghadirkan OLX Autos Spot yang hadir di beberapa titik, yakni di OLX Autos Spot di Hall 9, OLX Autos Information Booth di Hall 1, Hall 3A, Hall 5, dan Hall 10, serta Inspection Center di Area Parkir Hall 10 untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.

    Jual mobil lamamu di OLX Autos GIIAS 2022 sekarang dan dapatkan penawaran harga terbaik dari hasil pengecekan secara menyeluruh.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here