Minggu, Mei 29, 2022
More
    TipsPerhatikan 10 Hal Penting Ini Saat Mudik Bersama Keluarga

    Perhatikan 10 Hal Penting Ini Saat Mudik Bersama Keluarga

    JAKARTA – Pemerintah Indonesia akhirnya membolehkan masyarakat melakukan mudik ke kampung halamannya pada tahun ini.

    Setelah dua tahun melewati lebaran dengan aturan tidak boleh mudik karena angka penyebaran virus COVID-19 masih tinggi, tentu kebijakan ini akhirnya disambut dengan gembira.

    Jutaan orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman dalam satu waktu tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pemudik.

    Tentu banyak persiapan yang harus dilakukan, agar perjalanan jarak jauh ini nantinya bisa dinikmati tanpa kendala berarti. 

    Menurut Corporate Secretary Division Head Mandiri Tunas Finance, Arif Reza Fahlepi, “Agar perjalanan  mudik nyaman dan aman, setidaknya ada 10 hal penting yang harus dipersiapkan.” 

    10 Persiapan Mudik

    10 Persiapan Mudik Yang Harus Diperhatikan

    1. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat dan Prima

    Hal penting pertama adalah menjaga kondisi tubuh sehat dan prima. Pastikan istirahat yang cukup sebelum melakukan mudik. Jangan memaksakan diri jika dirasa kondisi tubuh kurang fit, karena berisiko menurunkan konsentrasi saat mengemudi.

    2. Cek Kondisi Kendaraan 

    Setelah memastikan kondisi tubuh sehat dan prima, giliran sekarang memastikan kondisi kendaraan yang akan dibawa mudik juga dalam kondisi prima. Usahakan bawa ke bengkel resmi dulu untuk melakukan pengecekan serta penggantian suku cadang yang sudah mengalami penurunan fungsi. Untuk mencari mobil bekas berkualitas agara aman dan nyaman dibawa mudik, klik DISINI.

    3. Pahami Rute Perjalanan 

    Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya memantau kondisi lalu-lintas terkini di jalur yang akan dilewati saat mudik. Saat ini ada beberapa rekayasa lalu-lintas yang sudah dipersiapkan, mulai aturan ganjil-genap dan contraflow di jalan tol. Jangan sampai terjebak karena kurang informasi. 

    4. Pastikan Kendaraan Selalu Full Bahan Bakar

    Ini juga penting, mengingat kita tidak pernah tau bagaimana kondisi jalan, macet atau lancar, jadi sebaiknya sebelum masuk tol, pastikan tangki bahan bakar kendaraan sudah terisi full. Tentu kalian tidak akan mau mengalami mobil mogok kehabisan bensin di tengah kemacetan bukan?

    5. Pastikan Punya e-Money dengan Saldo Cukup

    Sebaiknya sebelum berangkat atau sebelum sampai di pintu tol, lakukan pengecekan E-Money. Pastikan saldo yang ada cukup untuk membayar tol sampai ke tempat tujuan.  

    6. Siapkan Makanan dan Minuman di Mobil

    Saat melakukan perjalanan mudik di bulan ramadhan, artinya ada kebutuhan untuk melakukan sahur dan buka puasa di tengah perjalanan. Pastikan persediaan untuk buka puasa/takjil dan minuman tersedia di mobil. 

    7. Pastikan Bawa Obat-Obatan Pribadi dan P3K

    Jangan sepelekan hal yang satu ini. Pastikan juga untuk membawa obat-obatan pribadi jika dirasa perlu. Begitu juga dengan perlengkapan P3K. Beberapa jenis obat-obatan yang perlu dibawa adalah minyak angin dan minyak kayu putih, obat sakit kepala serta vitamin.

    Baca juga  Tips Aman Belanja Online : Lakukan Riset Singkat Pembeli atau Penjual

    8. Tetap Jaga Prokes

    Selama perjalanan mudik, pastikan juga seluruh anggota keluarga tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker dan sering-sering menggunakan hand sanitizer. Berada di dalam kabin mobil lebih berpeluang untuk menyebarkan virus lebih cepat, jadi tetap waspada. 

    9. Patuhi Peraturan Lalu Lintas

    Jangan lupa juga untuk selalu mematuhi peraturan lalu-lintas yang berlaku. Selalu awas untuk memperhatikan rambu-rambu jalan, termasuk menjaga kecepatan sesuai anjuran. Jangan nafsu untuk bisa sampai tujuan lebih cepat karena akan meningkatkan risiko kecelakaan.

    10. Selalu Berdoa

    Nah, yang terakhir adalah terus berdoa memohon keselamatan selama perjalanan, baik ketika berangkat mudik maupun saat akan kembali ke Ibukota. 

    “Demikian tips mudik bersama keluarga yang bisa saya bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat dan kita semua bisa merayakan hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan penuh suka cita,” tutup Arif Reza Fahlepi.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here