Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    TipsPemilik Mobil Wajib Jaga 4 Filter Ini, Kenapa?

    Pemilik Mobil Wajib Jaga 4 Filter Ini, Kenapa?

    News.OLX.co.id – Salah satu komponen yang bisa mewujudkan performa kendaraan terus terjaga dengan baik adalah filter atau saringan. Yang harus diketahui adalah komponen filter dalam kendaraan tidak hanya satu atau dua saja, tapi lebih dari itu.

    Disebut filter karena tugas komponen ini adalah menyaring udara atau cairan yang melaluinya dari kotoran atau partikel seperti debu dan gram hasil gesekan dalam mesin yang dapat menghambat kinerjanya. 

    Nah, untuk memastikan kendaraan OLXers, dalam hal ini mobil terus berada dalam performa terbaiknya, pastikan 4 filter ini mendapat perhatian khusus. 

    Berikut 4 filter tersebut: 

    Filter Oli

    Di antara 4 filter yang ada di dalam mobil, filter oli yang paling utama untuk selalu OLXers perhatikan. Jika sudah lewat masa kerjanya, mending langsung ganti dengan filter baru. Karena tugas filter oli adalah yang paling berat dan penting terkait hubungannya dengan kinerja mesin.

    Filter oli fungsinya memastikan oli mesin selalu dalam kondisi bersih dari segala bentuk kontaminasi, baik jelaga, serbuk metal, air, ataupun kotoran lain. Kalau dibiarkan, proses pelumasan mesin tentunya tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, bahkan bisa merusak komponen bergerak pada mesin.

    Filter oli wajib diganti mengikuti jadwal servis berkala. Rata-rata untuk mobil Toyota setiap 10.000 km atau 6 bulan, harus sudah diganti. 

    Filter Bahan Bakar

    Sama dengan filter oli, filter bahan bakar juga memiliki fungsi sama, yakni menyaring kotoran di bahan bakar agar tidak menyumbat saluran bahan bakar yang ujung-ujungnya menjadikan mesin ngadat karena tidak mendapatkan suplai bahan bakar sesuai untuk proses pembakaran.

    Kondisi ini jika dibiarkan terlalu lama akan merusak komponen mesin lainnya seperti injektor yang sangat halus dan presisi.

    Ganti filter bahan bakar setiap 80.000 km atau masa pakai 4 tahun untuk menjaga performa mesin mobil selalu baik. Oh ia, filter bahan bakar ini juga bertugas untuk menyaring air yang terkandung dalam bahan bakar agar tidak menimbulkan karat di dalam tangki, jadi jangan abaikan filter yang satu ini. 

    Filter Udara

    Filter lainnya adalah filter udara yang berfungsi menyaring partikel asing seperti debu agar tidak masuk ke dalam sistem injeksi dan ruang bakar mesin. Jangan dibiarkan lama-lama dalam keadaan kotor karena bisa menimbulkan kerugian karena tenaga mesin menurun dan jadi boros bahan bakar. 

    Kerugian dalam jangka waktu lama adalah usia pakai mesin yang pendek. Sehingga jika OLXers berencana untuk menjualnya kembali, harganya akan rendah dari pasaran. 

    Setidaknya buat OLXers pemilik mobil Toyota, filter udara ini setiap kali melakukan perawatan harus mengecek kondisi kebersihan filter udara. Biasanya komponen ini harus diganti setiap 40.000 km atau 2 tahun, kalau di mesin berbahan bakar bensin. 

    Untuk mesin diesel jaraknya lebih pendek lagi, yakni di 30.000 km atau 1,5 tahun.  

    Filter AC

    Yang terakhir adalah filter AC. Jaga selalu filter ini dalam keadaan bersih agar udara yang diembuskan ke dalam kabin tetap bersih dan segar. Udara segar dalam kabin yang berasal dari AC tidak selamanya sehat karena menganut sirkulasi tertutup.

    Artinya, udara yang diembuskan oleh AC adalah udara yang sama dengan yang sudah diembuskan sebelumnya. 

    Debu, jamur, dan kotoran lain dapat dengan mudah menumpuk pada filter sehingga mengganggu kesehatan. Ditambah, kotoran tersebut akan menempel pada evaporator dan menghambat proses pendinginan udara. 

    Akibatnya selain kualitas udara yang kurang sehat, hawa dingin juga berkurang. Ganti filter AC setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. 

    Nah, itulah 4 jenis filter di dalam mobil yang harus menjadi perhatian OLXers. 

    Khusus bagi pemilik mobil Toyota, pastikan filter yang digunakan adalah part original. OLXers bisa dengan mudah mendapatkan filter original mobil Toyota melalui Auto2000. Apalagi sekarang ada diskon lumayan khusus untuk pembelian tiga jenis filter tersebut lewat Auto2000 Digiroom.

    Filter bahan bakar untuk Avanza dan Rush yang awalnya seharga Rp 305.000, di diskon menjadi Rp 277.273 dengan syarat dan ketentuan berlaku.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here