Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    TipsPerhatikan 4 Komponen Mobil Ini Sebelum Menemani Anda Beraktivitas Kembali

    Perhatikan 4 Komponen Mobil Ini Sebelum Menemani Anda Beraktivitas Kembali

    News.OLX.co.id – Mungkin Anda adalah salah satu dari banyak orang yang memilih untuk berdiam di rumah selama libur Lebaran tahun ini. Berlangsungnya pandemi menyebabkan Pemerintah melarang keras kegiatan mudik ataupun mengunjungi lokasi wisata di edisi liburan tahun ini.

    Yang pasti jempol buat kalian yang selalu bijaksana dengan mengikuti aturan tersebut. Artinya Anda sayang dengan keluarga dan juga peduli agar COVID-19 tidak kembali 'mengganas' menghantui kehidupan kita semua.

    Namun dengan tetap stay di rumah, bukan berarti kalian juga tidak peduli dengan kondisi kendaraan yang terparkir lama. Kondisi mobil kalian harus tetap terjaga agar performanya tetap prima dan siap dipakai beraktivitas kembali ketika libur berakhir.

    Berikut adalah tips merawat mobil secara mandiri dengan memperhatikan 4 komponen yang wajib diperhatikan dan bisa dilakukan sendiri saat Anda di rumah: 

    1. Radiator

    Tips Merawat Mobil

    Radiator adalah komponen utama yang harus diperhatikan saat melakukan pemeriksaan kendaraan secara mandiri di rumah. Air radiator berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap optimal dan mencegah terjadinya overheat. 

    Pastikan air radiator pada mobil selalu dalam kondisi penuh sampai batas level. Selain itu, periksa bagian selang radiator dan selang penghubung ke reservoir, pastikan selang dalam kondisi tidak ada retak dan menggelembung.

    2. Oli Mesin

    Tips Merawat Mobil

    Selain air radiator, oli mesin juga penting untuk dilakukan pengecekan secara rutin. Oli mesin harus rajin diganti secara berkala agar kinerja mesin jadi lebih ringan. Oli mesin yang cukup akan mengurangi gaya gesek antar komponen. 

    Untuk mengecek kondisi oli, keluarkan stik oli (dipstick) dari wadahnya dan periksa level ketinggian oli di ujung stik. Pastikan oli mesin berada diantara batas low dan high, dan juga perhatikan warnanya. Oli mesin yang masih bagus memiliki warna kecoklatan, sedangkan oli yang sudah lama digunakan cenderung berwarna agak hitam pekat. 

    Penggantian oli mesin harus dipastikan untuk secara rutin dilakukan sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang terdapat pada buku petunjuk kendaraan.

    3. Ban Mobil

    Tips Merawat Mobil

    Keempat ban mobil juga harus dipastikan kondisinya, pastikan bahwa permukaannya tidak gundul dan tidak ada tekstur yang retak atau pun benjol. 

    Tread Wear Indicator (TWI) berupa garis pembatas yang ada di sela-sela ulir ban pun juga harus diperhatikan. Apabila permukaan ban sudah sejajar ketebalannya dengan garis TWI, berarti ban sudah menipis dan harus dilakukan penggantian. 

    Selain itu, tekanan angin juga harus sering untuk diperiksa agar sesuai dengan standar tekanan angin ban, yang dapat dicek pada sisi bagian dalam pintu pengemudi.

    4. Wiper

    Tips Merawat Mobil

    Terakhir adalah mengecek kondisi wiper mobil. Kalian harus memastikan permukaan karet wiper dalam kondisi tidak retak, sobek dan masih mampu membersihkan kaca mobil secara optimal. 

    Tabung air wiper di dalam kap mesin juga bisa diisi dengan cairan khusus pembersih wiper. Kondisi wiper yang baik dapat membuat pengendara semakin merasa nyaman dan aman untuk berkendara dalam cuaca apapun.

    Nah, pengecekan komponen-komponen mobil tersebut bisa dilakukan secara mandiri, tidak perlu ke bengkel resmi atau bengkel langganan. Setidaknya kalian bisa memastikan air radiator sudah penuh, oli mesin juga masih bisa dipakai, ban masih tebal serta wiper masih bagus dan tabung airnya terisi penuh. 

    Dengan menjaga keempat komponen tersebut, mobil yang terparkir lama di garasi, setidaknya siap menemani aktivitas sehari-hari usai bertapa di rumah.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here