Kamis, Juli 7, 2022
More
    InformasiPerhatikan 9 Hal Ini Sebelum Beli Sepeda Listrik

    Perhatikan 9 Hal Ini Sebelum Beli Sepeda Listrik

    Jika Anda kerap merasa lelah di tengah jalan saat sedang bersepeda, memilih sepeda listrik adalah salah satu alternatif terbaik.

    Sepeda model ini dapat digunakan dalam 2 fungsi, yakni dikayuh manual dan dijalankan menggunakan listrik seperti sepeda motor.

    Kemudian, lajunya lebih cepat sehingga memakan sedikit waktu untuk mencapai tempat tujuan.

    Juga dapat menghemat uang karena tidak perlu biaya bahan bakar, hingga tidak menimbulkan polusi udara maupun suara.

    Hendro Sutono, anggota dan juru bicara Komunitas Sepeda/Motor Listrik (Kosmik), mengatakan, sepeda ini kendaraan tertentu yang memiliki roda 2 (dua) dilengkapi dengan peralatan mekanik berupa motor listrik.

    “Secara definisi mungkin perlu ditambahkan, yakni, sepeda listrik adalah kendaraan tertentu yang memiliki roda 2 (dua) dilengkapi dengan peralatan mekanik berupa motor listrik dan (tetap bisa dijalankan dengan tenaga manusia sepenuhnya),” kata Hendro

    Dengan segala kelebihannya itu, maka tak heran jika sepeda model ini kini laris di pasaran. Apakah Anda tertarik untuk memboyongnya? Jika iya, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum membeli sepeda listrik, dilansir dari ceklist.id.

    1. Ketahui Medan Anda

    Sepeda Listrik didesain untuk preferensi tertentu, menunjang aktivitas Anda yang gemar bersepeda namun tidak ingin terlalu lelah. Namun, sebelum membelinya, pertama-tama, Anda perlu mengetahui tempat Anda akan sering mengendarai sepeda.

    Sepeda Listrik dirancang untuk berbagai aktivitas. Misalnya seperti bersepeda santai, mengangkut kargo, bersepeda gunung, trail riding, transportasi, perjalanan perkotaan, dan bersepeda di jalan raya.

    2. Pilih Tipe Sepeda Listrik

    Ada dua jenis eBikes. Yang pertama adalah pedelec, yaitu pengendaraan yang memantau kayuhan pengguna dan menambahkan tingkat dukungan motor tertentu secara otomatis, tergantung pada kecepatan, laju, dan gaya pengendara.

    Di beberapa negara, kecepatan maksimumnya 25 km per jam. Ketika pengendara mencapai batas ini, maka sepeda otomatis mati. Meski demikian, ada juga ebike berperforma lebih tinggi yang dapat melaju hingga 45 km per jam. Hanya saja, pengguna harus memiliki lisensi dan asuransi khusus.

    Jenis lainnya adalah twist-n-go’ Pengendara menggunakan saklar untuk memicu bantuan motor. Sepeda listrik jenis ini, yang dipacu oleh throttle, tidak memerlukan pajak, asuransi, dan lisensi.

    3. Periksa Detail

    Selain mengetahui kualitas, kapasitas, dan juga jenis baterai, Anda perlu mengecek kondisi komponen sepeda lainnya sepert ban, rantai, kondisi kerangka, dan lain sebagainya. Supaya Anda agar benar-benar yakin produk yang hendak Anda beli aman, nyaman, serta awet ketika digunakan baik dalam jarak dekat maupun jauh.

    Jangan tergoda harga sepeda yang murah.

    Baca Juga : Bangga Buatan Indonesia, Sepeda Motor Listrik Volta Meluncur di IIMS Motobike Hybrid Show

    4. Perhatikan Jenis Motornya

    Sepeda listrik VIAR (Foto: Detik)

    Terdapat dua tipe utama motor. Ini dapat dipasang di salah satu roda sepeda atau mengatur area cranks dan pedal. Idealnya, motor listrik berbantuan cranks lebih bekerja efisien di bukit yang terjal. Hanya saja akan sedikit bising tergantung jenis dan mereknya.

    Baca juga  Mobil Kelar Dicoating, Jangan Sampai Lakukan 3 Hal Ini!

    Sementara itu, motor hub tidak bekerja dengan optimal di perbukitan, namun cenderung sangat tenang.

    Baterai sepeda listrik yang lebih mahal dirancang dengan baterai yang lebih ringan, tahan lama, dan dapat diisi dengan cepat. Kualitas baterai dapat menjadi perbedaan besar. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih produsen merek ternama.

    Kemudian, pastikan baterai termasuk dalam garansi selama maksimal dua tahun. Baterai lithium-ion idealnya mampu bertahan hingga 800 siklus pengisian penuh, yang setara dengan 3 tahun perjalanan di hari kerja.

    Baterai lithium-ion mampu bertahan lebih lama dengan penggunaan yang wajar. Yang terpenting, Anda harus memperhatikan kapasitas baterai, bahan kimia baterai, dan produsennya saat membeli sepeda listrik.

    5. Perhatikan Jangkauan Sepeda Listrik

    Jangkauan berpatokan pada jarak yang dapat ditempuh sepeda listrik dengan satu kali pengisian penuh baterainya. Faktor ini bisa menjadi pertimbangan paling penting saat membeli sepeda listrik.

    Jika Anda gemar bersepeda di bukit yang curam,, Anda pasti tidak ingin kehabisan tenaga di tengah perjalanan. Sebaiknya, Anda memilih sepeda listrik dengan jangkauan yang lebih tinggi dari yang Anda butuhkan. Sebab, jangkauannya cenderung menurun seiring bertambahnya usia baterai Anda.

    6. Pertimbangkan Harga

    Sepeda listrik berkualitas harganya cukup mahal. Anda memang dapat membeli sepeda yang sangat sederhana. Hanya saja, sampai berapa lama ia dapat digunakan untuk Anda?

    Pilihlah sepeda dengan rem fungsional, frame berkualitas, suspensi berkualitas tinggi, dan komponen lini atas.

    Saat membeli sepeda listrik, Anda mungkin ingin mengeluarkan sedikit uang untuk motornya. Namun, tidak berarti Anda harus puas dengan tipe dan merek termahal. Ada berbagai macam produk di luar sana. Namun, prioritaskan untuk menemukan satu dengan harga yang pantas dan kualitas tinggi.

    7. Dites Dulu Sebelum Dibungkus

    Bagian paling menyenangkan dari membeli sepeda listrik adalah test riding. Dengan begitu, Anda bisa memupus keraguan, sekaligus merasakan sendiri apakah calon sepeda listrik Anda mampu bekerja baik di perbukitan yang curam, berfungsi dengan maksimal dan tahan lama.

    8. Cek Garansi Sepeda Listrik yang Dibeli

    Membeli sepeda listrik adalah bagian dari investasi, terlepas dari apakah Anda memilih merek yang paling mahal atau tidak. Pastikan produk yang Anda beli disertai dengan garansi. Sebab hal itu akan memastikan bahwa investasi Anda sangat berharga. Setidaknya, harus memiliki garansi dua tahun untuk motor, baterai, dan suku cadang.

    9. Pilih Penjual Terpercaya

    Memilih penjual yang tepat sama pentingnya dengan memilih sepeda listrik yang sesuai untuk Anda. Saat mengevaluasi toko sepeda, ada tiga poin utama yang perlu Anda pertimbangkan. Yakni rasa, komitmen, dan kualitas.

    Perhatikan apakah Anda merasakan ada perasaan mendapatkan produk terbaik. Kemudian, apa saja yang ditawarkan oleh penjual toko. Kemudian, kualitas dan reputasi produk yang dijual.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here