Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    LainnyaPerhatikan, Tahapan Pentingnya Kesehatan di Usia Produktif

    Perhatikan, Tahapan Pentingnya Kesehatan di Usia Produktif

    Seperti kebanyakan orang ketahui, ketika menginjakan usia 22-32 tahun, maka usia tersebut dianggap menjadi tahun produktif dalam pekerjaan dan cenderung fokus dengan karir.

    Sebaliknya, kesibukan yang dijalani untuk mencapai mimpi ternyata banyak mengabaikan hal kesehatan tubuh. Padahal, pada usia emas inilah menjadi waktu yang tepat untuk memikirkan kesehatan karena akan berimbas di hari tua nanti.

    Nah, OLXer sendiri nggak mau kan nanti di usia yang tak lagi muda sakit-sakitan. Sebaliknya, mau dong kalau di hari tua tubuh tetap terlihat bugar.

    Maka dari itu, pada usia 22-32 tahun, seharusnya kesehatan sangat perlu diperhatikan oleh banyak orang. Meskipun usia-usia tersebut merupakan usia dimana energi terasa sangat besar untuk terus dikeluarkan demi mencapai karir yang diinginkan.

    Padahal, berdasarkan sejumlah riset, usia di atas 23 tahun merupakan usia dimana terjadinya penurunan daya tahan tubuh. Di usia tersebut, kesehatan harus benar-benar sangat diperhatikan.

    Untuk mengetahui tahapan apa saja yang harus diperhatikan, lihat penjelasannya di bawah ini:

    Rentang usia 22-25 tahun

    Di usia ini, biasanya orang-orang baru saja memulai untuk memasuki dunia kerja. Ketika hal tersebut datang, umumnya mengalami ‘shock’ terhadap dunia pekerjaan. Selain shock, mereka pun biasanya masih memiliki semangat kerja yang tinggi.

    Hal tersebut membuat pola makan menjadi berantakan karena pekerjaan yang terus mereka lakukan. Yang harus dilakukan untuk tetap sehat adalah dengan makan-makanan yang sehat, mengatur kandungan yang terdapat pada makanan tersebut dan mengurangi makan makanan yang digoreng.

    Rentang usia 26-29 tahun

    Di usia ini, aktivitas yang dijalani sudah semakin padat. Maka dari itu, kebiasaan untuk ‘begadang’ kemungkinannya sangat besar. Hal yang perlu dilakukan ketika kebiasaan tersebut menyerang adalah dengan mengatur pola makan sebaik mungkin dan tetap rutin berolahraga untuk menjaga kesehatanmu.

    Ketika tahap ini datang, jangan pernah kalian untuk melakukan pola makan buruk seperti makan di atas jam 12 malam dan hindari makan-makanan junk food.

    Rentang usia 30-32 tahun

    Pada usia ini, rata-rata dari mereka cenderung sudah mencapai puncak karir dan sudah berkeluarga. Biasanya, sudah bisa mengatur pola makan dan hidup dengan baik. Namun, kegiatan yang dijalani tentunya masih sangat padat dan seiring waktu daya tahan tubuh menurun.

    Di umur ini, yang harus selalu dilakukan adalah dengan melakukan olahraga yang rutin pada sela-sela kegiatan kalian. Mulai memikirkan makanan yang berdampak pada kesehatan kedepannya serta yang terpenting adalah mengatur waktu tidur kalian. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait