Kamis, Desember 9, 2021
OLX Auto
More
    BeritaPerjuangan 50 Tahun Mitsubishi Fuso di Indonesia

    Perjuangan 50 Tahun Mitsubishi Fuso di Indonesia

    Mitsubishi Fuso kini genap memasuki usianya yang ke-50 tahun. Melalui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Tanah Air, merk Jepang ini menjadi saksi tidak hanya seputar otomotif, namun perkembangan perekonomian hingga  infrastruktur Indonesia.

    Menurut Presiden Direktur KTB Naoya Takai, bisnis truk bisa tumbuh seiring dengan perkembangan suatu negara, termasuk di Indonesia.

    “Kami ingin terus bersama Indonesia dan ingin menjadi ‘penggerak’ untuk Indonesia,” ungkap Takai beberapa waktu lalu. 

    Ya, sudah setengah abad atau sejak tahun 1970 Mitsubishi Fuso memasarkan kendaraan niaga dan menjadi pionir hingga memiliki populasi truk terbesar di Indonesia. Setidaknya, beberapa produk Mitsubishi Fuso yang saat ini masih eksis dan masih dapat dijumpai mulai dari Colt Diesel, Fuso, New Fuso, Fighter, hingga Tractor Head. 

    Tentu saja kendaraan niaga yang hadir ini banyak digunakan diberbagai sektor guna, mulai dari perkebunan, pertambangan, hingga transportasi publik. 

    Tak heran kan, meski di usia ke-50 tahun Mitsubishi Fuso diuji dengan pandemi Covid-19, KTB masih mempertahankan dominasi pasar secara absolut, dengan peningkatan pangsa pasar dari 43,1 persen pada 2019 menjadi 48,7 persen pada 2020. 

    Memang saat ini masih terjadi penurunan, seperti penjualan Mitsubishi Fuso ikut merosot dari 25.563 unit pada 2019 menjadi 15.131 unit pada 2020. Tapi balik lagi, penurunan ini juga terjadi di sejumlah merek otomotif, baik kendaraan niaga maupun penumpang.

    Ikut Tren Kendaraan Listrik

    Truk Mitsubishi Fuso eCanter
    Truk Mitsubishi Fuso eCanter

    Bicara soal perjuangan Mitsubishi Fuso di Indonesia, OLXer juga harus tahu, seiring perkembangan teknologi dan pengalaman sebagai salah satu produsen kendaraan berat selama lima dekade di Tanah Air, Mitsubishi Fuso juga mengikuti tren masa kini, dimana perusahaan dengan logo tiga berlian menghadirkan kendaraan berteknologi listrik.

    Ya, Mitsubishi Fuso juga punya kendaraan ramah lingkungan demi mewujudkan rendah emisi, yang disebut eCanter. Truk ini sempat menginjakan kakinya ke Jakarta, tepatnya di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) Maret 2020 lalu.

    Sebenarnya eCanter ini merupakan produk yang sudah diproduksi secara masal, seperti di Jepang, Amerika Serikat, serta beberapa negara Eropa. Adapun menurut Director Sales & Marketing KTB, Duljatmono untuk pasar Indonesia, eCanter memang belum dijual.

    “Ini cuma untuk menunjukkan bahwa kami siap memberi solusi untuk kebutuhan pasar dengan teknologi advance,” ucap pria yang akrab disapa Momon.

    Seperti diketahui, eCanter merupakan truk yang memiliki sumber tenaga dari enam modul baterai bertegangan tinggi (high voltage battery) dengan daya 420 Volt dan 13,8 kWh sehingga setara dengan menghasilkan tenaga hingga 139 kW dan torsi 390 Nm.

    Untuk bisa melaju dengan sempurna, eCanter ini untuk sekali pengecasan bisa menempuh jarak 100 kilometer. Sedangkan pengisian daya untuk sampai penuh bisa dilakukan dengan instalasi listrik rumah sekitar 9 jam lamanya. Serta dengan  fast charging atau pengisian daya cepat kurang lebih 1 jam.

    Bertahan di Masa Pandemi

    Selain memperkenalkan truk listrik, Mitsubishi Fuso faktanya memiliki strategi untuk tetap eksis selama pandemi, yaitu melakukan banyak penyesuaian untuk menjalankan bisnisnya, seperti menyelenggarakan customer gathering dan penjualan secara virtual.

    Seperti diketahui, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, customer gathering kali ini  memanfaatkan jaringan internet dengan menggelar  pertemuan secara virtual, mengingat kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk pertemuan tatap muka secara langsung dengan konsumen.

    Selain itu, Mitsubishi Fuso juga melakukan penjualan dengan menawarkan produknya melalui Mitsubishi Fuso Official Store di Tokopedia. Tentu saja ini sebagai langkah pencegahan untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 jika bertemu secara fisik.

    Mitsubishi  juga memberikan program penawaran 3S (sales, service, spare part), khususnya selama masa pandemi. Misalnya saja dengan memaksimalkan Mobile Workshop Service, serta Booking Service, untuk perawatan dan perbaikan kendaraan. 

    Sedangkan untuk program penjualan, Salesforce tetap melayani, baik itu melalui telepon, pesan singkat, maupun korespondensi email.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here