Selasa, Maret 19, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMundur dari Indonesia, Permintaan Mobil Seken Merek Chevrolet Malah Naik

    Mundur dari Indonesia, Permintaan Mobil Seken Merek Chevrolet Malah Naik

    Di penghujung tahun 2019, pasar otomotif dikejutkan dengan pernyataan dari General Motors (GM) Indonesia yang menyatakan penghentian penjualan mobil baru Chevrolet untuk pasar Indonesia.

    Keputusan Chevrolet untuk hengkang dari Indonesia ini diprediksi akan mengubah transaksi mobil Chevrolet baik di pasar mobil baru maupun bekas. Meski demikian, nampaknya Chevrolet tetap memiliki penggemar loyal. 

    OLX Indonesia membagikan data pencarian mobil Chevrolet segala tipe di platform OLX, satu bulan setelah pernyataan tersebut muncul di media. 

    “Yang menarik adalah, tidak ada dampak signifikan dari pengumuman tersebut. Berdasarkan data yang berhasil ditarik pada akhir bulan November lalu, terjadi peningkatan permintaan mobil Chevrolet sebesar 6 persen. Di bulan Oktober 2019, permintaan (calon pembeli) berada pada angka 29.182 sedangkan di bulan November 2019, permintaan ada pada angka 30.883 ribu. Dari segi harga rata-rata, walaupun tidak signifikan, namun mengalami peningkatan sebesar 1 persen, dari Rp 105 juta (Oktober 2019) menjadi Rp 106 juta (November 2019). Tentunya ini bervariasi bergantung pada tipe dan tahun produksi mobil,” ungkap Ivo Wassenaar, Head of Automotive OLX Indonesia, Kamis (19/12/2019).

    Berdasarkan listing Mobil Chevrolet yang terpasang di OLX, data mengungkapkan suplai mengalami penurunan sebesar 3 persen atau dari 2.067 di bulan Oktober 2019 menjadi 2.015 di bulan November 2019. Kendati akan hengkang, nampaknya konsumen justru mempertahankan mobil Chevrolet karena setiap brand otomotif memang biasanya memiliki penggemarnya tersendiri.

    Chevrolet Trax menjadi model Chevrolet paling banyak dicari di OLX (Sumber: OLX.co.id)

    Khusus tipe Chevrolet terpopuler, Trax mengalami peningkatan suplai yang cukup signifikan, yaitu sebesar 46 persen di bulan November 2019 dibandingkan suplai di bulan sebelumnya. Peningkatan suplai ini berdampak pada penurunan rata-rata harga Chevrolet Trax sekitar 11 persen dari Rp 209 juta (Oktober 2019) menjadi Rp 186 juta (November 2019). 

    Sementara itu, jumlah permintaan mengalami peningkatan sebesar 3 persen dan masih relatif lebih tinggi dari suplai Trax di platform OLX. 

    Data yang berbeda ditunjukkan oleh Chevrolet Captiva. Baik suplai maupun permintaan (calon pembeli) mengalami penurunan masing-masing sebesar 8 persen dan 45 persen di November 2019 dibandingkan data bulan Oktober 2019. Sedangkan harga Chevrolet Captiva hanya terjadi penurunan sebesar 1 persen dari Rp 236 juta di Oktober 2019 menjadi Rp 233 juta di November 2019. 

    Meski secara umum keadaan masih relatif stabil hingga satu bulan setelah pengumuman tersebut, harga dan permintaan mobil bekas Chevrolet masih bisa mengalami perubahan, yang dipengaruhi berbagai faktor, diantaranya layanan purnajual yang ditawarkan oleh authorized dealer seperti perawatan, perbaikan hingga ketersediaan suku cadang. 

    “Nantinya, hal ini juga memengaruhi jumlah listing mobil Chevrolet di OLX, seiring dengan pergerakan preferensi konsumen,” tutup Ivo. (Z)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait