Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    BeritaPerusahaan Mobil Listrik Tesla Ingin Investasi di Indonesia

    Perusahaan Mobil Listrik Tesla Ingin Investasi di Indonesia

    Perusahaan kendaraan listrik asal Amerika Serikat, Tesla Inc, dikabarkan telah melakukan diskusi awal dengan pemerintah terkait rencana keinginannya untuk berinvestasi di Indonesia.

    Hal ini diungkapkan Plt Deputi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Ayodhia Kalake, seperti dilansir Reuters, Senin (5/10/2020).

    Tidak disebutkan secara detail seberapa besar keinginan Tesla berinvestasi. Akan tetapi, Tesla sudah menghubungi pemerintah Indonesia secara informal.

    “Itu masih diskusi awal dan belum detail. Kami perlu diskusi lebih lanjut dengan Tesla,” kata Ayodhia.

    Jika benar Tesla ingin menancapkan kuku bisnisnya di Indonesia, memang cukup masuk akal. Mengingat, beberapa perusahaan luar negeri seperti LG Chem Ltd dari Korea Selatan dan Contemporary Amperex Technology Ltd dari China sudah lebih dulu berinvestasi untuk membangun pabrik baterai lithium di Indonesia.

    Ya, seperti diketahui, Indonesia ingin menjadi pemain utama dalam pemasok baterai lithium secara global. Hal ini didasari karena Indonesia memiliki cadangan bahan baku berupa nikel dan kobalt sangat besar untuk dikembangkan menjadi industri baterai lithium sebagai komponen utama kendaraan listrik.

    Salah satu kandungan nikel yang jumlahnya sangat banyak dan akan menjadi bahan utama pembuat baterai listrik ditemukan berlimpah ruah di Morowali, Sulawesi Tengah.

    Sementara itu, Tesla sendiri diketahui ingin meningkatkan produksi kendaraan listrik  termasuk truk dan proyek tenaga surya. Sedangkan sang bos Tesla, Elon Musk,  pada tahun ini mendesak penambang untuk memproduksi lebih banyak nikel dengan menawarkan kontrak “raksasa” jangka panjang, namun tetap memperhatikan lingkungan.

    Indonesia sendiri akan memberikan insentif bagi mereka yang ingin berinvestasi perihal kendaraan listrik.

    Adapun dengan semakin banyaknya kendaraan listrik, maka hal tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi emisi karbon.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here