Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruBangga! Pindad Indonesia Kenalkan MV2 4x4, Ini Spesifikasinya

    Bangga! Pindad Indonesia Kenalkan MV2 4×4, Ini Spesifikasinya

    PT Pindad (Persero) akhirnya memenuhi janjinya untuk menghadirkan mobil baru setelah Maung, yaitu Pindad MV2 4×4. Mobil berpenggerak empat roda ini diklaim merupakan prototype dengan inovasi dan pengembangan terbaru.

    Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose mengapresiasi terhadap seluruh karyawan Pindad yang terus menciptakan berbagai inovasi produk, karena Pindad memiliki Sumber Daya Manusia yang kreatif dan inovatif sehingga mampu untuk menciptakan produk-produk unggulan.

    “Jangan tinggalkan inovasi, karena kita dapat menjadi besar, jaya dan hidup karena kita mampu menghasilkan produk kreatif dan inovatif,” ungkap Abraham saat perkenalkan MV2 4×4 ini di lapangan Gd.100 Divisi Kendaraan Khusus, Bandung.  Demikian keterangan dalam situs resmi Pindad.

    Menurut Abraham, hadirnya MV2 menjadi momen, kesempatan Pindad untuk membuktikan kemampuan inovasi yang harus dijaga dan jangan sampai hilang. 

    “Jangan sampai padam semangat para inovator, kreator dan engineer Pindad harus selalu tumbuhkan produk inovatif. Kita tidak akan terkalahkan apabila menguasai teknologi, kuncinya disitu. Kita semua bangga atas hasil yang tidak pernah padam untuk terus dan terus menghasilkan produk inovatif. Terus berkembang dan terus berinovasi!,” jelas Abraham.

    Sejalan dengan Abraham, VP Inovasi PT Pindad, Windu Paramartha mengatakan,  MV2 4×4 diharapkan dapat menjadi kebanggaan serta menjadi bukti bahwa putra-putri bangsa Indonesia mampu bersaing dengan menghasilkan inovasi  produk yang berkualitas. 

    “Direktur Utama, Abraham Mose yang harapannya bisa menjadi sebuah kebanggaan bagi Pindad dan Indonesia dimana kita bisa menunjukkan bahwa kita semua putra putri Indonesia bisa menghasilkan produk yang membanggakan dan bisa menjadi solusi,” ungkap Windu seperti dalam situs resmi Pindad.

    Disebutkan, bahwa Pindad MV2 dirancang untuk memenuhi kebutuhan operasi modern dan juga dimungkinkan untuk memenuhi pasar lain selain pasar militer.

    Spesifikasi Pindad MV2 

    Pindad MV2 memiliki panjang 5.220 mm, lebar 2.010 mm, tinggi 1.860 mm, jarak sumbu roda 3.220 mm dan ground clearance 260 mm. Berat kosong kendaraan 2.630 Kg dan dapat menahan berat maksimal hingga 3.200 Kg.

    Secara tampilan Pindad MV2 cukup sangar dari segi desain yang dikombinasikan dengan kesan modern. Seperti terlihat dari penggunaan lampu LED bagian depan, dan adanya LED bar bagian atap.

    Karena mobil ini sosoknya SUV, maka Pindad rupanya ingin MV2 4×4 ini menjadi mobil untuk on road maupun offroad. Hal ini juga terlihat kesan mobil petualang dengan penggunaan ban pacul 35 x 12.50 berukuran 17 inci serta adanya bull bar untuk kebutuhan derek jika mobil terjebak di lumpur atau saat mogok.

    Untuk memberikan kenyamanan, MV2 dipasang suspensi depan independent double wishbone, sedangkan bagian belakang menggunakan 4-link coilover. Dengan suspensi ini, MV2 diklaim mampu bermanuver gesit dan handal, dilengkapi suspensi yang nyaman digunakan baik di medan on road maupun off road. 

    Pada bagian interior, MV2 diklaim memiliki kabin lega khususnya pada baris belakang, kemudian sudah menggunakan atap hardtop dengan kanopi belakang yang dapat di lepas pasang menjadi kendaraan double cabin. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan foot step samping.

    Untuk jantung pacu, MV2 dibekali dengan mesin diesel dengan daya 136 Tk pada 3.200 rpm dan torsi maksimum 385 Nm @1.600 – 2.600 rpm. Berpenggerak 4×4, tenaga yang disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan. 

    Di atas kertas, MV2 memiliki kecepatan maksimum 120 km/jam dan jarak tempuh 600 Km dalam kondisi full tank. Kemampuan daya tanjak 60 persen, kemiringan 30 persen dan mengarung (fording) 0,75 m. 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here