Kamis, April 25, 2024
Lainnya
    BeritaPindad Siap Luncurkan  Maung Versi Sipil Tahun Ini, Harga Rp 600 Jutaan

    Pindad Siap Luncurkan  Maung Versi Sipil Tahun Ini, Harga Rp 600 Jutaan

    PT Pindad (Persero) mengumumkan akan meluncurkan mobil Maung 4×4 versi sipil. Jika tak ada aral melintang, peluncuran mobil PIndad Maung yang awalnya dikhususkan untuk kendaraan militer berpenggerak 4×4 ini akan dirilis pertengahan tahun 2021.

    Kabar kehadiran Pindad Maung versi sipil yang akan dijual secara komersial ini disampaikan langsung Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose melalui keterangan tertulis, Kamis (21/1/2021).

    Menurut Abraham, saat ini progres Pindan Maung versi sipil sedang memasuki tahapan persiapan komersialisasi dengan mengundang berbagai mitra termasuk ahli otomotif dan kolektor untuk berdiskusi lebih lanjut.

    “Tahapan perizinan untuk kendaraan versi sipil juga sedang dijajaki karena tentunya terdapat perbedaan dengan izin produksi kendaraan militer yang sudah didapatkan sebelumnya. Tahapan produksi Maung versi sipil juga akan melibatkan ekosistem industri otomotif di dalam negeri,” ungkap Abraham dalam press rilisnya.

    Maung versi sipil berbeda dengan versi militer

    Pindad Maung
    Pindad Maung sedang diuji coba. (PT Pindad)

    Kendaraan yang diperuntukan militer memang pasti berbeda dengan kendaraan sipil. Hal ini juga akan dilakukan PT Pindad pada Maung versi sipil. Termasuk spesifikasinya.

    Ya, ada beberapa perbedaan antara Maung versi sipil dan versi militer yaitu bracket senjata, roll bar dan beberapa penyesuaian lainnya.

    Saat ini Pindad juga sedang melakukan tahap pengujian terhadap 10 pabrikan untuk dipilih mesin mana yang akan digunakan.

    Harga Maung

    Maung versi sipil dibanderol mulai di kisaran harga Rp 600 jutaan, tergantung tipe dan kelengkapannya nanti.

    Adapun sistem pemesanan dan skema pembayaran akan disampaikan nanti setelah semua persiapan komersialisasi Maung rampung dilaksanakan. Hal ini diklaim karena tingginya minat masyarakat, sehingga tidak menutup kemungkinan akan dibuka sistem Pre-Order.

    Pindad juga saat ini masih dalam tahap pemenuhan Kendaraan Taktis Ringan Maung versi militer yang dipesan oleh Kementerian pertahanan. Sebanyak 40 unit Maung telah dikirim dan diserahterimakan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa.

    Disebutkan, ke-40 unit Maung yang dikirimkan merupakan tahap pertama dari 500 unit yang dipesan Kemhan.

     

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait