Kamis, April 25, 2024
Lainnya
    BeritaPLN Gandeng 20 Perusahaan Untuk Percepat Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

    PLN Gandeng 20 Perusahaan Untuk Percepat Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

    Terkait Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle), Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akhirnya menggandeng 20 perusahaan strategis dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk membuat transportasi jalan dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

    Hal in ditandai PLN dan BPPT melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama ke 20 perusahaan yang disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dam Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nuh, Rabu (16/10/2019).

    Menurut Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten, kolaborasi dan dukungan banyak pihak diharapkan bisa mempercepat realisasi pemanfaatan kendaraan listrik di segala lini.

    “Seperti yang kita ketahui bahwa PLN mendapatkan penugasan dari pemerintah dalam rangka penyediaan infrastruktur pengisian listrik untuk KBL berbasis baterai. Hal ini juga menjadi bukti komitmen dan kontribusi bersama terhadap program Pemerintah demi terwujudnya kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik,” ungkap Inten.

    Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan perkembangan teknologi yang sangat cepat harus diikuti langkah yang cepat, tepat dan strategis.

    “Dunia ini cepat mengembangkan teknologi. Saya harap, kalau bersinergi seperti ini, pasti bisa. Saya senang PLN mampu memobilisasi begini. Kita tidak boleh berhenti di MOU saja, segala macam aturan kita ikuti,” jelas Luhut.

    Adapun PLN dan BPPT menggandeng penyiapan ekosistem SPKLU dengan perusahaan penyedia transportasi umum seperti Grab, Gojek, Blue Bird, Transjakarta, Mobil Anak Bangsa dan BYD

    Selain itu, PLN juga menggandeng Badan Usaha Milik Negara dalam hal penyedian SPKLU antara lain PT Pos,  Jasa Marga, Pertamina, dan Angkasa Pura.

    Untuk kerjasama PLN dengan Badan Usaha atau Private Sector dalam hal penyedian SPKLU, antara lain PT Jaya Ancol, BCA dan  Lippo Mall.

    Sedangkan MoU atau kerjasama Bundling produsen mobil listrik yaitu  Nissan, BMW, DFSK, Mitsubishi, Prestige Image Motorcars, dan juga Gesits. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait