Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaPLN Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, Ini Lokasinya

    PLN Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, Ini Lokasinya

    Era kendaraan listrik terus digalakan. Bahkan kali ini Perusahaan Listrik Negara (PLN) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) secara serentak empat kota yakni Tangerang, Bali Selatan, Jakarta dan Bandung. 

    Dengan keberadaan SPKLU ini, tentunya akan sangat memudahkan pemilik kendaraan listrik untuk melakukan pengisian daya. Selain itu, acara peresmian SPKLU sebagai bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sesuai dengan Peraturan Presiden No 55 tahun 2019. 

    Menurut Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani, PLN akan secara terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendirikan SPKLU. 

    “Baik perusahaan swasta atau pun BUMN lainnya,” ungkap Sripeni dilansir situs PLN, Rabu (30/10/2019).

    Sebelumnya PLN juga telah menggandeng kerjasama dengan 20 mitra strategis dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU. 

    Nah, tahun ini, PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia. Selain itu, PLN juga berencana secara berangsur akan menambah lagi sejumlahnya SPKLU, guna menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterei, skuter (motor listrik), dan kendaraan listrik lainnya.

    Adapun penyediaan SPKLU di sejumlah instansi, termasuk area parkir kendaraan bermotor di berbagai perkantoran dan juga nantinya di pusat-pusat perbelanjaan.

    Sementara itu, Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengapresiasi terhadap langkah PLN dalam penyediaan SPKLU.

    “Langkah PLN sangat bagus dan strategis dengan kerjasama untuk pemanfaatan kendaraan berbasis listrik. Hal ini juga bagus untuk peningkatan penjualan tenaga listrik kedepannya. ” Ungkap Rida Mulyana. 

    Khusus untuk Jakarta, launching SPKLU dilakukan di Kantor Pusat PLN dan depan kantor Distribusi Jakarta Raya. Pemasangan juga akan dilakukan di kawasan Bulungan dan juga Senayan City.

    Sedangkan untuk di Tangerang, tepatnya berada di Aeon Mall, Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Sayang untuk di Bali dan Bandung tidak disebutkan secara rinci. 

    Dalam kesempatan yang sama, Mitsubishi Motors tetap memberikan dukungan dengan pengenalan pengisian daya mobil listrik PT PLN. Mereka pun memperlihatkan cara Mitsubishi Outlander PHEV ketika mengisi daya. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here