Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaPLN Siap Buat SPKLU di Parkiran Mall Sampai Tempat Komunitas Kumpul

    PLN Siap Buat SPKLU di Parkiran Mall Sampai Tempat Komunitas Kumpul

    Perusahaan Listrik Negara (PLN) siap membangun lebih banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh penjuru Indonesia.

    Hal ini pun diungkapkan Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka saat ditemui di sela acara Press Conference IIMS Motobike Expo 2019 di SCBD, Sudirman, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

    Menurut made, SPKLU pengembangan dari Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang sudah terlebih dahulu ada di sejumlah wilayah khususnya di Jakarta. Hanya saja, SPLU yang tersebar di pinggir jalan kini lebih banyak digunakan pedagang kaki lima.

    “Sekarang, kami tingkatkan utilitasnya menjadi untuk kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Khususnya roda empat (mobil) itu kami punya yang namanya SPKLU,” ungkap Made.

    Untuk SPKLU, kata Made, rencananya akan dibuat lebih banyak lagi dan lokasinya disebar ke sejumlah penjuru Indonesia. Adapun penempatan SPKLU akan dibuat di sejumlah titik di berbagai tempat.

    “Kami akan berbagai tempat, lalu di parkiran mall, atau tempat yang ada komunitasnya, dan akan menyebar ke seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan perkembangan pengguna kendaraan roda empat listrik. Apalagi nanti pemerintah sudah memberikan insentif untuk pemilik kendaraan roda empat elektrik,” jelas Made. 

    SPKLU PLN
    Salah satu bentuk SPKLU yang dipamerkan di acara Indonesia Modifikasi Expo 2019. (Herdi Muhardi)

    Made menyatakan, pembangunan SPKLU merupakan komitmen terhadap program pemerintah untuk pengembangan kendaraan listrik di masa depan. 

    Nah, untuk mendukung lebih banyaknya SPKLU, Made menegaskan, saat ini PLN sedang membangun kelistrikan 100 ribu megawatt. 

    “Ini sangat cukup untuk menunjang kebutuhan listrik kendaraan. Ini kan penting kami sampaikan, jangan khawatir, karena kami sebar di wilayah-wilayah, jadi untuk pengisian listrik itu akan aman di mana-mana,” terangnya. 

    Made juga menyatakan, tak ada target khusus untuk pembuatan SPKLU. Hanya saja, menurut dia PLN mempersiapkan SPKLU sedini mungkin agar jumlahnya lebih banyak dari pertumbuhan kendaraan listrik.

    PLN Dukung Pameran Sepeda Motor

    Untuk mensosialisasikan dan mengedukasikan kendaraan roda dua yang lebih ramah lingkungan kepada masyarakat, PLN turun serta dalam acara IIMS Motorbike Expo 2019 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, mulai 29 November-1 Desember 2019. 

    Dalam kesempatan tersebut, PLN berencananya mengedukasi masyarakat dalam bentuk mengajak masyarakat mulai beralih ke green energy. 

    Ada pun green energy yang diusung PLN adalah  konsep Eco Moving yang merupakan turunan dari Electrical Lifestyle yaitu berkendaraan listrik, salah satunya adalah motor listrik. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here