Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaPolri Berencana Uji Praktek Membuat SIM Bisa Pakai Simulasi Mirip Main Game

    Polri Berencana Uji Praktek Membuat SIM Bisa Pakai Simulasi Mirip Main Game

    Kepolisian Republik Indonesia kini semakin inovatif dan memanfaatkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

    Bahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berencana akan memberikan pelayanan yang memudahkan masyarakat, khususnya dalam kepemilikan Surat Izin Mengemudi (SIM).

    Sigit berencana dengan teknologi informasi yang saat ini diterapkan kepolisian maka nantinya masyarakat yang ingin membuat SIM tidak usah datang ke kantor kepolisian, cukup mampir ke mall.

    “Ke depan, kita akan geser pelan-pelan dengan memanfaatkan teknologi simulasi yang tentunya akan kami sesuaikan dengan kondisi terkini sehingga masyarakat kemudian bisa terlayani dengan tidak usah datang ke kepolisian, cukup mampir ke mal, jalan-jalan di situ ada gerai kemudian coba seperti main game begitu, kemudian kalau lulus akan keluar tanda kelulusan yang kemudian nanti akan bisa di-print,” Sigit saat peluncuran tilang elektronik nasional tahap 1 di gedung NTMC Polri, Selasa (23/3/2021).

    Lebih lanjut Sigit mengatakan, jika pemohon SIM sudah dinyatakan lulus, maka secara otomatis bukti atau SIM tersebut bisa dikirim melalui delivery sistem atau menjadi SIM Elektronik yang dapat disatukan dengan gadget.

    Meski masih dalam tahap rencana, namun perlu diketahui saat ini pelayanan perpanjangan dan membuat SIM baru prosesnya sudah lebih mudah. Bahkan bisa mendaftarkan diri dari rumah melalui aplikasi online.

    “Khusus untuk SIM setelah lulus teori dengan ujian aplikasi, yang kita siapkan baru nanti ujian prakteknya datang ke kantor terdekat,” tutup.

    Inovasi yang disampaikan Sigit dalam pelayanan polisi kepada masyarakat  memang patut diacungi jempol. Bahkan Sigit secara resmi launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tahap I.

    Program ini merupakan bagian dari 100 hari kerja Kapolri yang sudah berlaku di 12 Polda dan sudah terpasang di 244 lokasi.

    “Hari ini (Selasa, 23/3/2021) 60 hari kerja saya sejak dilantik, ETLE ini merupakan program yang harus kami wujudkan, saya memberikan apresiasi kepada Kakorlantas yang telah launching ETLE dari program parsial menjadi nasional di 12 provinsi. Kedepan menjadi 34 provinsi di setiap ibukota dan kabupaten,” tutur Sigit.

     

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here