Kamis, Juni 8, 2023
Lainnya
    TipsApa Itu Pompa Bensin Mobil dan Bagaimana Cara Merawatnya

    Apa Itu Pompa Bensin Mobil dan Bagaimana Cara Merawatnya

    JAKARTA – Menjaga dan merawat mobil wajib hukumnya agar kondisi kendaraan tetap prima. Kunci utamanya adalah mengetahui mengetahui komponen-komponen yang ada di mobil, salah satunya adalah pompa bensin atau fuel pump

    Mengenal pompa bensin mobil menjadi penting karena komponen ini sangat vital untuk mobil. Mengingat beberapa tahun lalu sempat terjadi recall atau penarikan kembali mobil di pasaran karena masalah pompa bensin. Hal ini dilakukan oleh sejumlah merk mobil ternama, seperti Mitsubishi, Nissan, dan Honda, pada 2020 serta Toyota dan Daihatsu pada 2021.

    Jadi apa itu pompa bensin? Mengutip dari website resmi Suzuki di Indonesia, pompa bensin adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju mesin. Komponen ini menjadi kunci untuk mendukung kinerja mesin kendaraan karena berperan penting dalam sistem pembakaran.

    Baca juga: Mengenal Fuel Pump Mobil, Ciri-ciri, Penyebab Rusak hingga Cara Memperbaikinya

    Pompa bensin yang rusak, akan mengakibatkan mobil tidak bisa jalan atau bahkan tidak bisa dinyalakan. Sehingga mengetahui fungsi pompa bensin, akan membuat Anda lebih waspada terhadap segala macam kerusakan dan tahu bagaimana cara perawatannya.

    Oke, hal pertama yang harus Anda ketahui terkait pompa bensin adalah fungsinya. Jadi, apa fungsi pompa bensin pada mobil?

    Fungsi Pompa Bensin pada Mobil

    Manfaat pompa bensin mobil
    Pompa Bensin Mobil (olx.co.id)

    Menurut website resmi Suzuki, fungsi pompa bensin adalah memompa bensin dari tangki menuju mesin kendaraan. Bensin ini nantinya akan dipompa menuju ruang pembakaran. Di ruang pembakaran, bensin akan diubah menjadi energi yang membuat mesin kendaraan menyala. Meski fungsinya sama pada setiap jenis kendaraan, namun proses mengalirkan bahan bakarnya akan berbeda-beda.

    Pada kendaraan yang menggunakan karburator, proses pengalirannya adalah dari tangki menuju karburator. Sehingga fungsi pompa bensin adalah memompa bensin dari tangki menuju karburator.

    Berbeda dengan kendaraan yang berjenis injeksi, proses pengalirannya dimulai dari tangki menuju injektor. Sehingga pompa bensin berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju injektor.

    Baca juga: Pilih Mobil Matic atau Manual? Lihat Plus Minusnya

    Jenis Pompa Bensin

    Selain dibedakan berdasarkan fungsinya, pompa bensin juga bisa dibedakan dari cara kerjanya. Setidaknya pompa bensin dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu pompa bensin mekanis dan pompa bensin elektrik. Berikut penjelasan detailnya.

    Fungsi komponen pompa bensin
    Pompa Bensin Mobil (olx.co.id)

    1. Pompa Bensin Mekanis

    Pada jenis ini, pompa bensin memanfaatkan gerak mekanis dari perputaran mesin, dengan diafragma yang terletak di tengah pompa menjadi motor utamanya. Di dalamnya terdapat dua katup, yaitu katup masuk dan katup buang. Cara kerja dua katup ini saling berlawanan untuk mengatur aliran bahan bakar. Pompa bensin mekanis banyak digunakan di sistem bahan bakar konvensional.

    Kelebihan dari pompa jenis ini adalah perawatannya yang mudah dan tidak memerlukan baterai atau listrik. Namun, pompa bensin mekanis cenderung berisik karena menghasilkan getaran yang besar.

    2. Pompa Bensin Elektrik

    Pompa jenis ini memanfaatkan energi dari baterai, energi inilah yang mengontrol kinerja pompa pada mobil. Pompa bensin elektrik banyak digunakan pada kendaraan keluaran baru yang sudah menggunakan teknologi EFI. Selain itu, pompa bensin ini juga mampu menghasilkan tekanan sebesar 2 Kg/cm2 atau lebih.

    Kelebihan dari pompa jenis ini adalah bisa dipasang di bagian mana saja dan tidak perlu terhubung secara langsung ke mesin. Getaran yang dihasilkan juga cenderung kecil dan dapat bekerja walau mesin sedang mati. Namun, pompa ini memerlukan listrik atau baterai sebagai sumber energinya, serta perawatannya juga sedikit lebih rumit.

    Baca juga: Mumpung di Rumah Aja, Coba Yuk Kuras Tangki BBM

    Ciri-Ciri Pompa Bensin Rusak

    Setelah tahu betapa vitalnya fungsi pompa bensin bagi keberlangsungan kinerja mobil Anda, maka OLXers pasti akan berupaya keras untuk merawatnya. Berikut adalah ciri-ciri jika pompa bensin mobil Anda rusak:

    1. Mesin Mobil Sulit Menyala

    Ketika mobil diparkir dalam waktu yang lama, maka mobil akan sulit untuk dinyalakan. Hal ini dikarenakan bensin yang harusnya sudah siap ketika mobil dinyalakan, tapi tidak tersedia di jalur bensin atau yang fuel line.

    2. Lampu Indikator Injeksi Mobil Berkedip

    Hal lain yang dapat diketahui ketika pompa bensin rusak adalah lampu indikator mobil yang terus menyala. Lampu indikator injeksi ini berada pada komponen injeksi yang terletak pada dashboard bagian dalam sisi kemudi. 

    3. Mesin Mobil Brebet

    Sekali seumur hidup, Anda pasti pernah merasakan mesin brebet, hal ini dikarenakan pompa bensin tersumbat oleh kotoran. Biasanya hal ini terjadi karena kualitas bensin di tangki yang buruk, sehingga mesin terasa kosong meski pedal gas sudah diinjak.

    4. Sekring Pompa Bensin Gosong

    Hal ini sering terjadi karena sekring tersumbat endapan kotoran, sehingga kinerjanya lebih berat. Jika sekring gosong, maka kinerja dari pompa bensin juga tidak normal. 

    5. Asap dari Knalpot Berbau Menyengat

    Bau asap yang menyengat ini terjadi karena proses pembakaran pada mesin yang tidak sempurna. Oleh karena itu, mulai perhatikan ya bau asap knalpot mobil mulai dari sekarang.

    Baca juga: Mengenal 15 Lampu Indikator Mobil yang Wajib Diketahui agar Aman Berkendara

    Cara Merawat Pompa Bensin

    Anda pasti tidak mau jika pompa bensin mobil bermasalah, untuk itu penting sekali untuk mencegahnya. Ingat, mencegah Lebih baik dari pada memperbaiki. Dan, inilah langkah-langkah yang bisa dilakukan.

    1. Mengisi Bensin Tepat Waktu

    Jangan pernah terlambat mengisi bensin karena bensin juga memiliki fungsi sebagai pelumas dan pendingin pompa bensin. Apabila tidak ada bensin, pompa bensin akan panas dan tidak bekerja dengan baik.

    Penting untuk segera mengisi bahan bakar ketika sisa bahan bakar hanya seperempat dari volume tangki. Hal ini untuk menjaga pompa bensin agar bisa selalu bekerja dengan baik untuk memompa kebutuhan bahan bakar pada kendaraan.

    2. Rutin Menguras Tangki

    Untuk mobil lama, kuraslah tangki bensin setiap dua tahun sekali. Sedangkan untuk mobil baru, lakukan pengurasan tangki setidaknya setelah lima tahun pemakaian. Tujuan dari menguras tangki adalah membersihkan bakteri di dasar tangki dan menghilangkan kotoran akibat bensin yang kotor.

    3. Mengisi Bahan Bakar Pada Waktu yang Pas

    Hah? Gimana sih maksudnya? Maksudnya adalah tidak mengisi bahan bakar saat pihak SPBU sedang mengisi bunker atau saat cuaca dingin. Karena di kondisi tersebut kemungkinan bunker SPBU tidak steril 100% dari kotoran yang mengendap pada dasar bunker. Jadi, sebaiknya isilah bahan bakar saat SPBU sedang sepi.

    Setelah mengetahui perihal pompa bensin mobil, melakukan perawatan, dan menjalankan tips berikut, namun pompa bensin Anda tetap mengalami kerusakan, maka segera bawa mobil ke bengkel resmi terdekat. Jika masalahnya sudah kronis, maka gantilah pompa bensin Anda. Ingat merawat mobil akan berguna untuk kenyamanan Anda dan investasi di masa depan.

    Karena, jika suatu saat ingin menjualnya, harga mobil Anda tetap tinggi. Jika Anda ingin menjual mobil dengan nyaman dan aman, serta mendapat untung yang pasti, maka juallah di OLX Autos. Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti. Anda bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    Populer
    Jakarta Auto Week
    Berita Terkait