Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    BeritaPresiden Jokowi Resmikan Pabrik Mobil Esemka di Boyolali

    Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Mobil Esemka di Boyolali

    Presiden RI Joko Widodo resmikan pabrik mobil Esemka yang terletak di Desa Demangan, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

    Dalam peresmian pabrik Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi, Jokowi – sebutan Joko Widodo, didampingi langsung Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

    Jokowi yang baru tiba di Jawa Tengah usai terbang dari Kalimantan itu mengatakan gembira, beroperasinya pabrik beserta fasilitas Esemka yang semuanya dikerjakan oleh anak bangsa.

    “PT Solo Manufaktur Kreasi ini adalah perusahaan nasional yang sepenuhnya dimiliki oleh swasta. Kendati Esemka bukan mobil nasional, sebagai produk dalam negeri, tentu kehadirannya memberikan efek penting bagi pergerakan ekonomi,” kata Jokowi seperti dikutip akun Instagram @jokowi.

    Dengan kehadiran Esemka, kata Jokowi hal tersebut akan memberikan efek berantai bagi industri pemasok otomotif lokal lainnya. Karena itu, ada baiknya masyarakat Indonesia mendukungnya.

    Kehadiran pabrik mobil Esemka, ditargetkan dapat meningkatkan penyerapan komponen otomotif dalam negeri, khususnya yang diproduksi Industri Kecil dan Menengah (IKM).

    Bahkan menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto, saat ini, PT SMK telah bekerjasama dengan lebih dari 30 industri penyedia komponen otomotif lokal dan sudah melakukan persiapan untuk produksi massal.

    Selain itu, lanjut dia, dengan diresmikannya pabrik Esemka, maka hal tersebut memberikan efek berganda bagi perekonomian, seperti membuka lapangan kerja baru.

    “Pada tahap awal akan menyerap 300 tenaga kerja untuk satu shift. Kalau kapasitasnya nanti bertambah, tentu bertambah juga jumlah tenaga kerjanya. Ini untuk tenaga kerja lokal,” ungkap Airlangga di pabrik PT SMK.

    Airlangga memproyeksi industri otomotif di Indonesia kedepannya terus ekspansif seiring dengan adanya peningkatan investasi.

    Dalam proses produksinya, PT SMK berkomitmen untuk mengoptimalkan penggunaan komponen lokal. Ini ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) bersama Perkumpulan Industri Kecil Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) pada Agustus 2019 lalu di Jakarta. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here