Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    BeritaProduksi X70 di Pabrik Baru, Proton Punya Vendor Komponen Sendiri

    Produksi X70 di Pabrik Baru, Proton Punya Vendor Komponen Sendiri

    Setahun usai diluncurkan di Malaysia, Proton memunculkan X70 hasil produksi di pabrik baru Proton Tanjung Malim, Malaysia. Kehadiran mobil Proton dari pabrik yang dibangun dengan nilai investasi RM 1,2 miliar ini memang sangat dinanti-nantikan. 

    Saat pertama kali Proton X70 diperkenalkan 12 Desember 2018 lalu, pihak Proton telah berkomitmen untuk memulai produksi di Tanjung Malim di akhir 2019 ini. Dan perusahaan memenuhi komitmen tersebut. 

    Dalam proses produksi X70 di Tanjung Malim, Proton bekerjasama dengan vendor lokal dan luar negeri untuk memastikan rantai pasokan suku cadang yang diperlukan saat aktivitas produksi dimulai.

    “Hari ini menandai tonggak sejarah Proton karena kami mengambil langkah lain untuk menjadi merek otomotif global. Dengan memproduksi Proton X70 di Tanjung Malim, kami telah mengambil lompatan besar dalam menunjukkan kemampuan kami. Ini merupakan upaya kami yang paling ambisius. Pabrik baru ini tidak hanya menghasilkan produk masa depan yang dikembangkan bersama dengan Geely, tetapi juga akan menjadi pusat produksi mobil setir kanan untuk mulai mengekspor ke negara-negara di seluruh dunia,” kata Datuk Sri Sri Syed Faisal Albar, Chairman Proton Holdings BHD beberapa waktu lalu di Malaysia.

    Di antara para pejabat tinggi yang hadir di acara tersebut juga salah satunya YB Datuk Darell Leiking, Menteri Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia, An Conghui, Presiden dan CEO Geely Auto Group serta anggota manajemen senior Proton. 

    An Conghui turut mengomentari posisi Proton dalam Geely Auto Group sebagai mitra berharga untuk meningkatkan penjualan di pasar ASEAN.

    “Proton telah mengalami transformasi luar biasa selama dua tahun terakhir. Pengalaman ini telah bekerja sangat baik bagi kami di Geely Auto karena kami senang membantu Proton mewujudkan aspirasi globalnya. Kami akan terus mendukung seiring pertumbuhannya di pasar Malaysia dan di kawasan ASEAN yang lebih luas lagi,” ujar An Conghui.

    Proton Bangun Sistem Eco Vendor

    Proton memperkenalkan SUV X70 yang diproduksi di pabrik baru Proton Tanjung Malim, Malaysia (Sumber: Proton)

    Di pabrik Tanjung Malim, Proton sekaligus mengembangkan sistem eco vendor. Dalam persiapan produksi, Proton merangkul vendor lokal untuk menyandingkannya dengan perusahaan lain yang sudah berpengalaman memasok komponen untuk SUV.

    Langkah ini kemudian melebur tujuh usaha joint venture baru yang terdiri dari perusahaan lokal dan asing untuk memulai kemitraan yang berbasis di Malaysia, berbagi kompetensi dan sumber daya produksi. 

    Total investasi perusahaan baru ini mencapai RM 263 juta dengan penyerapan sumber daya manusia sebanyak 1.084. 

    “Dengan berkomitmen untuk memproduksi Proton X70 dan model masa depan di Tanjung Malim, Proton telah membantu mengembangkan komunitas vendor yang menjadi jangkar untuk industri otomotif Malaysia. Pengenalan teknologi baru akan membantu mengembangkan kompetensi industri di masa depan. Pemerintah berharap ini akan memungkinkan Malaysia menembus pasar global dan menjadi pemimpin dalam penyediaan komponen otomotif,” kata Datuk Darell Leiking.

    “Untuk Proton sendiri, basis pemasok lokal akan membantu mereka mengembangkan model masa depan yang lebih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pembeli mobil Malaysia. Dengan rencana ekspansi bisnis yang agresif di masa depan dan komitmen Proton dalam mengembangkan vendor lokal, lebih banyak perusahaan dan konsumen Malaysia akan segera mendapatkan manfaat secara keseluruhan,” pungkas Menteri Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia ini. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here