Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaPuluhan Pelajar Geruduk Booth Fuso di GIICOMVEC 2020

    Puluhan Pelajar Geruduk Booth Fuso di GIICOMVEC 2020

    Gelaran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) yang bertempat di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat (6/3/2020) didatangi puluhan pelajar dan juga beberapa pegawai Palang Merah Indonesia (PMI).

    Apakah ada perkelahian atau masalah serius? Tentu saja bukan hal negatif. Sebab pelajar yang merupakan SMK Muhammadiyah Tumijajar Lampung, dan pegawai PMI dari Surakarta ini sengaja hadir di booth PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) untuk mengikuti serah terima sumbangan truk Fuso berjenis Colt Diesel.

    Menurut Director of Administration & Human Resources Division KTB, Syaifuddin Said donasi dua unit Colt Diesel merupakan bagian yang rutin dilakukan KTB sebagai bagian dari CSR atau kepedulian terhadap sesama masyarakat Indonesia, baik dari perspektif pendidikan dan kemanusiaan.

    “Untuk kedua penerima truk (PMI Surakarta dan SMK Muhammadiyah Lampung) kami harap bisa membantu aktivitas mereka dalam memberikan bantuan untuk masyarakat. Dan untuk SMK, bisa membantu meningkatkan pengetahuan dalam dunia praktik mereka di sekolah,” ungkap Syaifuddin saat ditemui di gelaran GIICOMVEC 2020 di JCC, Jakarta, Jumat, (6/3/2020).

    Sementara itu, Sekretaris & CEO PMI Surakarta Sumartono Hadinoto, mengatakan bantuan berupa truk diesel akan sangat berarti bagi PMI, karena pada saat musim panas, kondisi di wilayah Surakarta kerap terjadi kekeringan sehingga masyarakat kerap terpaksa menjual ternak untuk membeli air bersih, yang harga per tangki mencapai Rp 500-800 ribu.

    “Makanya kami butuh enam truk tangki, karena ada enam kabupaten. Dan saat ini kami sudah dapat tiga. Jadi kami bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan air bersih,” kata Sumartono.

    Adapun unit yang di donasikan untuk PMI merupakan Fuso Colt Diesel tipe FE Super HD, yang telah dimodifikasi menjadi truk tangki air yang akan digunakan untuk mendistribusikan bantuan air bersih.  

    Kerjasama KTB dengan PMI telah terjalin sejak lama, dimana karyawan KTB secara rutin memberikan donor darah setiap tiga bulan, donasi unit kendaraan truk, pembangunan sekolah yang tertimpa bencana, serta bantuan kemanusiaan.

    Sedangkan unit Fuso Colt Diesel yang di donasikan untuk SMK bertipe FE 73 HD dan akan digunakan sebagai media pembelajaran praktek para siswa SMK.

    SMK Muhammadiyah Tumijajar akan menjadi SMK mitra baru KTB yang masuk dalam program FUSO Vocational Education Program (F-VEP).

    Ini merupakan program kegiatan sosial di bidang pendidikan yang berkelanjutan, dimana setelah donasi unit truk ini, KTB bersama dealer akan memberikan materi pembelajaran terkait mesin kendaraan serta pelatihan basic automobile yang bersertifikasi kepada guru dan murid.

    Nantinya kemampuan siswa akan diuji melalui kompetisi nasional bersaing dengan SMK binaan Mitsubishi Fuso lainnya. Sebagai persiapan menghadapi kelulusan siswa, KTB juga memberikan pelatihan soft skill terkait persiapan memasuki dunia kerja profesional.

    Dengan donasi ini, sejak pertama kali kehadiran FUSO VEP di  2017, KTB telah memberikan pelatihan kepada 15 sekolah dengan jumlah 620 murid dan 65 guru SMK. Dengan bergabungnya SMK Muhammadiyah Tumijajar maka saat ini terdapat binaan Mitsubishi Fuso yang tergabung dalam program FUSO VEP.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here