Minggu, Mei 29, 2022
More
    MobilPunya Toyota Rush Bekas Tahun Muda, Masih Worth It Nggak Ya?

    Punya Toyota Rush Bekas Tahun Muda, Masih Worth It Nggak Ya?

    Tahun 2021, penjualan mobil mengalami kenaikan. Ini juga dirasakan Toyota Rush, dimana pada tahun lalu penjualannya tembus 52.553 unit dan menjadikan Rush model mobil terlaris di urutan keempat di Indonesia.

    Toyota Rush yang masuk dalam segmen mobil Low Sport Utility Vehicle (SUV) memang cukup banyak diminati di pasar otomotif Tanah Air.

    Ini tak lepas dari bentuknya yang dianggap sesuai selera masyarakat, serta kabinnya tergolong lapang, sehingga cocok digunakan untuk berpetualang dan membawa banyak barang.

    Nah, OLXers yang baru tahu soal Toyota Rush atau ingin bernostalgia dengan mobil ini, yuk kita lihat sekilas sejarah Toyota Rush seperti bawah ini.

    Sejarah Toyota Rush

    Toyota Rush 2017. (Istimewa)

    Pada dasarnya, kehadiran Rush dan Terios, tak lepas dari hasil kerjasama Toyota-Daihatsu yang tidak hanya berkolaborasi untuk pasar di Indonesia, melainkan global.

    Toyota Rush memang terlihat sama bahkan bisa disebut kembaran Daihatsu Terios. Wajar, ini karena keduanya lahir dari rahim yang sama yaitu dibuat di PT Astra Daihatsu Motor, di Indonesia.

    Meski terlihat mirip, namun sejak pertama Rush dan Terios lahir, keduanya sengaja dibuat berbeda. Seperti halnya Rush hanya jok yang mampu menampung lima penumpang, sedangkan Terios tujuh penumpang.

    Adapun untuk mobil Toyota Rush, jika dipasang jok belakang itu hanya bersifat opsional.

    Perbedaaan lainnya juga terlihat dari fitur-fitur yang dibenamkan. Dimana Toyota Rush memang lebih kaya akan fitur

    Nah, mau tahu lebih lanjut sekilas fakta dan sejarah kemunculan Toyota Rush, berikut uraiannya.

    Toyota Rush Generasi 1 (2006-2016)

    Toyota Rush lahir pada 2006, sama dengan Daihatsu Terios. Kehadirannya memang sungguh memikat, di tengah masih sedikitnya mobil dengan besar bentuk yang sporty.

    Belum lagi tampilan, wajah depan, grille, bumper, sampai lampu-lampu dianggap cukup memikat saat pertama kali diluncurkan.

    Kabin mobil ini kala itu tak bisa dianggap sederhana. Sebaliknya, Rush dianggap cukup memikat hati masyarakat.

    Untuk generasi awal, Toyota Rush hadir dijejali mesin 3SZ-VE, DOHC, berkapasitas 1.500cc, 4-silinder, yang mampu menghasilkan daya 109 Ps dan torsi maksimum 145 Nm, dilengkapi pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

    Toyota Rush S 1.5. (Wikipedia)

    Memasuki tahun 2009, Toyota Rush mengalami penyegaran, khususnya pada bagian eksterior, dimana ada beberapa hal baru, termasuk grille, rumah lampu fog berwarna chrome, sert bumper guard depan dan belakang.

    Selang satu tahun, Toyota kembali menghadirkan hal baru pada Rush, yaitu penambahan varian G dengan transmisi otomatis.

    Tidak sampai disitu, pada tahun 2013, Toyota Rush menghadirkan varian baru berupa TRD Sportivo. Dimana varian ini   jadi tipe paling tinggi dan menggantikan varian tipe S.

    Adapun tipe TRD Sportivo disebut-sebut semakin sporty dengan tampilan yang lebih memikat pada bagian front bumper spoiler, rear bumper spoiler, TRD Sportivo emblem, dan TRD Sportivo stickers.

    Keberadaan TRD Sportivo juga membuat Toyota Rush jadi paket lengkap, baik di sektor keamanan maupun keselamatan.

    Baca juga  Toyota Made in Indonesia Sudah Ekspor 2 Juta Mobil

    Nah, memasuki penghujung usia Toyota Rush, mobil ini akhirnya hadir varian dengan kapasitas tujuh penumpang, dan namanya jadi disebut Rush TRD Sportivo Ultimo.

    Varian pamungkas di generasi pertama ini juga mengalami banyak penyegaran khususnya pada bagian interior.

    Toyota Rush Generasi 2 (2017-Sekarang)

    Toyota Rush TRD Sportivo 2020. (Gede Widiastra)

    Memasuki tahun 2017, Toyota akhirnya meluncurkan generasi kedua Toyota Rush, dengan wujudnya sangat berubah. Mereka mengusung konsep Low SUV ini adalah Modern & Dynamic.

    Ya, Toyota Rush generasi kedua berubah total, secara desain. Bahkan tak ada lagi konde pada ban serep yang menggantung di belakang pintu mobil.  

    Interior Toyota Rush TRD Sportivo 2020. (Gede Widiastra)

    Toyota Rush generasi kedua juga tidak lagi hanya ada dua baris tempat duduk dengan kapasitas lima penumpang. Tetapi, semuanya sudah tujuh penumpang.

    Terdiri dari dua varian yaitu G dan TRD Sportivo, Toyota Rush generasi kedua, sudah lebih modern, seperti untuk menyalakan mesin menggunakan smart entry saat masuk mobil, engine start stop button, layar infotainment lebih lebar.

    Demikian juga dengan fitur-fitur keamanan dan keselamatan yang dianggap lebih lengkap dibandingkan generasi pertama.

    Mesin Toyota Rush TRD Sportivo 2020. (Gede Widiastra)

    Untuk jantung pacunya juga sudah baru, yaitu mengusung mesin 2NR-VE, berteknologi Dual VVT-I, yang mampu menghasilkan daya 104 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm.

    Pada tahun 2021, Toyota Rush Kembali menghadirkan varian baru. Jika sebelumnya ada TRD Sportivo, maka varian anyar ini disebut Rush TRD GR Sport.

    Toyota Rush Bekas

    Toyota Rush TRD Sportivo 2020. (Gede Widiastra)

    Nah, jika OLXers ingin punya Toyota Rush namun harganya kurang pas. Tak ada salahnya melirik model bekasnya.

    Setidaknya di platform jual beli mobil bekas OLX Autos, hadir sejumlah Toyota Rush yang sangat berkualitas.

    Bagaimana tidak, meski berstatus bekas, Toyota Rush yang dijual di OLX Autos usia pemakaiannya masih tergolong muda.

    Toyota Rush TRD Sportivo 2020. (Gede Widiastra)

    Bahkan saat dilakukan inspeksi sebanyak 150 titik, hasilnya sangat memuaskan. Ya, mobil ini memiliki nilai grade A, yang artinya kondisinya masih sangat baik pada bagian eksterior, interior maupun mesin.

    Mobil ini juga dipastikan belum mengalami kecelakaan, tabrakan atau terjangan banjir. Soal harga pun masih bisa dinego lagi.

    Menyoal harga, Toyota Rush bekas dengan tahun produksi 2020 ini rupanya cukup menggiurkan yaitu dijual sekitar RP 244 juta. Belum lagi OLXers masih bisa melakukan negosiasi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan + ganti oli 30.000 km atau 18 bulan.

    Mau tahu lebih banyak soal Toyota Rush bisa lihat di OLX Autos.

    Untuk tahu ulasan videonya bisa lihat video di bawah ini.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here