Kamis, September 29, 2022
More
    BeritaFakta Ratu Elizabeth II di Dunia Otomotif, Punya Mobil Mewah Tapi Tak...

    Fakta Ratu Elizabeth II di Dunia Otomotif, Punya Mobil Mewah Tapi Tak Punya SIM

    Pemimpin kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia di pada usia 96 tahun  di Kastil Balmoral, Skotlandia, Kamis (8/9/2022) sore waktu setempat.

    Ratu yang memimpin kerajaan Inggris selama tujuh dekade wafat setelah mengalami kondisi kesehatan yang memburuk.

    Bicara soal Ratu Elizabeth II, sebelum meninggal dunia, beliau ternyata dikenal sebagai salah satu wanita yang akrab dengan dunia otomotif.

    Nah, di dunia otomotif ada fakta-fakta menarik soal Ratu Elizabeth, mau tahu berikut ulasannya.

    1.  Ikut andil dalam Women’s Auxiliary Territorial Service

    Ratu elizabeth Women's Auxiliary Territorial Service

    Ketika Perang Dunia ke-II, sejumlah wanita  termasuk Putri Mahkota diperlukan untuk menunjang mobilitas para pasukan perang untuk melawan Jerman.

    Alhasil, saat berusia 18 tahun, Elizabeth Alexandra Mary ikut bergabung dalam satuan Women Auxiliary Territorial Service, dimana beliau dilatih untuk menjadi pengemudi dan mekanik.

    Malansir sejumlah sumber, Elizabeth Alexandra Mary disebut sangat antusias kala belajar mengemudi, termasuk merawat kendaraan berat.

    Disebutkan, kendaraan yang digunakan kala itu adalah Austin K2/Y.  Kala itu Ratu Elizabeth kerap mengemudikan ambulance.

    2.  Ratu Elizabet tidak memiliki SIM

    Ratu Elizabeth

    Sudah sepatutnya orang yang ingin mengemudikan kendaraan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Walaupun nama di sejumlah negara berbeda-beda.

    Namun tidak dengan Ratu Elizabeth II. Beliau jadi satu-satunya orang di Inggris yang bisa lalu lalang mengemudi tanpa harus memiliki SIM.

    Ya, meski sudah bisa mengemudi dan tau soal mesin sejak Perang Dunia Ke-II, namun hingga tutup usia, sang Ratu tak melengkapi diri dengan SIM. Termasuk Paspor.

    Pasalnya, Paspor Inggris dikeluarkan atas nama Yang Mulia Ratu Elizabeth. Alhasil beliau tidak perlu memilikinya.

    3.  Ratu Elizabeth Menyukai Mobil Inggris, Khususnya Land Rover

    land Rover Defender Ratu Elizabeth

    Ratu Elizabeth dikenal sangat menyukai mobil berbau British. Khususnya Land Rover. Disebutkan, sang ratu ahli dalam urusan mengutak atik mesin Land Rover.

    Salah satu Land Rover yang disukai Ratu Elizabeth adalah Defender 110 TD5 lansiran 2002.

    Sebelunya, pada tahun 1978, sang Ratu pernah memiliki Land Rover seri 3 yang dibuat khusus untuk beliau.

    Oia, saking dekatnya dengan Land Rover, pada saat sang ratu berusia ke-75 tahun, pabrikan asal Inggris turut memeriahkannya dengan cara menghadiahi 130 Defender untuk Palang Merah Inggris.

    Hal itu disebut untuk menghormati hubungan baik yang terjalin sejak lama 1948, dimana kala itu, sang Ratu sangat mencintai Land Rover.

    4.  Ratu Elizabeth punya Bentley langka dan mahal

    Bentley State Limousine  ratu Elizabeth

    Menyandang sebagai Ratu Inggris, Elizabeth Ke-11 disebut-sebut memiliki Bentley State Limousine seharga 10 Juta Poundsterling atau saat ini sekitar Rp 171 miliar.

    Mobil yang memiliki interior dari kulit domba kelas atas ini hadiah untuk ratu dalam perayaan 50 tahun memimpin kerajaan atau disebut Golden Jubilee yang jatuh pada tahun 2002 lalu.

    Diketahui untuk membuat Bentley State Limousine, banyak hal yang disesuaikan saat hendak diproduksi, mulai dari atap panoramic untuk menyapa masyarakat, hingga akses pintu yang bisa dibuka 90 derajat agar sang Ratu mudah keluar masuk mobil.

    Oia, Bentley State Limousine yang dimiliki Ratu Elizabeth merupakan termahal kedua di dunia, setelah Rolls-Royce berlapis emas milik Sultan Brunei.

    OLXers mau cari dan beli mobil bekas berkualitas, yuk cek di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here