Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    Tips PropertiRayap Musuh Utama Rumah Berbahan Kayu, Basmi Sedini Mungkin

    Rayap Musuh Utama Rumah Berbahan Kayu, Basmi Sedini Mungkin

    Apa yang paling kalian takutkan saat punya rumah dimana sebagian besar atau beberapa bagian dari rumah tersebut berbahan kayu? Jawabannya sudah pasti satu, rayap!

    Memasuki musim penghujan seperti saat ini kewaspadaan akan rayap harap semakin ditingkatkan OLXers. Karena di musim inilah rayap berkembang biak dengan sangat cepat akibat lembab.

    Dan jangan pernah menganggap remeh serangga kecil yang masih sebangsa dengan semut ini. Sekali dibiarkan ada di dalam rumah, maka koloni binatang ini siap menghancurkan apapun yang ada di dalam rumah kalian yang berbahan kayu.

    Nah, agar gak kejadian, perlu buat kalian mengenali ciri-ciri saat binatang kecil perusak ini mulai ada di dalam rumah.   

    1. Ditemukan adanya liang kembara (tunnel), terutama rayap tanah.
    2. Terdapat kerusakan pada kayu.
    3. Ditemukan adanya laron hidup maupun mati.
    4. Dengan memukul-mukul bagian kayu, baik kusen maupun rangka atap, akan terasa ringan atau nyaring bunyinya bila di dalam kayu sudah keropos maupun rangka atap, akan terasa ringan atau nyaring bunyinya bila di dalam kayu sudah keropos walaupun fisik bagian luar terlihat utuh.

    Salah satu ciri paling jelas saat rayap mulai menyerang adalah dengan terlihatnya gumpalan lumpur yang nempel di kayu yang ada di rumah. Tanda-tanda lainnya adalah serbuk kayu serta lubang-lubang kecil di kayu. 

    Hal ini kalau dibiarkan, maka dalam waktu yang gak lama lagi, kalian bakal nemuin jalur lumpur buatan para koloni rayap yang menjalar di kayu maupun tembok.

    Satu lagi cara untuk tau rumah terserang rayap atau gak adalah dengan mengetuk kusen pintu atau jendela rumah. Kalau terasa ada yang kopong di dalamnya atau kayu menjadi lembek, bisa dipastikan didalamnya sudah bersarang rayap.

    Untuk mengatasinya, bisa dengan membeli cairan khusus pembasmi rayap kemudian dicampur air lalu disapukan ke jalur lumpur yang sudah dikerik terlebih dulu.

    Tapi kalau sifat kerusakan yang ditimbulkan rayap sudah terlalu parah, itu artinya kalian butuh bantuan jasa profesional pembasmi serangga. 

    Sementara untuk pencegahan adalah selalu berusaha menjauhkan perabot rumah dari tempat yang lembab. Lapisi perabot kayu menggunakan plitur agar tidak dimakan rayap. Terus perhatikan kusen kayu jendela dan pintu, jika kembali menemukan ciri-ciri seperti di atas, segera basmi. 

    Terakhir, pastikan rumah mendapat pencahayaan yang cukup karena pada dasarnya rayap ini senang bersembunyi di tempat gelap dan lembab. (Z) 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here