Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    BeritaR&D Honda Amerika Benamkan Airbag Model Baru di Acura TLX

    R&D Honda Amerika Benamkan Airbag Model Baru di Acura TLX

    Mungkin masih segar dalam ingatan kita bagaimana pabrikan mobil Honda dibikin pusing sama urusan recall gara-gara malfungsi airbag Takata yang sudah memakan korban belasan jiwa di Amerika pada 2018 lalu. 

    Belajar dari pengalaman pahit tersebut, R&D Honda di Amerika menggandeng Autoliv, supplier fitur keselamatan kemudian mengembangkan teknologi airbag terbaru yang juga ditawarkan kepada produsen otomotif lain untuk meningkatkan performa keselamatan seluruh mobil yang nantinya diproduksi.

    Berbeda dengan model airbag konvensional sebelumnya, kali ini Acura mendesain khusus airbag terbaru ini untuk mengurangi cedera otak yang disebabkan benturan keras dari arah depan samping. 

    All New Acura TLX 2021 akan menjadi model pertama yang mengadopsi fitur First Passenger Front Airbag tersebut dan kemungkinan besar akan segera dijual di Amerika pada musim gugur tahun ini. 

    “Acura TLX terbaru merupakan salah satu rancangan tim kami di Ohio, guna mewujudkan inovasi dan menciptakan masyarakat yang lebih aman dan bebas dari kecelakaan. Saya sangat bangga melihat bagaimana tim insinyur kami melakukan penelitian terhadap cedera otak, kemudian melahirkan sebuah pencapaian yang penting dalam sejarah desain airbag,”  ujar Jim Keller, President Honda R&D America dalam siaran pers Honda global, Rabu (1/7/2020).

    Sebelumnya, di tahun 1991, Acura yang dikenal sebagai merek mobil premium-nya Honda memang telah menciptakan Vertical Deploying Passenger Airbag yang memiliki desain unik sehingga mengurangi potensi cedera karena airbag yang mengembang, hingga kemudian teknologi tersebut diadopsi oleh industri otomotif selama beberapa tahun. Honda R&D America bersama Autoliv kemudian melanjutkan pencapaian tersebut.

    Airbag pada Acura TLX didesain untuk menghadapi benturan dari arah depan samping, yang berpotensi membuat kepala pengendara terpuntir pada kecepatan tinggi dan menyebabkan cedera serius, bahkan mungkin juga kematian. 

    Di airbag konvensional hanya menggunakan Single Inflatable Chamber (satu kantong airbag), sementara airbag yang ada di Acura TLX ini bekerja seperti sarung tangan penangkap bola baseball. Pertama, satu kantong yang tidak mengembang akan menangkap kepala pengendara dari sisi depan untuk mengurangi tekanan ke kepala saat terjadi benturan. Kemudian di saat bersamaan, dua kantong lain yang ada di sisi kiri dan kanan akan ikut mengembang, melindungi kepala pengendara dari benturan fatal sekaligus menahan agar kepala tidak terpuntir.

    Honda menargetkan All New Acura TLX bisa meraih 5 bintang dalam uji fitur keselamatan, mencapai nilai “Good” dalam seluruh uji tabrak dan “Superior” khusus untuk uji tabrak depan oleh New Car Assessment Program (NCAP) Amerika.

    Di atas kertas target tersebut tidak akan sulit, mengingat All New Acura TLX kini juga dilengkapi airbag pada bagian lutut untuk pengendara dan penumpang di kursi depan. Secara keseluruhan, All New Acura TLX dilengkapi delapan airbag sebagai yang terbanyak dibandingkan generasi sebelumnya, termasuk airbag sisi depan, sisi samping dan sisi depan lutut dengan dilengkapi sensor benturan.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here