Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    BeritaAksi Buruh dan Mahasiswa, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Dalam Kota Jakarta

    Aksi Buruh dan Mahasiswa, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Dalam Kota Jakarta

    Buruh dan mahasiswa BEM dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia kembali melakukan aksi menolak disahkannya Undang-undang Cipta Lapangan Kerja oleh Dewan Perwakilan Rakyat lewat sidang paripurna, pada Senin (5/10/2020).

    Aksi buruh dan mahasiswa ini membuat Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas di depan Istana Negara di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

    Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes, Sambodo Purnomo Yogo, rekayasa ini disiapkan untuk pengalihan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

    “Rekayasa lalu lintas sekitar Istana Negara ini sifatnya situasional, manakala terjadi kepadatan akan kita terapkan pengalihan arus lalu lintas,” ungkap Sambodo seperti dilansir NTMC Polri, Kamis (8/10/2020).

    Untuk mengamankan jalannya aksi, Polda Metro Jaya sedikitnya telah mempersiapkan 9.0000 personel gabungan TNI-Polri tidak hanya di depan istana, namun juga di kawasan DPR dan juga kawasan industri.

    Adapun berikut ini rekayasa pengalihan arus sekitar Istana Negara:

    1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni.

    2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

    3. Arus lalu lintas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

    4. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jl Kebon Sirih.

    5. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin dan arus lalin dari Jl Fachrudin yang akan belok kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Abdul Muis

    6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jl Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jl Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jl Museum diluruskan ke Jl Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jl Majapahit.

    7. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda dan arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jl Majapahit diluruskan ke Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jl Gajah Mada.

    Penyekatan Perbatasan Bekasi-Jakarta

    Tak hanya di dalam kota, Polres Bekasi juga melakukan penyekatan di sejumlah titik pintu menuju Jakarta. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa susulan yang dilakukan buruh dan mahasiswa yang mengarah ke Gedung DPR RI.

    “Tambahan di Tomyang dan Sasak Jarang. Tujuan penyekatan untuk melakukan antisipasi. Karena ini kan solidaritas cukup dilakukan di perusahaan saja, aksi damai aja, jangan ke Jakarta,” jelas Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Alfian Nurrizal.

    Adapun titik penyekatan, dilakukan di antaranya:

    – Tol Bekasi Barat 1

    – Tol Bekasi Barat 2

    – Tol Bekasi Timur

    – Jatiwaringin

    – Rest Area Pondok Gede

    – Sumber Arta

    – Medan Satria-Cakung

    – Unisma

    – Cakung

    – Jatiwarna

    – Tol Jatiasih 2

    – Tol Jatibening

    – Tomyang

    – Sasak Jarang.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here