Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori7 Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik Dilengkapi Manfaat dan Cara Perawatannya

    7 Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik Dilengkapi Manfaat dan Cara Perawatannya

    JAKARTA – Mobil listrik saat ini kian diminati oleh masyarakat di Indonesia. Sebagai mobil yang ramah lingkungan, saat ini sudah cukup banyak produsen otomotif dunia yang memasarkan mobil listrik andalannya sampai di Indonesia.

    Mobil listrik yang ditawarkan pun beraneka macam dengan berbagai tampilan seperti mobil sedan, SUV, hingga hatchback. Semakin banyak diminati, harga dari mobil listrik ini tentu belum semurah dengan mobil konvensional pada umumnya.

    Apalagi untuk mobil listrik premium yang menghadirkan fitur canggih serta desain elegan memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada mobil listrik berukuran mungil. Namun sejak naiknya harga bahan bakar minyak dunia, sudah mulai banyak orang yang beralih ke mobil listrik.

    Tidak sedikit yang kini merancang garasi di rumah dengan alat untuk mengisi daya listrik pada mobil listrik kesayangannya. Semakin banyaknya pilihan yang hadir dalam pasar mobil listrik di Tanah Air, setiap mobil listrik memiliki teknologi dan fitur canggih masing-masing.

    Selain itu ada beberapa manfaat dari memiliki mobil listrik, antara lain dengan mendapatkan insentif dari pemerintah hingga perawatannya yang mudah.

    Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik

    Agar kamu tidak kebingungang, berikut deretan rekomendasi mobi listrik terbaik yang bisa kamu beli untuk mengisi garasi:

    1. Nissan Leaf

    Sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2021 kemarin, Nissan Leaf menjadi mobil listrik dengan desain sporty. Pada mobil listrik ini juga memiliki daya tahan baterai yang cukup tinggi dengan lithium-ion 40 kWh.

    Nissan Leaf sendiri diklaim mampu menempuh jarak 311 km dalam sekali pengisian daya baterainya. Selain itu motor listriknya mampu mengeluarkan tenaga hingga 150 ps dan torsi puncak pada 320 Nm. 

    Mobil listrik ini pun diklaim mampu melesat dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam. 

    Dalam pengisian daya baterainya dilakukan secara portabel dengan 3,3 kWh. Pengisiannya pun membutuhkan waktu 12 hingga 15 sampai penuh.

    Apabila menggunakan pengisian home charger AC 7,4 kWh, waktu yang dibutuhkan lebih singkat yaitu 5-7 jam. Untuk mobil Nissan Leaf ini dibanderol dengan harga Rp730 juta.

    2. Hyundai Ioniq 5

    Baterai Hyundai IONIQ 5 Drop

    Hyundai Ioniq 5 menjadi salah satu mobil listrik yang cukup banyak menyedot perhatian masyarakat. Sebagai mobil listrik yang memiliki tampilan futuristik, Hyundai Ioniq 5 ini cukup banyak direview oleh influencer otomotif Indonesia.

    Hadir dalam dua tipe yaitu prime dan signature, keduanya memiliki perbedaan pada kelengkapan fitur. Untuk tipe signature sebagai tipe tertingginya sudah dilengkapi dengan fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), vision roof, dan beberapa fitur kenyamanan lainnya.

    Menggunakan baterai lithium-ion 58 kWh untuk varian standar range dengan jarak tempuh 365 km dan varian long range 72,6 kWh dengan jarak tempuh 451 km. Mobil Hyundai Ioniq 5 ini ditawarkan dengan harga kisaran Rp750 hingga Rp850 juta.

    3. MINI Electric

    Merek pabrikan otomotif asal Inggris juga mengeluarkan varian mobil listriknya. Tetap mempertahankan desain mobil MINI konvensional, MINI Electric menjadi kendaraan listrik pertama yang diproduksi oleh pabrikan asal Inggris dengan tampil dengan gaya yang semakin keren.

    Mobil listrik ini pun memadukan sensasi go-kart legendaris, desain khas MINI, dan kualitas premium dengan motor listrik bebas emisi. Pada mobil ini menggunakan baterai 96 sel dengan kapasitas 32,6 kWh yang mampu menempuh jarak 270 km. 

    Untuk mobil MINI Electric ini dibanderol dengan harga Rp1.050 milyar.

    4. Tesla Model 3

    Tesla merupakan perusahaan otomotif yang mobil listriknya beberapa tahun belakangan ini banyak diminati masyarakat. Masuk ke Indonesia melalui Prestige Motorcars, Tesla Model 3 ini hadir dengan beberapa varian dengan rentang harga yang cukup jauh. 

    Varian pertama yang ditawarkan ialah  Standard Range Plus yang dibekali satu motor listrik berkekuatan 241 dk dengan penggerak roda belakang. Untuk pengisian daya pada baterainya pun cukup cepat yang hanya membutuhkan waktu 107 menit menggunakan kabel tipe 2. 

    Tapi dengan Tesla Supercharger, mobil listrik ini hanya butuh waktu kurang lebih setengah jam untuk terisi sampai 80 persen. Sekali pengisian daya mobil listrik Tesla Model 3 varian standar range plus bisa menempuh jarak hingga 429 km.

    Mobil ini pun bisa melesat dengan kecepatan maksimal 225 kpj dengan akselerasi 0-96 kpj butuh waktu hanya 5,3 detik. Prestige Motorcars juga menawarkan varian Model 3 Long Range AWD dan Model 3 Performance.

    Harga yang ditawarkan untuk Tesla Model 3 adalah:

    • Tesla Model 3 Rp1,5 milyar
    • Tesla Model 3 Facelift Long Range Rp2,85 miliar
    • Tesla Model 3 Performance Rp3 miliar

    5. BMW iX

    Di kancah mobil listrik dunia, BMW hadir dengan produk unggulannya. Pada tahun 2022 kemarin dalam GIIAS 2022 merilis mobil listrik terbarunya bernama BMW iX. Mobil listrik ini memiliki konsep sport activity vehicle dan memiliki bodi garang yang bergaya mewah.

    Dalam mobil listrik BMW iX terdapat dua tipe yaitu BMW iX xDrive50 dan iX xDrive40. Kedua tipe tersebut dibekali dengan teknologi BMW 5th Gen eDrive.

    Kapasitas daya yang dimiliki oleh mobil listrik ini mencapai 150 kWh untuk xDrive40 dan 200 kWh untuk xDrive50. Dibekali dengan motor listrik ganda dengan tenaga total 523 ps dan torsi maksimal 765 Nm.

    Mobil ini pun mampu melesat dari 0-100 Km per jam dalam waktu 6,1 detik dan memiliki kecepatan maksimal hingga 200 km/jam.

    Untuk mengisi daya saat berada di rumah, BMW iX menggunakan BMW Wallbox berkekuatan 11 kWh dapat mengisi penuh di bawah 11 jam. Mobil listrik BMW iX ini pun ditawarkan dengan harga Rp2,7 milyar.

    6. Hyundai Kona Electric

    Mobil listrik indonesia kona electric

    Selain Hyundai Ioniq 5, Hyundai Kona Electric memang menjadi salah satu mobil listrik yang banyak menarik minat masyarakat untuk beralih ke mobil listrik. Pasalnya mobil listrik ini punya tampilan keren dan efisien dalam penggunaan dayanya.

    Dibekali dengan motor listrik magnet synchronous bertenaga 150 kW. Dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 201 tk dan torsi maksimum 394 Nm. Mobil ini menggunakan daya baterai berjenis lithium-ion dengan kapasitas 64 kWh. 

    Dalam satu kali pengisiannya mobil Hyundai Kona Electric ini mampu menjelajah hingga sejauh 484 km. Maka bila dikonversikan dalam rupiah penggunaan daya listriknya dalam 7,5 km sama saja mengeluarkan biaya Rp2.466 per kwh.

    Harga yang ditawarkan untuk Hyundai Kona Electric adalah Rp859 juta.

    7. Toyota bZ4x

    Sebagai produsen otomotif asal Jepang, Toyota pun tidak mau ketinggalan. Toyota memiliki mobil listrik yang diberi nama bZ4x.

    Mobil listriknya ini dibekali dengan baterai lithium-ion dengan kapasitas 71,4 kWh 355 volt. Pada kondisi baterai yang penuh, Toyota bZ4x ini memiliki daya jelajah hingga 500 km untuk tipe FWD dan 460 untuk tipe AWD.

    Motor listrik mobil ini pun mampu menghasilkan tenaga 201 dk dan melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 8,4 detik. Mobil ini pun ditawarkan dengan harga Rp799 juta.

    Manfaat Membeli Mobil Listrik

    Mendapatkan insentif dari pemerintah

    Membeli mobil listrik saat ini bisa mendapatkan insentif dari pemerintah. Besaran insentifnya pun cukup menggiurkan dan dapat menghemat budget yang harus dikeluarkan saat memboyong mobil listrik ke rumah.

    Pemerintah sendiri akan memberikan insentif sebesar Rp80 juta untuk mobil listrik, Rp40 juta untuk mobil hybrid, dan Rp8 juta untuk motor listrik. Namun ada syaratnya, yaitu pabrik dari produk kendaraan listrik ini harus berada di Indonesia.

    Hemat Pajak

    Salah satu keuntungan lainnya dalam memiliki mobil listrik adalah hemat pajak bila dibandingkan dengan mobil konvensional. Pemerintah sendiri memberikan insentif PPnBM yang diukur berdasarkan emisi.

    Kendaraan hybrid dan listrik mendapatkan insentif pajak PPnBM karena penggunaan bahan bakar dan emisinya rendah. Ini sesuai dengan PP No.74 Tahun 2021 yang berbunyi bahwa pajak penjualan PPnBM untuk kendaraan listrik adalah 15% dengan Dasar Pengenaan Pajak 0%. 

    Selain itu, pajak tahunan kendaraan listrik juga lebih terjangkau juga karena insentif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor untuk mobil pertama 0%.

    Hemat Biaya untuk Perjalanan

    Bila dibandingkan dengan mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak, mobil listrik ini lebih murah dalam penggunaan energi. 

    Melalui proses pengisian daya, mobil listrik dapat berjalan bahkan hingga ratusan kilometer. Pengisian daya ini pun lebih murah jika dibandingkan dengan pengisian tenaga kendaraan menggunakan BBM untuk menempuh jarak yang sama.

    Setiap satu liter BBM setara dengan 1,3 kWh listrik. Padahal, harga satu liter BBM saja sudah sekitar Rp7.000,00-Rp8.000,00. Sementara itu, untuk biaya listrik per 1,3 kwH berkisar di harga Rp1.400,00.

    Suara Mesin Tidak Bising

    Salah satu keunggulan dari mobil listrik adalah suara dari mesinnya yang tidak bising. Bahkan suara mesinnya pun sampai tidak terdengar bila di jalan raya. 

    Walaupun dirancang bersuara demi keselamatan pengguna jalan lainnya, tetapi suara yang dikeluarkan pun tidak mengganggu telinga. Itulah alasan mengapa kendaraan listrik layak untuk dipilih jika Anda mengutamakan harmoni dan kenyamanan.

    Cara Perawatan Mobil Listrik

    Memahami dan mengikuti panduan buku pemilik mobil listrik

    Salah satu merawatnya adalah dengan memahami mobil listrik yang Anda miliki. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca buku panduan pemilik dan mengikuti apa yang boleh dan tidak dilakukan pada mobil kesayangan Anda.

    Melakukan servis secara rutin

    Melakukan servis secara rutin adalah salah satu upaya untuk menjaga kondisi mobil listrik Anda selalu dalam keadaan prima. Percayakan pada teknisi handal yang memang sudah memahami mobil listrik agar perawatannya lebih terjamin.

    Menggunakan slow charging

    Dalam mengisi daya pada mobil listrik memang memiliki banyak cara, ada Fast Charging hingga Slow Charging. Keduanya pun memiliki perbedaan arus daya yang digunakan. 

    Untuk Fast Charging menggunakan arus DC, sedangkan untuk Slow Charging menggunakan arus AC. Diklaim bahwa penggunaan Slow Charging lebih baik dan menjaga keawetan dari baterai mobil listrik.

    Nah, setelah menyimak rekomendasi mobil listrik, manfaat dan cara perawatannya di atas, tentu Anda sudah memiliki gambaran mengenai mobil listrik yang cocok untuk menemani perjalanan Anda. Baik itu dari segi performa, daya jelajah, waktu pengisian daya hingga biaya untuk membeli unit baru tersebut. Ingin beralih ke mobil listrik, Anda pun bisa menjual mobil lama Anda ke OLX Autos untuk mendapatkan harga terbaik. 

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait