Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori9 Rekomendasi Mobil Terbaik untuk Campervan, Kabin Luas dan Nyaman

    9 Rekomendasi Mobil Terbaik untuk Campervan, Kabin Luas dan Nyaman

    Banyak orang mulai tertarik dengan campervan semenjak Ditto Percussion dan Ayudia Bing Slamet mengunggah vlog liburan mereka di Eropa menggunakan campervan. 

    Campervan sendiri merupakan gabungan dari kata “camper” yang artinya camping dan “van” yang berarti mobil. Jadi secara harfiah campervan bisa diartikan sebagai camping di dekat atau menggunakan mobil.

    Mobil untuk campervan biasanya adalah mobil yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menyerupai rumah berjalan. Umumnya, campervan standar memiliki tempat tidur, peralatan masak, dan camping.

    Saking banyaknya orang yang tertarik dengan campervan, saat ini di Indonesia sendiri sudah ada komunitas Camper Van Indonesia (CVI), yang memiliki banyak anggota dari seluruh penjuru Indonesia.

    Baca juga: 8 Mobil Van Mewah di Dunia, Fasilitasnya Seperti Hotel Berbintang

    Nah, jika Anda tertarik untuk membuat campervan, ada baiknya untuk memilih mobil yang memiliki kabin luas. Sayangnya, secara teknis tidak ada jenis mobil tertentu yang khusus diproduksi untuk campervan.

    Tapi tidak perlu bingung dan gundah gulana. Melalui artikel ini Anda akan mendapat rekomendasi mobil-mobil yang cocok untuk dimodifikasi menjadi campervan. Terdapat banyak mobil yang cocok untuk dijadikan campervan, yaitu:

    1. Suzuki Carry

    Suzuki Carry
    Suzuki Carry (olx.co.id)

    Rekomendasi pertama untuk dijadikan campervan adalah Suzuki Carry. Mobil ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki keterbatasan budget. Suzuki Carry sendiri sudah menjadi mobil yang cukup legendaris di Indonesia dan banyak orang yang memilikinya.

    Anda bisa mendapatkan Suzuki Carry dengan budget minimal 10 juta. Mobil ini sangat cocok untuk Anda yang baru ingin mencoba membuat campervan sendiri. Selain itu, Suzuki Carry juga bisa dibilang irit bahan bakar dan mudah dirawat.. 

    2. Chevrolet Trooper

    Chevrolet Trooper
    Chevrolet Trooper (olx.co.id)

    Chevrolet Trooper adalah mobil berjenis SUV yang dikeluarkan pada tahun 1980 sampai 1990-an. Mobil ini memiliki sistem penggerak 4×4. Meskipun mobil ini bermodel SUV, tapi Chevrolet Trooper memiliki kabin yang cukup luas.

    Mobil dengan sistem penggerak AWD ini sangat cocok untuk dibawa camping ke lokasi yang medannya cukup sulit. Sebagai Informasi tambahan, carilah Chevrolet Trooper varian Hi-Roof agar dapat memuat barang yang lebih tinggi. Anda bisa mendapatkan Chevrolet Trooper dengan harga minimal 30 juta.

    3. Volkswagen Caravelle

    Volkswagen Caravelle
    Volkswagen Caravelle (olx.co.id)

    Jauh sebelum mobil keluaran jepang masuk dan menjamur di Indonesia, mobil Volkswagen Caravelle memiliki pamor yang cukup cemerlang. Pada masanya, mobil ini merupakan ikon MPV mewah yang membanggakan untuk pemiliknya.

    Hingga saat ini, Volkswagen Caravelle masih banyak digunakan sebagai mobil operasional. Bahkan Presiden Jokowi menjadikan mobil ini sebagai kendaraan operasional pejabat Indonesia.

    Meskipun mobil ini sekarang tidak banyak yang memiliki, namun tetap sangat direkomendasikan untuk dijadikan mobil campervan. Selain dimensi mobilnya yang sangat besar dengan pintu model geser, mobil ini juga terbilang cukup terjangkau dengan harga mulai dari 100 jutaan.

    4. Kia Carnival

    Kia Carnival
    Kia Carnival (olx.co.id)

    Mobil Kia Carnival banyak dimodifikasi menjadi campervan karena harganya tergolong murah. Anda bisa mendapatkan Kia Carnival dengan budget minimal 30 juta. Sayang saat ini Kia Carnival populasinya sudah tidak banyak, padahal sempat trend di tahun 2000-an.

    Kia Carnival memiliki fitur yang cukup lengkap, mulai dari sunroof, pintu model geser, dan kabin yang luas. Tetapi karena mobil ini sudah berumur, Anda perlu menyiapkan budget lebih untuk melakukan tune-up mobil agar tidak ada masalah saat camping.

    5. Isuzu Elf

    Isuzu Elf memiliki dimensi yang sangat besar sehingga cocok untuk dijadikan campervan. Hal ini membuat Anda dapat memasukkan segala macam peralatan camping dengan mudah, Seperti Kasur, meja, lemari, kitchen set, sofa, wastafel, dan toilet.

    Isuzu Elf bahkan saat ini menjadi pesaing HiAce untuk menjadi mobil travel.  Kekurangan mobil ini adalah keluaran lama pintu masih menggunakan bukan samping. Untuk mendapatkan Isuzu Elf, Anda perlu menyiapkan budget minimal 100 juta saja.

    6. Toyota HiAce

    Toyota HiAce terkenal sebagai mobil travel jarak jauh, antar kota dan antar provinsi. Dimensi Toyota HiAce cukup luas dan panjang, sehingga bisa memuat banyak penumpang dan barang. Anda bisa memodifikasi dengan menambahkan kasur, sofa, lemari, wastafel hingga toilet.

    Toyota HiAce sangat cocok untuk dijadikan campervan besar. Hal ini ditambah dengan adanya pintu samping model sliding. Meskipun begitu, harga bekas mobil ini masih cukup mahal, Anda perlu menyiapkan budget minimal 200 juta.

    7. Toyota Alphard

    Jika Anda memiliki kocek yang cukup dalam, Toyota Alphard sangat direkomendasikan untuk dijadikan mobil campervan mewah. Harga baru untuk Toyota Alphard menyentuh 1 miliar, sehingga masuk dalam kategori mobil mewah.

    Anda tidak perlu mempertanyakan kenyamanan dan kemewahan mobil ini, karena dua poin itulah kelebihan utamanya. Hal ini ditambah dengan adanya pintu geser otomatis dan kabin yang luas. 

    Jika menggunakan Toyota Alphard, Anda tidak perlu banyak melakukan modifikasi, cukup membawa kasur saja sudah jadi mobil campervan. Harga bekas mobil Toyota Alphard mulai dari 130 jutaan. 

    Penting untuk Anda mengecek secara teliti Toyota Alphard yang inding dibeli, karena harga sparepart-nya juga tidak murah.

    Baca juga: Dijual, Mobil Langka Chevrolet Express El Capitan Lebih Mewah dari Alphard

    8. Volkswagen Combi

    Volkswagen Combi atau VW Combi merupakan mobil yang paling sering digunakan sebagai mobil campervan. Bahkan campervan sendiri dipopulerkan oleh VW berkat kerjasama dengan Westfalia untuk membangun mobil Campervan VW Kombi.

    Banyak mobil-mobil VW Combi dimodifikasi menjadi campervan sangat estetik. Ada juga mobil VW Kombi dijadikan campervan wisata, Anda bisa menyewa tanpa harus repot untuk membangun campervan sendiri. 

    Untuk harga VW Kombi tidak ada patokan pastinya, karena sudah masuk dalam kategori mobil koleksi.

    9. Daihatsu Grand Max

    Rekomendasi mobil untuk campervan terakhir untuk Anda adalah Daihatsu Grand Max. Dengan mobil ini, Anda tidak memerlukan banyak modifikasi. Pintu model gesernya sangat praktis, apalagi model jok yang bisa dilipat rata lantai.

    Grand Max cocok bagi para pemula yang ingin mencoba camping di alam terbuka. Anda  tinggal menyiapkan kasur peralatan masak, mobil Grand Max sudah bisa untuk camping.

    Baca juga: Murah dan Irit Bahan Bakar, Ini Spesifikasi dan Harga Daihatsu Gran Max 

    Itulah 9 rekomendasi mobil untuk Anda jadikan campervan. Setelah menyimak beberapa rekomendasi mobil yang cocok untuk dijadikan campervan, pastikan bahwa mobil yang Anda pilih memang sesuai dengan kebutuhan.

    Pastikan untuk membeli mobil di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait