Selasa, April 23, 2024
Lainnya
    MotorHonda Punya Banyak Model Motor Listrik, Ini 7 Model Rekomendasinya

    Honda Punya Banyak Model Motor Listrik, Ini 7 Model Rekomendasinya

    Kendaraan listrik banyak menarik perhatian. Kini tak lagi mengherankan jika masyarakat mengisi garasinya dengan kendaraan listrik baik mobil maupun sepeda motor listrik. Hal itu didorong banyaknya produsen otomotif yang merilis produk kendaraan listrik. 

    JAKARTA – Salah satu kendaraan listrik diminati masyarakat ialah motor listrik yang digunakan oleh pengendara ojek online (ojol) untuk bekerja. Bahkan tidak sedikit para ibu rumah tangga menggunakannya untuk transportasi dari rumah ke supermarket maupun pasar terdekat. 

    Salah satu produsen otomotif asal Jepang, Honda memproduksi banyak tipe motor listrik yang sudah dipasarkan dan diminati masyarakat. Model yang ditawarkan cukup bervariatif, mulai dari model motor matik hingga model motocross. 

    Belakangan sejak naiknya harga BBM, motor listrik juga semakin populer. Selain itu harga motor listrik juga cukup terjangkau untuk beberapa tipe. Ditambah lagi, produsen otomotif merilis motor listrik dengan banyak pilihan.

    Nah, Anda ingin motor listrik yang seperti apa? Berikut 7 rekomendasi terbaik motor listrik produksi Honda:

    1. Honda U-Be: motor listrik mungil dengan harga terjangkau

    Honda U-be
    Motor Honda U-be (Honda)

    Honda U-Be merupakan motor listrik produksi Honda kerjasama dengan pabrikan Wuyang. Berbentuk mungil, motor listrik ini memiliki desain futuristik yang hanya muat untuk satu orang saja. Pasalnya jok motor ini hanya didesain menggunakan single seat.

    Bentuk mungil Honda U-Be berbanding lurus dengan bobotnya yang hanya seberat 54 Kg saja. Memiliki berat yang ringan pada motor listrik tentu diharapkan agar jarak tempuhnya bisa lebih jauh dengan kapasitas baterai yang dimiliki. 

    Namun meski memiliki bentuk mungil, desain pada dek tengah yang menjadi tempat kaki bertumpu ini memiliki jarak cukup lega. Alhasil, dek tengah bisa digunakan untuk membawa barang bawaan saat berbelanja maupun bepergian. 

    Terdapat tiga jenis baterai pada motor listrik Honda U-Be, yaitu  48V-15Ah, 48V-20Ah dan 48V-24Ah. Masing-masing baterai tersebut memiliki jarak tempuh yang berbeda, mulai dari 55 km, 70 km, dan 85 km. 

    Perbedaan dalam jarak tempuh tentunya sangat berpengaruh dengan kapasitas baterai yang digunakan. Apalagi kalau hanya digunakan sendiri tanpa membawa beban yang berat, pasti jarak yang ditempuh bisa lebih jauh.

    Namun sebagai pengguna pemula motor listrik, tentunya jangan terlalu berharap pada kecepatan. Pasalnya motor listrik ini hanya memiliki kecepatan maksimum 25 Km/Jam. Saat ini Honda U-Be dibanderol dengan kisaran harga Rp7.000.000 dan hal itu menjadikannya motor listrik murah.

    2. Honda e-SCR dan e-POP: motor listrik bergaya kekinian untuk anak muda

    Honda e-SCR
    Motor Honda e-SCR (Honda)

    Seperti Honda U-Be, Honda e-SCR dan e-POP merupakan kerjasama Honda dan pabrikan asal China Wuyang. Motor listrik e-SCR dan e-POP mengusung konsep yang berbeda.

    Untuk e-SCR sendiri mengusung desain sporty sedangkan e-POP mengusung klasik modern. Meski memiliki penampilan berbeda, keduanya memiliki performa yang sama dengan kekuatan 1,2 kW atau setara dengan 1,6 dk dan torsi 17 Nm. Baterainya berkapasitas 60V-20Ah dan dapat dipacu dengan kecepatan maksimal hingga 52 km/jam.

    Motor ini pun mampu menempuh jarak sejauh 70 Km sekali pengisian dan dipasarkan dengan harga Rp8.500.000.

    Honda E-Pop
    Motor Honda E-Pop (Honda)

    3. Honda M8: skuter listrik berdesain mirip Genio

    Honda M8
    Motor Honda M8

    Skuter listrik pabrikan Honda ini sekilas desainnya mirip dengan Honda Genio versi mini. Berbeda dengan Honda U-Be yang hanya tersedia single seat, Honda M8 ini bisa menampung dua penumpang dengan jok lebih panjang dan terdapat satu buah box barang pada bagian belakang. 

    Menjadi salah satu pilihan kendaraan untuk beralih ke mesin listrik, Honda M8 mampu menempuh jarak hingga 60 Km. Jarak sejauh itu tentu sudah bisa memenuhi kebutuhan mobilisasi rumah tangga bila hanya mengunjungi pasar, supermarket, maupun bepergian di dalam kota. Motor ini dibekali baterai dengan tenaga 350 watt berjenis 1186 dan bisa mencapai 300 siklus.

    Pada sisi kecepatannya, skuter listrik ini mampu dipacu dengan kecepatan maksimal 25 km/jam yang tentunya digunakan dalam keadaan santai. Selain itu ia memiliki berat 58 Kg dengan bodi yang kecil dan cocok digunakan oleh pengendara wanita. Motor listrik ini dibanderol dengan harga Rp9.000.000. 

    4. Honda V-Go: skuter listrik yang tampil futuristik

    Honda V-Go
    Motor Honda V-Go

    Kesan pertama yang ditampilkan Honda V-Go langsung terasa kesan futuristik. Memiliki bentuk kecil dan ramping, Honda V-Go bisa digunakan untuk berboncengan, dan kuat serta kokoh sehingga mampu menahan guncangan.

    Skuter listrik yang dirancang pabrikan asal Negeri Sakura ini memiliki daya yang besar yaitu 2000 Watt. Memiliki daya yang besar, motor ini pun bisa melaju lebih kencang dari motor listrik sebelumnya yaitu mencapai kecepatan maksimal 55 km/jam. Menggunakan baterai lithium yang berkualitas, motor ini mampu bertahan dengan jarak tempuh kurang lebih 60 menit di medan biasan. 

    Dipasarkan di seluruh dunia, Honda V-Go  sebentar lagi bisa dinikmati pecinta otomotif di Indonesia dengan kisaran harga Rp16.000.000.

    5. Honda U-GO: skuter listrik yang bisa menempuh jarak 130 Km

    Honda U-Go
    Motor Honda U-Go (Honda)

    Memiliki tampil lebih keren dari motor listrik sebelumnya, Honda U-GO memang lebih menarik dengan berbagai lekukan yang ada pada bodi motornya. Kesan futuristik motor ini membuatnya sangat cocok digunakan oleh anak muda dalam aktivitas sehari-hari.. 

    Memiliki bobot hanya 83 Kg, motor ini diklaim mampu menempuh jarak 130 Km dengan kecepatan 53 Km/jam. Tentunya performa seperti ini sudah jauh lebih baik dari motor listrik sebelumnya yang hanya mampu mencapai kecepatan maksimal 25km/jam.

    Dirilis di Jepang pada Agustus 2021 lalu, Honda U-GO kini juga sudah dipasarkan di China. Jangan khawatir, motor listrik ini akan dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat. Motor listrik Honda ini nantinya dijual dengan kisaran harga Rp17.500.000.

    6. Honda CR Electrik: motocross dengan daya listrik mumpuni

    Honda CR Electric
    Motor Honda CR Electric

    Biasanya sering ditemui motor listrik yang dibuat hanya tersedia desain skuter. Namun ternyata ada pula motor listrik yang memiliki desain motor adventure yaitu motocross. Honda CR Elektrik menjadi salah satu pilihan baru pecinta otomotif yang gemar medan trabas namun ingin mencoba sensasi baru dengan motor listrik.

    Honda CR Electrik ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2019 lalu dengan desain yang memang mirip dengan Honda CRF berbahan bakar minyak. Namun hingga saat ini belum ada keterangan resmi bahwa motor CR Electrik ini akan dipasarkan secara umum.

    Dalam situs Mugen, motor ini memiliki baterai lithium-ion 370 volt yang sanggup menghasilkan tenaga 160,9 daya kuda dan torsi 210 Nm.

    7. Honda Benly e: motor listrik Honda untuk kebutuhan niaga

    Selain menyasar pengguna motor pribadi, Honda juga menyiapkan motor listrik untuk kebutuhan niaga. Yaitu untuk kebutuhan mengantarkan barang meski dengan jarak tempuh yang bisa dibilang belum terlalu jauh. Honda Benly e menjadi salah satu motor listrik Honda yang dipasarkan untuk pangsa tersebut.

    Terdapat dua varian yaitu Benly e: I dan Benly e: I Pro. Keduanya dilengkapi dengan motor listrik 2,8 kW yang setara 3,7 TK dan torsi maksimum 12 Nm. Untuk daya jelajahnya dapat sejauh 87 km dalam kondisi baterai penuh. Sementara kecepatan maksimumnya mencapai 30 km/jam.

    Selanjutnya, ada tipe Benly e: II dan II Pro Sport yang mengusung motor listrik 4,2 kW atau setara 5,6 TK dan torsi maksimum 15 Nm. Model ini memiliki jangkauan 43 km dalam sekali pengisian daya dan kecepatan maksimalnya hingga 60 km/jam.

    Motor listrik ini mulai dipasarkan di China dan Thailand dalam waktu dekat dan masih belum ada informasi kapan masuk ke Indonesia. Untuk perkiraan harganya, motor listrik ini terbilang cukup mahal, yaitu pada kisaran Rp 76-80 jutaan.

    Nah, setelah mengetahui daftar harga motor listrik Honda di atas, tentu Anda sudah memiliki gambaran mobil listrik mana yang akan dipinang, jika nantinya Honda memutuskan untuk menjual seluruh motor listriknya di Indonesia.

    Jangan lupa sebelum membeli untuk memastikan segala kebutuhan yang diinginkan sebelum menjatuhkan pilihan terhadap salah satu model motor listrik ini. Selalu pilih showroom dan dealer terpercaya seperti OLX Autos yang memberikan garansi terhadap konsumen.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman. Kamu bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait