Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Motor5 Rekomendasi Motor Listrik Yamaha, Cocok untuk Jalanan Perkotaan

    5 Rekomendasi Motor Listrik Yamaha, Cocok untuk Jalanan Perkotaan

    JAKARTA – Dalam perkembangan dunia otomotif yang terjadi saat ini, kendaraan listrik menjadi salah teknologi yang semakin banyak diminati. Tidak hanya mobil listrik, kini mulai banyak motor listrik yang dijual di pasaran.

    Berbagai produsen otomotif raksasa dunia pun kini sudah banyak mengembangkan teknologinya pada motor listrik. Salah satunya ialah Yamaha, produsen otomotif asal Negeri Sakura dengan logo garpu tala ini memiliki beberapa motor listrik yang dipasarkan.

    Beberapa dari motor listrik ini pun sudah mencuri perhatian pecinta otomotif yang menginginkannya untuk menjadi kendaraan yang menemani dalam aktivitas sehari-hari. Sampai saat ini motor listrik memang masih menjadi salah satu kendaraan yang cocok untuk perjalanan di dalam kota.

    Hal ini karena jarak tempuh yang dimiliki lebih terbatas dibandingkan dengan motor konvensional yang dapat mengisi bahan bakar di banyak tempat. Namun bisa nantinya pengisian motor listrik ini sudah tersebar dengan luas, tentu bukan tidak mungkin akan banyak orang yang beralih ke motor listrik.

    Agar Anda memiliki gambaran, berikut review 5 motor listrik dari pabrikan Yamaha ini:

    1. Yamaha E01

    Yamaha E01 memiliki desain yang hampir sama dengan motor konvensional milik Yamaha, yaitu Yamaha Lexi, maupun NMAX. Motor ini pun sudah dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 pada bulan Maret dan April lalu.

    Dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 4,9 kWh. Motor listrik ini memiliki tiga mode berkendara, yakni Eco, Standar, dan Power. Masing-masing mode nantinya akan menghasilkan output power yang berbeda pula.

    Motor ini pun diklaim memiliki daya jelajah hingga 104 km. Selain itu kecepatan yang dicapai oleh motor listrik ini bisa lebih dari 100 km/jam dan akselerasinya 0-50 km/jam dalam waktu 3,9 detik.

    Beberapa fitur pun sudah disematkan pada motor listrik ini. Tampilan speedometer pada motor listrik ini pun sudah serba digital dan  port pengisian listriknya berada di bodi bagian depan.

    Dalam pengisian dayanya pun terdapat tiga mode, yaitu cepat, normal hingga portabel. Untuk harganya dari motor listrik ini pihak Yamaha pun belum merilisnya. Namun di Jepang, motor ini disewakan dengan paket tiga bulan dengan harga Rp2,3 jutaan/bulan.

    2. Yamaha E02 atau Yamaha Neo

    Yamaha E02 atau Yamaha Neo sudah dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show 2019, lalu. Motor listrik ini dengan motor listrik Yamaha E01 memiliki banyak perbedaan dari segi penampilan. 

    Yamaha Neo ini memiliki bentuk yang mungil dan kesannya mirip Yamaha Fazzio. Motor ini pun memiliki performa yang sepadan dengan skutik 50 cc karena hanya memiliki baterai berdaya 2,5 kW.

    Kapasitas baterai yang kecil ini tentu akan berpengaruh terhadap daya jelajah dan lamanya waktu pengisian. Motor listrik ini pun diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 15 hp dengan kecepatan maksimal 90 km/jam.

    Yamaha Neo telah dilengkapi baterai lithium-ion seberat 8 kg yang terletak di balik jok dan bisa dilepas pasang alias battery swap. Pengisian daya dari 0-100% akan memakan waktu kurang lebih 8 jam. Untuk memiliki motor listrik ini Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp56 jutaan.

    3. Yamaha e-Vino

    Seperti namanya, motor listrik ini memiliki desain yang sangat mirip dengan Yamaha e-Vino tipe konvensional dengan bahan bakar minyak. Kesan gaya retro pada motor ini pun begitu kental yang terlihat dari eksteriornya saja.

    Hanya memiliki berat 68 kg, motor ini dibekali dengan baterai lithium-ion-nya seberat 6 kg. Adapun kapasitas baterai tersebut adalah 50v-10Ah.

    Memiliki kapasitas baterai yang kecil, motor listrik ini memiliki jarak tempuh yang terbatas dibandingkan dengan lainnya yang hanya bisa menempuh jarak 33 km. Sebagai alternatif, e-Vino juga dapat menyimpan satu baterai cadangan sehingga total bisa menempuh sejauh 58 km.

    Untuk kecepatan yang dapat diperoleh oleh motor listrik ini ialah 44 km/jam. Untuk mengisi daya pada baterainya, dibutuhkan waktu sekitar tiga jam. Motor ini pun sangat ringan dan memang cocok untuk jalanan perkotaan. Harga yang dibanderol untuk motor ini adalah Rp 35 jutaan.

    4. Yamaha EMF

    Yamaha EMF merupakan motor listrik hasil kerjasama antara Yamaha dan produsen motor listrik bernama Gogoro asal Taiwan. EMF sendiri adalah singkatan Electro Motive Fighter, dan motor ini memiliki tampilan minimalis futuristik.

    Desain yang futuristik ini terlihat pada bagian bodi motor dengan tarikan garis tajam, dan dilengkapi dengan bentuk fairing tipis. Stang yang telanjang dan lampu LED yang semakin terlihat modern.

    Dibekali dengan penggerak listrik yang menghasilkan tenaga 10,1 dk di 3.000 rpm dan torsi 26 Nm di 2.500 rpm. Motor ini mampu melesat dari 0-50 km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik. 

    Motor ini pun memiliki kecepatan maksimal di angka 100 km/jam. Menariknya pada motor ini memakai kartu NFC sebagai pengganti kunci. Kesan ini pun semakin membuatnya terlihat modern.

    Motor ini pun tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Dark Black, Dark Green, dan Like Blue. Untuk memiliki motor ini Anda harus merogoh kocek hingga Rp 51 juta.

    5. Yamaha EC-5

    Seperti Yamaha EMF, Yamaha EC-5 masih menjadi motor listrik hasil kerja sama antara Yamaha dan Gogoro. Motor ini memiliki tampang futuristik dan modern seperti Gogoro S2.

    Pada motor listrik ini sudah menggunakan pencahayaan dengan lampu LED yang dipadukan dengan desain headlamp dan tail light futuristik. Speedometer full digital yang bisa terkoneksi ke smartphone mempertebal kesan modern.

    Yamaha EC-5 ini pun diklaim memiliki daya jelajah hingga 110 km. Selain itu, motor listrik ini dibekali dengan riding mode yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalanan yang dilewati.

    Untuk keamanannya, motor listrik ini dilengkapi sistem penguncian Wireless Smart Key yang bisa terkoneksi ke smartphone dan Apple Watch. Motor listrik Yamaha EC-05 dibanderol dengan harga sekitar Rp45,7 juta.

    Nah, setelah membaca beberapa penjelasan mengenai rekomendasi motor listrik dari Yamaha, tentu Anda sudah sedikit banyak paham mengenai kehebatan motor listrik tersebut.  Jangan pula sebelum membeli motor listrik sesuaikan dengan kebutuhan aktivitas Anda sehari-hari dan memperhatikan daya jelajahnya.

    Selain itu bila ingin menjual kendaraan Anda untuk menggantinya dengan unit baru, pastikan untuk memiliki mitra terpercaya seperti OLX Autos. Mobil lama Anda tentu akan diberi penawaran terbaik dengan proses yang mudah dan mendapatkan pembayaran instan.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait