Kamis, Maret 28, 2024
Lainnya
    BeritaRekor Baru Honda Civic Type R di Sirkuit The Bend Australia

    Rekor Baru Honda Civic Type R di Sirkuit The Bend Australia

    Sebelumnya Honda Civic Type R sudah pernah menaklukkan berbagai trek balap legendaris di Eropa, termasuk Nürburgring yang ikonik, Suzuka di Jepang dan Mount Panorama di Bathurst, Australia.

    Honda Civic Type R Limited Edition kembali membuat kejutan dengan membuat rekor baru di Sirkuit The Bend Motorsport Park (The Bend), Australia.

    Tony D’Alberto yang duduk di belakang kemudi mobil tersebut mengemas catatan waktu 2 menit 12,260 detik.

    Catatan waktu ini 2 detik lebih cepat dari catatan rekor sebelumnya.

    “Kami sangat ingin memiliki kesempatan melakukan hal ini sebagai perpisahan yang pas untuk generasi Civic Type R. Seri FK8 Civic Type R sudah menjadi mobil yang luar biasa, terbukti sangat populer di kalangan publik, dan sudah memenangkan banyak penghargaan dan membuat rekor putaran di seluruh dunia sejak diluncurkan pada tahun 2017,” ungkap Stephen Collins, Honda Australia Director dalam siaran pers, Jumat (11/2/2022). 

    Menurutnya, pembaruan model pada tahun 2020 lalu menjadikan mobil ini lebih baik.

    Upgrade pada suspensi, rem, dan pendinginan mesin, membuat Honda Civic Type R terus memberikan pengalaman berkendara paling memuaskan. 

    Honda Civic Type R Limited Edition (Foto: Honda)

    Bagi Tony D’Alberto sendiri, rekor tersebut memang bukan yang pertama kalinya ia buat bersama Honda Civic Type R.

    Sebelumnya pada akhir tahun 2019 lalu, ia juga sudah pernah mencatat rekor putaran dengan catatan waktu 2 menit 14,316 detik dengan mobil Racing Blue.

    Tony D’Alberto merupakan mantan juara Super2 dan Australian GT Endurance, serta runner-up TCR Australia Series 2019.   

    Pada pembukaan Seri Supercheap Auto TCR Australia 2022 yang berlangsung di Symmons Plains Raceway di Tasmania, 11-13 Februari 2022, D’Alberto turun dengan Honda Civic Type R TCR #50.

    Mobil ini menampilkan livery penghormatan kuning yang mencolok untuk merayakan Civic Type R Limited Edition dan rekor putarannya yang baru saja tercatat.

    Honda Civic Type R Penakluk Sirkuit Legendaris Dunia

    Honda Civic Type R Limited Edition cetak rekor baru di Sirkuit The Bend Australia (Foto: Honda)

    Rekor baru ini melanjutkan kesuksesan luar biasa untuk Civic Type R seri FK8 generasi kelima yang memang diketahui sudah banyak membuat rekor kecepatan di berbagai sirkuit dunia.

    Sebelumnya Civic Type R sudah pernah menaklukkan sirkuit legendaris di Eropa, termasuk Nürburgring yang ikonik, serta Sirkuit Suzuka di Jepang dan Mount Panorama di Bathurst, Australia.

    Khusus The Bend, ini adalah satu-satunya sirkuit di Australia yang harus dipatuhi standar FIA Grade 2 dan FIM Kategori A terbaru.

    Sirkuit ini memang terinspirasi dari beberapa trek balap paling terkenal di dunia. 

    Memiliki panjang lintasan 4,95 km, The Bend rutin dipakai untuk berbagai balapan seri nasional, termasuk TCR Australia Series dan Supercars Championship.

    Cari Honda Civic Type R bekas berkualitas, klik disini!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait