Minggu, Agustus 14, 2022
More
    Tak BerkategoriRencana Besar Mitsubishi Fuso, Dari Euro4 Sampai Truk Listrik

    Rencana Besar Mitsubishi Fuso, Dari Euro4 Sampai Truk Listrik

    PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, mengklaim telah mengalami peningkatan penjualan pada tahun 2021.

    Menurut Executive Vice President of Sales and Marketing PT KTB Duljatmono, peningkatan penjualan di pasar komersial khususnya kendaraan berat mengalami peningkatan drastis sejak Agustus 2021.

    “Tren positif di 2021 diikuti oleh Fuso, menguat di 2021 hingga di tahun 2021 khususnya Desember volume meningkat sangat tajam jadi 4.800 unit di Desember. Capaian yang luar biasa,” ungkap Duljatmono saat acara media gathering Fuso, Rabu (26/1/2022).

    Pria yang akrab disapa Momon ini juga menyatakan, bahwa tahun 2021 pencapaian Fuso dianggap luar biasa karena mampu mencatatkan pangsa pasar 46,7 persen.

    Hanya saja PT KTB rupanya belum puas. Maka dari itu, si Kepala Kuning menargetkan pangsa pasar 48 persen akan terjadi pada 2022.

    Adapun untuk mencapai target tersebut, Momon mengatakan akan melakukan persiapan dan menghadirkan produk berkualitas berupa kendaraan dengan standar Euro 4 terbaru sebanyak 29 varian.

    “Karena Euro 4 baru bagi pelanggan, KTB siap mendukung pelanggan dengan solusi total ketersediaan suku cadang dengan harga terjangkau,” ujar Momon.

    Selain itu, lanjut Momon, KTB juga akan menghadirkan lebih banyak lokasi 2S Fleet Workshop, dan menambah operasi Mobile Workshop Service.

    “Untuk spare part, ini sangat penting buat bisnis niaga, kita siapkan dan tambah ketersediaanya. Kita tambah fasilitas parts depot. Untuk Fuso Fighter ada layanan 2×24 jam untuk memberikan ketersediaan parts,” ucapnya

    Truk listrik Fuso

    Truk Listrik Fuso eCanter
    Truk Mitsubishi Fuso eCanter.

    Selain soal peningkatan penjualan melalui produk berstandar Euro 4 di tahun 2022, PT KTB rupanya konsisten untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan.

    Setidaknya hal ini dilakukan dengan mengumumkan agenda terbaru PT KTB terkait Electric Vehicle yang mengadakan “pembuktian konsep (Proof of Concept)” di Indonesia untuk mempelajari kebutuhan pelanggan secara akurat.

    “Momen perkenalan yang sesungguhnya akan ditentukan berdasarkan kebutuhan pasar dan koordinasi lebih lanjut dengan pemerintah,” kata Momon.

    Sejalan dengan Momon, General Manager Product Strategy PT KTB Bayu Afrizal menyatakan bahwa menghadirkan kendaraan listrik menjadi visi yang sama dengan pemerintah yang turut gencar mempromosikan kendaraan listrik di Indonesia.

    “Sekedar informasi bahwa per 1 September 2020 sudah dibuat departemen khusus untuk mempelajari kendaraan listrik yang akan dijual di Indonesia,” ucap Bayu.

    Bayu menjelaskan, jika tidak ada aral melintang PT KTB akan berupaya melakukan Proof of Concept dengan bekerja sama dengan operator logistik dalam mempromosikan kendaraan listrik Fuso.

    “Kita juga akan adakan promo untuk sosialisasi. Kami berharap dengan aktivitas itu kami dapat informasi yang cukup untuk kendaraan listrik di pasar Indonesia,” katanya.

    Rencananya, untuk pasar global, Mitsubishi Fuso menjadwalkan akan menjual truk listrik secara penuh pada 2035 termasuk di Indonesia.

    Mau jual atau beli mobil bekas, yuk cek di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here