Rabu, Desember 1, 2021
OLX Auto
More
    BeritaResep Toyota Tetap Awet di Tengah Pasang Surut Otomotif Indonesia

    Resep Toyota Tetap Awet di Tengah Pasang Surut Otomotif Indonesia

    Industri otomotif nasional memang sedang mengalami penurunan. Bahkan merosotnya penjualan otomotif, membuat General Motors dengan brand Chevrolet mengumumkan untuk undur diri dari jagat otomotif nasional dan disusul Datsun di 2020 mendatang.

    Kendati melemahnya daya beli di tahun 2019, namun hal tersebut rupanya tak membuat Toyota goyah dalam hal penjualan, apalagi hengkang dari pasar otomotif Indonesia. Sebaliknya, Toyota tetap merajai penjualan baik secara wholesales (pabrik ke dealer), maupun retail sales (dealer ke konsumen).

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales Toyota selama Januari-Oktober 2019 tembus 276.374 unit atau market share mencapai 32 persen. Sedangkan untuk retail sales mencapai 267.912 unit dengan market share 31 persen.

    Menurut Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmy Suwandi, Toyota tetap mempertahankan strategi lama, yaitu tidak hanya menawarkan produk berupa mobil terbaru, tetapi tapi juga layanan servis, dealer, hingga pelayanan langsung kepada konsumen.

    “Karena yang kita jual adalah pelayanan, customer experience. Jadi bagaimana konsumen puas saat membeli mobil, tapi juga setelah membeli mobil mereka tetap puas, dan kita berharap mereka tetap kembali lagi,” ungkap Anton saat ditemui di Jakarta.

    Lebih lanjut Anton juga menyatakan, Toyota akan terus berinovasi dan memberikan pengalaman berbeda kepada konsumen. Selain itu, kata Anton, Toyota juga memberikan fasilitas lain di luar produk.

    “Produk tetap kita kembangkan. Tapi non produknya kita perkuat ini sebagai diferensiasi, salah satunya dengan menghadirkan aplikasi yang diunduh dari smartphone yaitu mToyota,” ucapnya.

    Seperti diketahui, Toyota jadi brand yang cukup lengkap menawarkan produknya hampir di semua segmen. Lihat saja, untuk city car Low Cost Green Car mereka punya Toyota Agya, kemudian MPV LCGC ada Calya.

    Satu step di atasnya, merekap punya mobil keluarga muda seperti Toyota Yaris, atau mereka yang ingin menampung banyak orang seperti Toyota Avanza dan Veloz yang jadi senjata utama di pasar Indonesia, kemudian ada juga Sienta, lalu Kijang Innova serta Venturer.

    MPV premium juga ada, yaitu Toyota Alphard dan juga Vellfire yang banyak digunakan selebritis dan juga para pejabat.

    Di segmen SUV, Toyota juga punya beberapa modal utama, seperti Rush, Fortuner, C-HR, hingga Land Cruiser. Sedangkan di segmen sedan Toyota juga punya model termurah sampai termahal seperti Vios, Corolla hingga Camry.

    Tak sampai disitu, Toyota Indonesia juga memiliki model mobil berteknologi hybrid, seperti Corolla Altis, C-HR, Camry, dan juga Alphard.

    Bahkan Toyota juga punya mobil bergaya sport, seperti Toyota 86 dan juga Toyota Supra. Adapun untuk mobil komersial atau niaga Toyota punya Hilux, Dyna, dan juga HiAce. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here