Kamis, Juli 7, 2022
More
    BeritaResiko Naik Sepeda Motor Pakai Sandal Jepit

    Resiko Naik Sepeda Motor Pakai Sandal Jepit

    Sandal jepit, alas kaki yang satu ini jadi bahan perbincangan karena Korps Lalu Lintas Republik Indonesia (Korlantas Polri) menghimbau agar masyarakat tidak menggunakannya ketika berkendara sepeda motor.

    Adapun alas kaki yang dianjurkan adala sepatu, karena resikonya lebih kecil dibandingkan sandal jepit bila terjadi kecelakaan lalu lintas. 

    Penggunaan sepatu untuk pengendara motor juga digaungkan Kasubdit Standar Cegah & Tindak Direktorat Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Kombes Pol Muhammad Tora kepada awak media.

    “Sampai sekarang ini masih sebatas himbauan kepada pengendara agar tidak memakai sandal dan kami baru memberikan teguran,” ujar Tora beberapa waktu lalu.

    Meski hanya berupa teguran, namun polisi berharap hal ini jadi sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, agar mengedepankan keamanan dan keselamatan, seperti menggunakan helm, jaket hingga sarung tangan ketika berkendara.

    Resiko menggunakan sandal jepit

    Larangan menggunakan sandal jepit ternyata mendapatkan sambutan positif dari Praktisi Road Safety and Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu. 

    Kata Jusri, jika terjadi insiden atau kecelakaan di jalan raya, dan pengendara motor menggunakan sandal jepit, maka itu sangat rentan mengingat kaki tak ada perlindungan. 

    “Sandal itu sangat rentan bergesekan dengan aspal di jalan. Bagaimanapun keselamatan adalah pilihan hidup kita,” ujar Jusri.

    Bagi Jusri, larangan penggunaan sandal jepit bukan sekadar usulan polisi agar bisa mencari  kesalahan pengendara.

    Jauh dari hal tersebut, penggunaan sandal jepit saat naik motor untuk memberikan rasa aman dan nyaman ketika berkendara

    “Sudah berapa banyak orang yang gagal produktif, gara-gara kakinya cacat dan sobek berhari-hari. Berapa banyak orang yang kehilangan waktunya, padahal (dalam pekerjaan) dia harus bertemu bos atau berjualan,” ucapnya.

    Jusri sendiri mengkhawatiri jika ketika hujan turun, pengendara motor justru melepas sepatu dan memasukkannya ke dalam tas atas bagasi, kemudian mereka memilih cekeran atau hanya menggunakan sandal jepit.

    Maka dari itu, lanjut Jusri, fenomena menggunakan sandal jepit harus dihilangkan dan hal yang dilakukan Korlantas merupakan gebrakan aktual perlu didukung.

    Jusri sendiri menyarankan pengendara menggunakan sepatu yang dapat melindungi mulai dari pergelangan, jari-jari sampai telapak kaki.

    Untuk jenis sepatunya, kata dia, tentu saja yang nyaman di kaki namun tetap kuat, tidak mudah lepas dan memiliki daya cengkram yang baik.

    OLXers mau cari dan beli mobil bekas berkualitas, yuk cek di OLX Autos.

    Baca juga  MotoGP 2022 Lebih Seru, Ada Federal Oil Gresini Racing

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here