Kamis, April 25, 2024
Lainnya
    BeritaResmikan IIMS Hybrid 2021, Jokowi Ingin Bangkitkan Industri Otomotif

    Resmikan IIMS Hybrid 2021, Jokowi Ingin Bangkitkan Industri Otomotif

    Presiden Joko Widodo secara resmi membuka gelaran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang dihelat di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, mulai 15-25 April 2021.

    Presiden yang akrab disapa Jokowi itu mengungkapkan, sejatinya dia ingin membuka dan datang langsung ke acara IIMS Hybrid 2021.Hanya saja, karena kondisi pandemi saat ini maka hal itu tidak dilakukan. Sebaliknya, acara pembukaan pun dilakukan langsung di Istana Negara.

    Dalam sambutan pidatonya, Jokowi meminta kepada semua pihak agar bersama-sama mewaspadai dampak pandemik. Akan tetapi, Jokowi menilai, dalam kewaspadaan dan kehati-hatian tetap tidak boleh berhenti menggerakan ekonomi.

    Oleh karena itu, Jokowi berharap agar industri otomotif segera bangkit dari keterpurukan lantaran Indonesia dan dunia diterpa pandemi Covid-19.

    “Keinginan saya juga, segera mempekerjakan lebih banyak lagi tenaga kerja dan juga ikut menggerakan industri UMKM dan juga segera menaikan ekspor kita ke negara-negara lain,” ungkap Jokowi dalam pidato sambutannya, Kamis (15/4/2021).

    “Gas dan rem dalam penanganan kesehatan dan ekonomi harus dilakukan agar kesehatan aman dan ekonomi maju,” sambungnya

    Jokowi berpendapat, bahwa industri otomotif merupakan penggerak perekonomian, yang dapat berakselerasi dengan melibatkan penyerapan tenaga kerja mulai dari hulu sampai ke hilir.

    “Keterlibatan UMKM dalam rantai pasok juga harus ditingkatkan dan nilai tambah harus jadi prioritas. Tentu yang penting penyerapan tenaga lokal,” ucapnya

    Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menyatakan jika industri otomotif jadi prioritas untuk pertumbuhan investasi di Tanah Air.

    “Pemerintah berupaya untuk meningkatkan iklim investasi. Pemerintah sudah menciptakan Omnibus law, lembaga investasi ini diharapkan memberikan banyak kemudahan dan kepastian bagi investor,” terangnya

    “Kebijakan relaksasi pajak juga diterbitkan pemerintah untuk dongkrak penjualan, untuk mendorong makin banyak permintaan agar ada demand dan menggerakan industri otomotif kita,” tutupnya.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait