Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriReview Mobil Mitsubishi Galant, Mobil Era 90-an yang Kini Banyak Diburu

    Review Mobil Mitsubishi Galant, Mobil Era 90-an yang Kini Banyak Diburu

    Meski sudah dua dekade, mobil ini tetap menarik untuk dipandang dengan desainnya yang aerodinamis. Apalagi ditambah dengan sentuhan modifikasi pada bagian eksteriornya, seperti body kit, dan mengubah velgnya tentu akan menjadi lebih menarik.

    JAKARTA – Mobil sedan buatan pabrikan otomotif asal Negeri Sakura, Mitsubishi saat ini menjadi salah mobil yang banyak diburu. Mobil sedan yang tengah banyak diburu ini adalah Mitsubishi Galant.

    Mobil sedan yang yang dirilis pada tahun 1990-an hingga tahun 2006 di Indonesia ini memiliki gaya sporty. Selayaknya mobil sedan buatan pabrikan dengan logo tiga berlian tersebut, Mitsubishi Galant tampil dengan performa hebat dan desain yang tidak lekang oleh waktu.

    Varian Mitsubishi Galant yang saat ini kembali populer adalah yang memiliki kode bodi EC5. Mitsubishi Galant dengan kode bodi EC5 ini kerap disebut sebagai Galant Hiu karena bentuk mukanya sekilas seperti wajah hiu.

    Untuk kode bodi Mitsubishi Galant EC5 sendiri merupakan generasi ke-8 yang diproduksi pada tahun 1996 hingga 2006. Sampai saat ini mobil ini masih banyak yang merawatnya.

    Pada tahun 1990, pamor dari mobil sedan memang sangat populer. Namun dalam perjalanannya waktu, keterbatasan akan penumpangnya ini menjadi tren yang membuat penjualan mobil sedan menurun. Apalagi spare part mobil dari Mitsubishi Galant ini cukup terbatas dan boros bahan bakar.

    Namun setelah dua dekade berlalu, Mitsubishi Galant saat ini kembali populer dan cukup banyak diburu. Banyak dari mobil ini sudah dimodifikasi terkait sistem audio dan hiburannya agar semakin nyaman saat digunakan dalam berkendara. 

    Baca juga: 4 Jenis Mobil Mitsubishi Dilengkapi Spesifikasi dan Harganya

    Tidak jarang ada pula yang sudah menambahkan bodi kit, mengecat ulang hingga mengganti dengan velg mobil dengan desain yang kekinian.

    Spesifikasi Mobil Mitsubishi Galant

    Spesifikasi mobil Mitsubishi Galant
    Mitsubishi Galant (olx.co.id)

    Pada bagian dapur pacunya, Mitsubishi Galant dibekali dengan mesin 6A13 V6 dengan 6 silinder berteknologi SOHC 24 katup. Mesin ini memiliki kapasitas 2.500 cc yang dapat mengeluarkan tenaga maksimum hingga 167 hp pada putaran 5.750 rpm.

    Torsi maksimum yang dapat dikeluarkan mesin ini adalah 230 Nm pada 4.500 rpm. Mobil ini pun dibekali dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

    Sebelumnya, Mitsubishi Indonesia merilis dua varian mobil Mitsubishi Galant ini dengan dua mesin V6 yang memakai injeksi secara elektronik dan VR dengan memakai karburator.

    Untuk konsumsi bahan bakar Mitsubishi Galant dengan mesin V6 ini dapat menempuh jarak 7 km/liter untuk di dalam kota dan 9,2 km/liter untuk di luar kota dan jalan tol.

    Baca juga: Sedan Sport Keren di Jamannya, Begini Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Lancer

    Interior Mitsubishi Galant

    Interior mobil mitsubishi galant
    Mitsubishi Galant (olx.co.id)

    Pada bagian interior Mitsubishi Galant ini terasa cukup luas saat berada di dalam kabin. Untuk kursi jok dari mobil ini bisa ditemukan dengan material kulit dan fabric. 

    Pada dashboardnya tentu tidak dapat diharapkan bila menginginkan tampilan moderen seperti mobil zaman sekarang. Dashboard yang masih sederhana ini tentu menjadi nostalgia untuk mobil tahun 90-an.

    Sudah dilengkapi dengan AC, namun desain kisi-kisinya pun masih sangat standar khas era 90-an. 

    Pada bagian setir mobil ini menggunakan desain model palang. Instrumen dibalik kemudinya pun masih analog. Namun ada pula jam digital pada bagian tengah dashboard yang pada zamannya sudah sangat moderen.

    Eksterior Mitsubishi Galant

    Eksterior mobil Mitsubishi Galant
    Mitsubishi Galant (olx.co.id)

    Sebagai mobil sedan yang pernah populer di zamannya, Mitsubishi Galant ini memiliki desain yang bisa dikatakan tidak lekang oleh waktu. Model lekukan tajamnya benar-benar masih enak untuk dipandang.

    Pada bagian depannya pun terlihat bahwa kap mesin didesain sedikit menurun yang membuat penampilannya semakin keren. Selain itu dapat memberikan dampak aerodinamik yang lebih baik.

    Pada bagian grill mobil ini tidak terlalu lebar, lampu depannya pun menggunakan model 4 unit. Dua di luar untuk lampu utama dan dua lampu di dalam untuk lampu jauh.

    Lampu seinnya sendiri diposisikan pada sisi terluar lampu dan lampu kabut berada di bawahnya. Pada bagian belakang terdapat tarikan garis dari fender depan hingga bagian quarter panel belakang yang membuat mobil ini terlihat sporty dan keren.

    Memiliki dimensi yang cukup panjang yaitu 4.600 mm, lebar 1.740 mm, tinggi 1.420 mm, wheelbase 2.635 mm. 

    Baca juga: 16 Mobil Sport Termahal di Dunia Tahun 2023, Harganya Ada yang Capai Rp400 Miliar

    Fitur Mitsubishi Galant

    Fitur mobil mitsubishi galant

    Sebagai mobil yang sudah cukup lama, Mitsubishi Galant sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang mumpuni untuk di zamannya. Terdapat AC yang cukup untuk memberikan kesejukan di dalam kabin.

    Terdapat sistem audia berupa CD player dan radio untuk sisi hiburannya. Selain itu untuk fitur keselamatannya mobil ini mendapat rating bintang 4 untuk hasil crash test versi NHTSA pada tahun 2001.

    Baca juga: 10 Generasi Honda Civic, Sedan Laris yang Desainnya Makin Keren

    Harga Mobil Mitsubishi Galant Terupdate 2023

    Mitsubishi Galant akhirnya beralih menjadi mobil buruan para kolektor. Dengan rekam jejak yang populer,, tentu saja harganya masih terbilang stabil. Berikut harga jual Mitsubishi Galant di pasaran:

    Harga Baru

    Untuk saat ini mobil baru dari Mitsubishi Galant sudah tidak tersedia lagi. Beberapa jenis mobil sedan dari Mitsubishi pun sudah beberapa tahun belakangan dilakukan pemberhentian proses produksinya.

    Mitsubishi pun tengah fokus pada pengembangan mobil listrik yang saat ini sedang populer di masyarakat.

    Harga Bekas

    Untuk harga bekasnya sendiri Mitsubishi Galant memiliki harga yang cukup terjangkau. Rentang harga yang dimiliki oleh mobil ini berkisar antara Rp70 hingga Rp90 juta. 

    Nah, setelah menyimak mengenai review mobil Mitsubishi Galant, sedikit banyak pasti Anda sudah mengetahui kehebatan dari mobil sedan pabrikan Mitsubishi ini.

    Sebelum membeli mobil bekas, pastikan untuk memilih mitra terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait