Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriReview Mobil Suzuki Vitara, SUV Keren Penerus Escudo yang Nyaman

    Review Mobil Suzuki Vitara, SUV Keren Penerus Escudo yang Nyaman

    Sebagai SUV, Suzuki Vitara menghadirkan cukup banyak kenyamanan dan sudah hadir sejak tahun 1988

    JAKARTA – Di segmen kelas mobil SUV, Suzuki pernah merilis mobil bernama Suzuki Vitara yang pernah mendapat perhatian sejak kemunculannya. Mobil yang pada generasi pertamanya bernama Suzuki Escudo ini menjadi salah satu SUV nyaman yang cukup banyak diminati. 

    Selain itu Suzuki juga memiliki SUV lain bernama Suzuki Jimny namun ukurannya mungil. Bagi pecinta SUV yang menginginkan dimensi lebih besar, Suzuki Vitara bisa menjadi pilihan yang tepat dan memiliki suspensi lebih baik dari Suzuki Jimny pada waktu itu. 

    Dalam perjalanannya, Suzuki Vitara telah hadir dalam beberapa generasi. Untuk generasi pertama yang masuk ke Indonesia ialah bernama Suzuki Escudo pada tahun 1988 dengan kapasitas mesin 1.600cc. Untuk generasi selanjutnya dirilis pada tahun 1998 dengan nama Suzuki Vitara yang memiliki bentuk seperti pendahulunya Suzuki Escudo tapi lebih bongsor dengan kapasitas mesin lebih besar yaitu 2.000cc.

    Pada generasi ketiganya yang dirilis pada tahun 2005, namanya menjadi Suzuki Grand Vitara dengan kapasitas mesin 2.000cc. Lalu versi faceliftnya dengan mesin 2.400cc dipasarkan pada tahun 2009. Namun dalam perjalanan mobil ini, Suzuki sudah tidak memasarkannya sejak tahun 2018. 

    Baca juga: Suzuki Escudo, Tangguh dan Tak Lekang Oleh Waktu

    Namun hingga saat ini mobil tipe SUV ini masih diminati banyak kalangan dan bisa ditemukan di dealer dan showroom mobil bekas. Nah, bagi Anda yang berminat untuk membeli mobil SUV dari Suzuki ini bisa menyimak reviewnya terlebih dahulu.

    Spesifikasi Suzuki Vitara

    Pembahasan kali ini ialah Suzuki Vitara yang generasi ketiga yang dirilis pada tahun 2005 hingga tahun 2017 di Indonesia. Nama yang diberikan oleh Suzuki untuk pasar Indonesia untuk mobil ini ialah Suzuki Grand Vitara. Seperti namanya, mobil ini memiliki ukuran bongsor bila dibandingkan dengan Suzuki Jimny yang sama-sama mengisi kelas SUV.

    Bentuk bodi boxy yang mengotak ini menjadikan mobil ini semakin terlihat maskulin. Meski tidak sebesar SUV pada umumnya, mobil ini memiliki dimensi 1.810 x 1.810 x 1.683 mm dengan wheelbase 2.640. Untuk suspensinya pada bagian depan menggunakan Macpherson Strut dan Multi Link bagian belakang yang lebih disempurnakan dari Suzuki Grand Vitara generasi sebelumnya 

    Dibekali dengan mesin yang tanggung sebagai mobil SUV, mobil ini menggunakan mesin J24B berkapasitas 2.400 cc, dengan teknologi DOHC, 16 katup dan terdiri dari 4 silinder yang mampu menghasilkan torsi maksimum mencapai 225 Nm pada putaran mesin 4.000 RPM dan tenaga maksimal sebesar 166 PS pada putaran mesin 6.000 RPM.

    Menggunakan dua pilihan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan, Suzuki Vitara diklaim tanggung untuk melibas trek off-road. Untuk suplai bahan bakarnya mobil ini menggunakan Multi Point Injection yang dipadukan dengan Drive by Wire yaitu pedal gas menggunakan sensor dihubungkan langsung ke ECM (Electronic Control Module). Hal ini membuat mesin menjadi lebih akurat dalam bereaksi dan memberikan tenaga dalam putaran mesin tanpa membuang efisiensi bahan bakar.

    Interior Suzuki Vitara

    Interior mobil suzuki vitara

    Suzuki Grand Vitara memiliki desain interior yang lebih sporty dibandingkan dengan mobil pendahulunya. Meski untuk desain pada interior di dalam Grand Vitara ini cukup kuno bila masih menggunakan bawaan aslinya. Banyak pemilik dari kendaraan ini menambahkan head unit untuk memberi kesan semakin modern. Pada bagian transmisinya, mobil ini menggunakan desain berkelok yang menjadikannya makin keren. 

    Masuk ke dalam mobil yang tidak sebesar SUV pada umumnya, Suzuki Grand Vitara ini cukup lega dan mampu menampung 5 penumpang. Jok pada mobil ini dibalut dengan bahan kulit yang membuat kesannya semakin mewah. Pada bagian tempat duduk ini pun terasa lega yang membuat penumpang baris depan maupun belakang merasa nyaman.

    Terdapat fitur Automatic Air Conditioner yang membuat kabin terasa sejuk. Terdapat fitur Reclining & Sliding front seats sehingga pengemudi maupun penumpang dapat mengaturnya dengan mudah.

    Baca juga: Suzuki S-Presso, City Car Mungil Bergaya SUV Sporty

    Eksterior Suzuki Vitara

    Memiliki penampilan yang maskulin, Suzuki Vitara ini terlihat bak seperti SUV premium lainnya yang memiliki desain boxy seperti Range Rover. Untuk bagian depannya, Suzuki Vitara memiliki desain grill yang cukup simpel seperti model SUV pada umumnya. Pada bagian belakang terdapat tempat ban serep model konde yang banyak digunakan oleh SUV tahun 90-an.

    Pada bagian lampu depannya, mobil ini sudah menggunakan lampu model HID dengan warna kuning halogen. Bagian bawahnya terdapat lampu kabut berwarna halogen yang membantu dalam penerangan. Sebagai SUV, penambahan spion samping pada bagian depan sisi kiri ini semakin menegaskan kesan SUV dari mobil ini.

    Untuk spionnya mobil ini sudah melengkapinya dengan peralatan elektronik sehingga praktis untuk mengaturnya.

    Baca juga: Suzuki Splash, City Car Mungil dan Unik, Segini Harga Bekasnya

    Eksterior mobil Suzuki Vitara

    Fitur Suzuki Vitara

    Suzuki Vitara dibekali dengan beberapa fitur yang menunjang kenyamanan Anda dalam berkendara. Mobil ini memiliki beberapa fitur keamanan seperti sistem pengereman yang ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution) dan BA (Brake Assist) yang dapat mencegah terjadinya posisi roda terkunci yang membuat pengendara aman saat melakukan pengereman keras.

    Struktur rangka pada Suzuki Vitara ini menggunakan teknologi TECT (Total Effective Control Technology) yang berfungsi mengalihkan energi benturan saat terjadi kecelakaan. Selain itu teknologi tersebut dipadukan dengan fitur Side Impact Beam yang mana mencegah terjadinya kerusakan parah pada bagian samping mobil.

    Pada sisi keamanannya di dalamnya sendiri terdapat seat belt untuk semua penumpang dan childproof door lock. Pada sisi hiburannya mobil ini telah disematkan car audio 2 Din, 6 disc, MP3/WMA/IPod ready (with interface) dan AVC (Auto Volume Control). Selain itu sistem audio ini bisa dikontrol langsung oleh pengemudi melalui tombol-tombol yang terdapat pada setir kemudinya. 

    Harga Suzuki Vitara

    Baru

    Untuk keluaran mobil baru Suzuki Vitara di Indonesia telah berhenti sejak tahun 2018. Sementara varian terbaru yang diperkenalkan awal 2016, Suzuki Vitara Brezza dijual dengan harga Rp136 juta.

    Bekas

    Anda yang berminat untuk membeli mobil berjenis SUV dari Suzuki ini bisa mendapatkannya di dealer maupun showroom mobil bekas. Untuk kisaran dari harga mobil bekas Suzuki Vitara ini cukup terjangkau. Harga mobil bekasnya memiliki rentang dari Rp90 hingga Rp150 jutaan.

    Namun sebelum membeli mobil bekas, pastikan Anda untuk memilih dealer dan showroom mobil bekas terpercaya dan dapat memberikan garansi pada unit yang Anda beli, salah satunya ialah OLX AUTOS.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait