Jumat, Agustus 19, 2022
More
    BeritaRifat Sungkar Kembali ke Ajang Rally Nasional, Andalkan XPANDER AP4

    Rifat Sungkar Kembali ke Ajang Rally Nasional, Andalkan XPANDER AP4

    Rifat Sungkar sedang melakukan persiapan untuk mengikuti ajang Asia Pacific Rally Championship (APRC).

    Sebelum melakoni kejuaraan itu, Rifat bersama M. Redwan, navigator andalannya sejak tahun 2015 akan ikut di Rally Danau Toba pada 5-7 Agustus 2022 mendatang. 

    Ajang ini merupakan bagian dari Kejurnas (Kejuaraan Nasional) Rally 2022 yang mengambil lokasi di area Hutan Tanaman Industri (HTI) Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

    Kembalinya Rifat Sungkar di ajang reli nasional memang sudah lama ditunggu-tunggu. 

    Karena terakhir jagoan balap ini beraksi di ajang reli nasional pada tahun 2010, atau 12 tahun silam. 

    Usai meraih gelar Juara Rally Nasional di tahun 2008, pria kelahiran 1978 tersebut memang lebih banyak melakoni lomba reli internasional seperti APRC, Rally America hingga World Rally Championship di kelas Production Car World Rally Championship (PWRC).  

    Baru pada tahun 2014 Rifat Sungkar mulai banyak beraksi pakai mobil offroad di kejuaraan nasional Sprint Offroad. Bahkan di tahun pertamanya ikut kejuaraan ini, ia langsung membawa Mitsubishi Pajero Diesel menjadi mobil terbaik sekaligus meraih gelar Juara Nasional Speed Offroad.

    Baca Juga: Andalkan Xpander AP4, Rifat Sungkar Jadi Juara Nasional Sprint Reli

    Rifat Sungkar Come Back Bersama Mitsubishi XPANDER AP4

    Pada tahun 2019, Rifat mendapat amunisi baru berupa mobil keluarga andalan Mitsubishi, yakni XPANDER AP4. Bersama M. Redwan, mereka berdua pun berhasil membawa mobil tersebut meraih gelar juara Juara Nasional Sprint Rally.

    Tahun ini Rifat ‘come back’ ke arena reli bersama Mitsubishi XPANDER AP4.

    “Saya kembali ke arena reli setelah 12 tahun absen dan lebih banyak turun di ajang Sprint Offroad dan Sprint Rally. Meski memiliki karakter lintasan yang serupa, antara Sprint Offroad, Sprint Rally dan Rally memiliki tantangan yang berbeda. Tidak hanya untuk pembalapnya tapi juga untuk kendaraannya,” ungkap Rifat Sungkar. 

    “Saya optimis masih dapat menunjukkan kemampuan terbaik saya di arena reli,” ucap Rifat. 

    Pada Rally Danau Toba, pereli dan mobilnya harus menempuh total jarak 170 km dengan tantangan berbeda di tiap Stage.

    “XPANDER AP4 akan menghadapi petualangan yang berbeda di Rally Danau Toba,” ucap Rifat Sungkar. 

    “Belum pernah ada mobil MPV keluarga dengan penyesuaian minim yang turun di arena reli. Saya ingin menunjukkan bahwa XPANDER AP4 tidak hanya nyaman sebagai mobil keluarga, namun juga kompetitif dan tangguh di segala medan, bahkan di medan yang sangat berat yaitu reli.”     

    Tidak ada perubahan signifikan pada Mitsubishi XPANDER AP4 yang sebelumnya digunakan pada ajang sprint rally tahun 2021, baik di bagian mesin maupun bagian lainnya. 

    “Bedanya kali ini Mitsubishi XPANDER AP4 tampil beda dan lebih segar berkat livery atau desain cat yang baru,” pungkas Rifat.

    Aksi Rifat bersama XPANDER AP4 di Kejurnas Rally 2022 bisa disaksikan di kanal Youtube Mitsubishi Motors Indonesia di channel Backstage Pass – Xpander AP4 Kejurnas Rally Journey.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here