Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    BeritaRifat Sungkar Rombak Mitsubishi Xpander Supaya Bisa Dipakai Reli

    Rifat Sungkar Rombak Mitsubishi Xpander Supaya Bisa Dipakai Reli

    Pereli nasional, Rifat Sungkar tak puas dengan pencapaiannya saat ini di kancah balap yang turut membesarkan namanya. Pasalnya, Rifat siap kembali menorehkan prestasi di ajang bergengsi NZRC Goldrush Rally of Coromandel, di  Moewai Park Whitianga, New Zealand, 16-17 Agustus 2019 mendatang.

    Nah, sebelum sibuk dengan reli nanti, Rifat ternyata berkolaborasi dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan meluncurkan tim balap yang disebut Xpander Rally Team (XRT) pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD, Tangerang Selatan.

    Menariknya, sesuai nama tim balapnya, mobil yang digunakan untuk reli nanti ternyata sebuah Xpander. Tentu OLXer nggak ngebayangin kan mobil keluarga tersebut bisa juga dipakai balapan apalagi seperti reli.

    Tampak depan Mitsubishi Xpander AP4. (Herdi Muhardi) 

    Usut punya usut, suami Sissy Priscillia sengaja menggandeng Mitsubishi dengan alasan, bahwa Xpander merupakan mobil keluarga multifungsi, yang tak perlu diragukan lagi dengan kebutuhan dan kondisi jalan di Indonesia.

    “Namun lebih daripada itu, saya punya pandangan berbeda karena melihat Xpander memiliki keseimbangan sasis yang sangat baik sehingga mobil ini memenuhi kriteria regulasi dan dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4,” jelas Rifat saat ditemui di acara GIIAS 2019.  

    Rifat tak menampik, meski Xpander disebut mobil keluarga, namun mobil yang hakikatnya memiliki kapasitas tujuh penumpang sudah dilakukan berbagai penyesuaian dan mendapat settingan ulang.

    Adapun beberapa bagian yang sudah dirombak Rifat, yakni mobil reli ini menggunakan sasis Xpander yang kemudian mengadopsi konstruksi Lancer Evo X. Serta Xpander AP4 mempunyai cross weight yang hampir setara di bagian depan dengan belakang.  

    “Cross weight yang hampir setara akan membuat titik berat Xpander menjadi sempurna. Ini adalah salah satu ramuan utama dari sebuah mobil kompetisi, khususnya reli,” jelas Rifat.

    Tampak samping Xpander AP4. (Herdi Muhardi)

    Menurut Rifat, ajang AP4 sendiri adalah inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia Pasifik. Yang membuat balapan ini istimewa, ajang AP4 memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehari-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA sehingga kompetisi reli dunia saat ini menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

    “Trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2000 cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1600 cc dengan teknologi yang lebih canggih, suspensi advance, travel suspensi yang 2 kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan,” jelas Rifat.

    Karena hal itu, Rifat yakin bahwa Xpander hasil perhitungannya berpotensi dan dapat bersaing dalam ajang balap reli AP4, serta memenuhi regulasi FIA terkait kelas AP4 tersebut.

    Nantinya, setiap reli yang Rifat lakoni akan didampingin sang navigator M. Redwan yang memang dikenal sebagai mitra kepercayaan Rifat di balik kemudi.

    Tampak depan Mitsubishi Xpander AP4. (Herdi Muhardi)

    Spesifikasi Mitsubishi Xpander AP4

    Mesin : Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved (1600cc)

    Tenaga: 350 Tk

    Torsi : 410 ft/lbs

    Roda : 15×7 Speedline

    Ban : Dellium RG4

    Distribusi berat : 55/45. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here