Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSah, Smart SIM Meluncur, Kehebatannya Bisa Bayar Tol Sampai Belanja

    Sah, Smart SIM Meluncur, Kehebatannya Bisa Bayar Tol Sampai Belanja

    Kepolisian Indonesia kini sudah canggih dan modern. Bagaimana tidak, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri secara resmi meluncurkan Smart Surat Izin Mengemudi (Smart SIM) atau SIM Pintar. Sim ini berlaku untuk pengendara mobil atau sepeda motor.

    Peluncuran inovasi yang mendapatkan terbaru dari Korlantas ini digelar bersamaan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (22/9/2019).

    “Smart SIM merupakan bagian dari inovasi pelayanan publik di bidang lalu lintas yang berbasis IT (Information technology),” kata Kepala Korlantas Polri Irjen Refdi.

    Seperti diketahui, Smart SIM sendiri merupakan perpaduan perubahan bentuk fisik dan data chief kartu SIM dengan memperdayakan teknologi dan informasi secara terpusat dan terpadu dengan dukcapil, Integrated Road System Management (IRSMS), dan data base lainnya.

    Tahapan awal untuk mendapatkan Smart SIM, OLXer wajib mengunduh aplikasi Smart SIM di Playstore. Oia, ketika melakukan registrasi di aplikasi tersebut, pastikan nomor handphone yang digunakan aktif dan sesuai dengan nomor handphone saat registrasi ya.

    Selain itu, untuk mendapatkan Smart SIM, OLXer juga bisa memanfaatkan proses SIM Online yang juga baru diluncurkan. Pemohon bisa lebih mudah karena registrasi SIM Online, maka terlebih dahulu pemohon diwajibkan mengakses situs sim.korlantas.polri.go.id.

    Kehebatan Smart SIM

    Dengan Smart SIM, banyak fungsinya bukan hanya sekadaar tanda kepemilikan SIM saja, melainkan banyak fungsi.

    OLXer bisa melihat data forensik kepolisian yang terekam dalam sebuah chip pada Smart SIM. Chip tersebut mencatat data diri si pemilik Smart SIM mulai dari nama, alamat, tempat tanggal lahir, pekerjaan.

    SIM Online juga terkoneksi pada sistem Traffic Altitude Record atau mengetahui tentang jejak pelanggaran dan juga bisa mengetahui kecelakaan pengguna SIM yang terintegrasi dengan sistem IRSMS Korlantas Polri.

    “Ketika pengemudi melakukan pelanggar lalu lintas, itu akan tercatat pada SIM itu (Smart SIM), dan data server di kita (kepolisian),” ungkap Irjen Refdi.

    Kehebatan lainnya dari Smart SIM yaitu bisa berfungsi sebagai uang elektronik untuk melakukan transaksi pembayaran belanja, tol, parkir, dengan batas saldo maksimum Rp 2 juta. Jadi OLXer tak perlu lagi bawa uang cash.

    Nah, karena bisa melakukan transaksi, maka dengan Smart SIM ini bisa juga untuk denda tilang, sesuai dengan rekomendasi bank Indonesia. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here