Kamis, Desember 9, 2021
OLX Auto
More
    MobilReviewSama-sama Sporty, Apa Perbedaan Toyota GR Yaris dan Versi TRD Sportivo

    Sama-sama Sporty, Apa Perbedaan Toyota GR Yaris dan Versi TRD Sportivo

    Toyota GR Yaris sudah dipastikan masuk pasar otomotif nasional. Mobil hatchback bergaya sport rancangan Gazoo Racing akan dijual di Indonesia dengan jumlah terbatas, yaitu hanya 126 unit.

    Nah, meski orang Indonesia rata-rata belum melihat wujud nya langsung Toyota GR Yaris, namun menurut Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) antusias pada mobil yang pertama kali diluncurkan di Jepang ini sangat luar biasa.

    “Sejak resmi buka booking di bulan Maret kemarin, hari ini kita tutup pemesanannya. Jujur lebih dari 470 customer yang melakukan booking dan ini lebih tinggi dari alokasi suplai yang kita dapatkan. Makasih respon baik tapi minta maaf, karena alokasi suplai terbatas,” ungkap Anton saat video conference bersama awak media beberapa waktu lalu.

    Anton juga mengatakan, saat ini Toyota akan mempersiapkan waktu peluncurannya untuk pasar Indonesia dan setelah itu akan segera dilakukan pengiriman sampai ke customer.

    Sekadar informasi, kalau Toyota GR Yaris ini sangat berbeda dengan Yaris pada umumnya yang kita dapat temui di dealer-dealer maupun jalan raya, mulai dari desain, spesifikasi mesin, hingga harga. Termasuk tipe Yaris TRD Sportivo yang diklaim jadi varian tertinggi dan lebih sport dari tipe Yaris lainnya.

    Nah, OLXer mau tahu apa saja perbedaan Toyota GR Yaris dengan Yaris TRD Sportivo, berikut ulasannya:

    Dimensi

    Secara dimensi Toyota GR Yaris ini memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.460 mm, Wheelbase 2.558 mm dan bobotnya 1.280 kg Sedangkan untuk Toyota Yaris TRD Sportivo sudah memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm, wheelbasenya mencapai 2.550 mm. Sementara ground clearance-nya 124 mm dan radius putarnya 5,31 m.

    Oia, selain dimension, jumlah pintu Toyota GR Yaris hanya memiliki dua pintu seperti mobil sport pada umumnya. Sedangkan Toyota Yaris TRD Sportivo ada empat pintu.

    Toyota GR Yaris juga sudah mengadopsi platform TNGA (Toyota New Global Architecture) untuk mobil kompak, dan menampilkan desain bodi yang ringan dan rigid, dengan pusat gravitasi rendah.

    TGR membangun GR Yaris dari awal untuk mencapai desain dengan kekakuan tinggi, keseimbangan yang begitu pas, serta mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang.

    Selain menggunakan bahan aluminium untuk kap mesin, bagasi, dan panel pintu, ia dilengkapi juga dengan panel atap plastik yang diperkuat serat karbon yang dibentuk menggunakan metode compound moulding

    Kaki-Kaki

    Untuk kenyamanan memang Toyota GR Yaris dan Yaris TRD Sportivo mengusung suspensi depan Macpherson Strut ditambah dan remnya dilengkapi dengan Ventilated Disc Brake.

    Hanya saja, untuk ukuran velgnya Toyota GR Yaris menggunakan bahan alloy dengan ukuran 18 inch, dilapisi ban 225/40. Sedangkan untuk Yaris TRD Sportivo terpasang velg alloy berukuran 16 inch dibalut ban 195/50.

    Interior

    Kabin Toyota GR Yaris memiliki nuansa serba hitam dan memiliki berbagai model sport termasuk lingkar kemudi khas balap. Selain itu, aura mobil balap juga terasa pada pada pedal gas, rem, dan kopling karena dilapisi aluminium.

    Sedangkan untuk head unit sudah menggunakan layar sentuh 7 inch dan layar MID TFT berukuran 4,2 inch.

    Sementara ruang kabin Yaris versi TRD Sportivo, pada bagian interior bernuansa silver dan dilengkapi fitur hiburan, serta kamera parkir yang modern.

    Fitur

    Untuk fitur keamanan dan keselamatan, Toyota GR Yaris memiliki lebih lengkap dari fitur yang ada pada Yaris TRD Sportivo seperti Hill Start Assist (HAS), Vehicle Stability Control System (VSC), Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), serta Brake Assist (BA).

    Mesin

    Toyota GR Yaris sudah dibenamkan mesin 1.600 cc 3-silinder segaris turbo direct-injection yang mampu melontarkan daya 268 Tk dan torsi 370 Nm.

    Tenaga yang dimiliki ini disalurkan ke transmisi manual 6-speed iMT (Intelligent Manual Transmission), memungkinkan penggantian gigi secara sigap dan akurat.

    Sementara mesin Yaris TRD Sportivo lebih kecil, yaitu mengusung mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc, DOHC, Dual VVT-I, 4 silinder yang mengeluarkan daya 105 Tk dan torsi 140 Nm.

    Dengan tenaga tersebut bisa disalurkan ke transmisi manual tujuh percepatan dan automatic tujuh percepatan

    Harga

    Menyoal harga, Toyota GR Yaris akan menyesuaikan dengan Permendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. dimana Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Yaris GR ada di kisaran angka Rp450 juta. Akan tetapi itu belum termasuk pajak.

    Namun disebutkan harga Toyota GR Yaris ini dibanderol sekitar Rp 800 jutaan. Sedangkan untuk harga Yaris TRD Sportivo dijual mulai dari Rp 268 juta sampai Rp 284 juta.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here