Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSampai Jumpa Suzuki Karimun Wagon R

    Sampai Jumpa Suzuki Karimun Wagon R

    Nasib Suzuki Karimun Wagon R rupanya tidak begitu mujur di kancang otomotif nasional.

    Bagaimana tidak, meski tergolong masih seumur jagung, mobil yang masuk segmen mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) tersebut sudah tak lagi dijual.

    Setidak nya hal ini dibenarkan oleh Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra. Kata dia, Karimun Wagon R tak lagi diproduksi untuk pasar Indonesia.

    “Untuk yang export masih produksi,” ungkap Dony melalui pesan tertulis.

    Donny sendiri belum mau secara gamblang menjelaskan alasannya. Akan tetapi menurutnya Suzuki sedang fokus untuk pengembangan kendaraan elektrifikasi.

    Nah, dengan diberhentikanya penjualan Suzuki Karimun Wagon R untuk pasar Indonesia, maka hal ini menyusul mobil LCGC Datsun Go dan Go+ Panca, yang sudah tak lagi dijual di Indonesia sejak tahun 2020.

    Dengan tidak lagi dijualnya Suzuki Karimun Wagon R, maka segmen LCGS kini hanya dihuni Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, serta Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

    Sejarah Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia

    Suzuki Karimun Wagon R sejatinya sudah merupakan program pemerintah era Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang dioperasikan pada tahun 2013. 

    Rencana munculnya jenis mobil LCGC bertujuan memenuhi kebutuhan transportasi ramah lingkungan di pedesaan.

    Di tahun 2013, Suzuki Karimun Wagon R muncul untuk masuk segmen LCGC city car. Hanya saja, desain mobil ini berbeda dari pada mobil LCGC lainnya, yaitu memiliki bentuk boxy.

    Namun begitu, dengan tingginya kabin Karimun Wagon R membuat hal ini membuat headroomnya jadi lebih lega dibandingkan city car lainnya.

    Perlu dicatat, di tahun ini atau Januari-September 2021, Suzuki Karimun Wagon R hanya menyumbangkan penjualan sebanyak 1.772 unit.

    Saat itu, Suzuki karimun Wagon menawarkan empat varian yaitu GA MT, GL AT, GS MT dan GS AT. Keempat ini sejatinya memiliki beberapa perbedaaan. Bahkan Suzuki Karimun Wagon R juga memiliki varian Blind.

    Sementara itu, city car ini pada bagian dashboard dashboard dengan tachometer, kursi baris kedua bisa dilipat, sistem audio single DIN (pemutar kaset/CD/radio), under seat tray, auto Gear Shift (AGS), AC, dan Power Window.

    Untuk jantung pacu Karimun kotak dilengkapi mesin K10B, 3 silinder, berkapasitas 998cc, yang sanggup menghasilkan daya hingga 68 Tk dan torsi 90 Nma 3.500 Nm.

    Nah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru, nggak ada salahnya jual mobil lamamu di OLX Autos . Jika memang ingin menjual mobil klik di OLX Autos

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here