Sangarnya Mercedes Benz AMG G63, Mobil Favorit Selama GIIAS 2019

0
34

Gelaran otomotif Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 memang sudah berakhir. Namun begitu, masih ada kenangan yang cukup teringat, salah satunya adalah dinobatkannya Mercedes-Benz AMG G63 sebagai mobil favorit pilihan pengunjung.

Jika OLXer tidak tau, pada dasarnya tampang Mercedes-Benz AMG G63 memang sangat sangar dan gagah. Hal ini menurun dari nenek moyangnya yang pertama kali lahir pada 1979. Kala itu, mobil bertubuh bongsor ini dibuat hasil kerjasama dari Mercedes-Benz, Steyr dan Puch of Austria dan diberi nama G-Wagen atau Gelaendewagen Wagen. 

Nama Gelaendewagen tersebut ternyata sengaja disematkan untuk kendaraan khusus yang mampu melaju di medan berat atau disingkat G. Dan nama tersebut disematkan pula pada AMG G63.

Nah, kalau OLXer memang tidak tau bagaimana wujud dan kehebatan Mercedes-Benz AMG G63, berikut ulasannya.

Eksterior

Seorang model berpose di depan Mercedes-Benz AMG G63. (Istimewa)

Mobil ini memang merupakan sosok Sport Utility Vehicle (SUV) mewah dengan penggerak empat roda yang memiliki ukuran dimensi panjang 4.873 mm, lebar 1.984 mm, dan tinggi 1.966 mm, serta bobot 640 kg dan ground clearance 241 mm.

Meski desain kotak kurang disukai di Indonesia, namun mobil ini nyatanya mampu menarik perhatian, karena tetap indah dipandang mata. Sama halnya dengan bagian belakang yang memiliki konde atau ban cadangan menggantung.

Meskipun beberapa mobil tak lagi memasang konde lantaran terlihat ketinggalan jaman, namun ada pengecualian untuk Mercedes-Benz AMG G63.

Secara tampilan, bagian depan mobil ini dilengkapi dengan Radiator Grille berlapis krom Twin Louvre yang dipadu logo Mercy AMG. Desain khas mobil ini masih lekat seperti bentuk lampu bulat dengan pencahayaan Bi-Xenon yang bisa juga diatur otomatis, serta Front Fog Lamps berteknologi Integral Cornering Light Function.

Sosok Mercedes-Benz AMG G63 ini lebih sedap dipandang berkat beberapa polesan seperti Stainless Steel Package, Stainless Steel Spare Wheel Cover, Side Running Board, lalu ada juga Rear Mud Flaps hingga kaki-kaki besar yang dibalut pelek berukuran 21 inci palang lima dari AMG.

Agar lebih spesial dengan kesan agresif, beberapa bagian dicat dengan warna merah pada bagian rem yang menggunakan AMG Caliper. Asal OLXer tau, pipa knalpot dari AMG Twin Tailpipes berlapiskan krom tidak dibuat di belakang, melainkan samping bawah kanan dan kiri.

Oia, untuk model Mercedes-Benz AMG G63 yang satu ini memang istimewa dan juga special, karena dirancang langsung oleh tangah ahli Mercedes AMG Jerman.

Untuk memberikan pilihan Mercy menyediakan warna metalik mulai dari Magnette black, Obsidian black, Rubellite red, Iridium silver, Mojave silver, Canvasite blue, Brilliant blue, Emerald green, serta Selenite grey.

Interior

Kabin Mercedes-Benz AMG G63. (Istimewa)

Kesan mewah juga terdapat pada kabin. Pasalnya interior dibalut dengan kulit berwarna hitam, kemudian ada juga aksen warna silver dan chrome. Oia, lingkar kemudi dibalut kulit nappa yang terkenal lembut. Selain itu, beberapa aksen lainnya dari mobil ini telah menggunakan serat karbon AMG.

Menariknya lagi mobil ini dilengkapi panel Dual Head Unit berukuran 12 inci, yang fungsinya dapat mengoperasikan musik, navigasi 3D Map, dan lainnya. Sistem hiburan ini juga bisa dioperasikan melalui tombol-tombol pada lingkar kemudi

Mobil ini juga bisa memanjakan penumpang  yang ingin melihat kondisi langit saat siang atau malam hari. Karena itu, Mercedes-Benz AMG G63 juga dilengkapi sunroof.

Kenyamanan lainnya yaitu adanya Split Folding dan pengaturan posisi yang dapat disesuaikan dengan postur tubuh penumpang.

Untuk fitur keselamatan dan keamanan juga lengkap, seperti Airbags, Anti-Theft Alarm sampai ISOFIX.  Selain itu mobil ini juga dibekali Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BAS), Electronic Stability Programme (ESP), Acceleration Skid Control (ASR) dan 4-Wheel Electronic Traction System (4ETS).

Performa

Caption

Untuk urusan jantung pacu, Mercedes-Benz AMG G63 sudah mengusung mesin 8V silinder berkapasitas 3.982 cc dan Twin-Turbo yang mampu memuntahkan daya 585 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 850 pada 2.500-3.500 rpm.

Dengan tenaga tersebut, kemudian disalurkan melalui transmisi otomatis AMG Speedshift 9G-tronic. Nah, di atas kertas mobil ini disebut mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 4,5 detik dan kecepatan maksimum 220 km/jam.

Sedangkan untuk rata-rata konsumsinya disebut untuk jarak 100 km bisa menghabiskan 13,2 liter. Tentu saja, mobil ini lebih ramah lingkungan karena sudah standar emisi Euro 6.

Lantas berapa harganya? Di Indonesia mobil ini dijual berdasarkan pesanan dengan banderol Rp 5,5 miliar berstatus off the road. (Her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here