Minggu, Juni 26, 2022
More
    BeritaSanksi Pengemudi Pakai Lajur Kanan Tapi Bergerak Statis

    Sanksi Pengemudi Pakai Lajur Kanan Tapi Bergerak Statis

    Bagi pengendara kendaraan bermotor di jalan tol atau jalan raya umum, pasti kerap kali menjumpai mobil yang melaju di jalur kanan tapi bergerak statis.

    Ya, fakta dari kondisi kasus yang sering berada di posisi kanan bergerak statis ini bisa juga disebut dengan istilah Lane Hogger.

    Biasanya, Lane Hogger paling sering terlihat di jalan tol, dimana posisi mobil berada di jalur kanan dan terkesan menghalangi jalan karena kecepatan statis serta tidak berniat mendahului kendaraan lain.

    Menurut Pengamat Transportasi dan Hukum Budiyanto, kebiasaan melakukan Lane Logger menyalahi aturan, karena berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas.

    “Kita perlu ingat bahwa kecelakaan beruntun sering terjadi di lajur kanan,” ungkap Budiyanto dalam pesan tertulis, Senin (3/1/2022).

    Adapun Budiyanto menyatakan, kondisi Lane Hogger dalam sistem berlalu lintas tidak  berfungsi untuk kelancaran lalu lintas, melainkan adanya perubahan situasi lalu lintas secara tiba-tiba

    “Misalnya ada kecelakaan, bencana, dan lain-lain,” ucapnya.

    Aturan mengemudi jalur kanan

    Mengemudi di jalur kanan bukan perkara jalanan kosong, kemudian bisa menancap pedal gas atau tidak. Namun harus sesuai dengan peraturan berlalu lintas.

    Budiyanto menjelaskan, lajur yang digunakan ketika mengemudi sudah diatur dalam Pasal 108 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, yang berbunyi:

    1) Dalam berlalu lintas Pengguna Jalan harus menggunakan jalur Jalan sebelah kiri.

    2) Penggunaan jalur Jalan sebelah kanan hanya dapat dilakukan jika:

    a. Pengemudi bermaksud akan melewati Kendaraan di depannya; atau

    b. diperintahkan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk digunakan sementara sebagai jalur kiri.

    3) Sepeda Motor, Kendaraan Bermotor yang kecepatannya lebih rendah, mobil barang, dan Kendaraan Tidak Bermotor berada pada lajur kiri Jalan.

    4) Penggunaan lajur sebelah kanan hanya diperuntukkan bagi Kendaraan dengan kecepatan lebih tinggi, akan membelok kanan, mengubah arah, atau mendahului Kendaraan lain.

    Hanya saja jika ingin menggunakan jalur kanan, maka sesuai pasal 109 yaitu mempunyai jarak pandang yang bebas dan tersedia ruang yang cukup.

    Sedangkan pengguna jalur sebelah kiri, maka diwajibkan tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

    Sementara itu, dalam Peraturan Pemerintah No 15 tahu 2005 tentang Jalan tol, pasal 41 ayat 1-3, fungsi jalur kanan hanya diperuntukan bagi kendaraan yang bergerak cepat dan kendaraan yang berada pada lajur sebelah kiri, sesuai dengan batas batas kecepatan yang ditetapkan.

    Pengguna jalan yang mengemudikan kendaraan dalam kondisi statis di lajur kanan itu merupakan pelanggaran lalu lintas, sebagaimana diatur dalam pasal 287 ayat 3, yaitu pidana paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

    Tak perlu emosi

    Ketika OLXers melihat kondisi Lane Hogger, maka tidak perlu terpancing emosi atau membalas dengan tindakan yang kontra produktif.

    Baca juga  Nissan dan PLN Manjakan Pemilik Mobil Listrik Hadirkan SPKLU

    “Tapi, dengan cara menyiasatinya dengan memberikan sinyal mengedipkan lampu jarak jauh (high beam) beberapa kali atau memberikan klakson agar pengemudi di depannya dapat kembali ke lajur kiri,” ucapnya.

    Setelah memberikan sinyal lampu jarak jauh, maka OLXers cukup menunggu pengemudi tersebut kembali pada lajur kiri, agar memiliki jarak pandang yang bebas, dan tersedia ruang yang cukup.

    Apabila pengemudi tersebut tetap bertahan pada kondisi statis, maka tidak perlu terpancing emosi, dan tetap fokus mengemudi, serta menunggu situasi aman untuk di dahului.

    “Jika hendak mendahului tetap tidak terpancing emosi karena akan berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas,” tutup Mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

    OLXers yang ingin berencana jual mobil lama kalian bisa langsung ke OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here