Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSebelum Beli Daihatsu Rocky, Cari Tahu Secanggih Apa Teknologinya!

    Sebelum Beli Daihatsu Rocky, Cari Tahu Secanggih Apa Teknologinya!

    Daihatsu Rocky merupakan produk terbaru yang kini jadi andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek Daihatsu di pasar otomotif nasional.

    Kehadiran Daihatsu Rocky yang juga memiliki kembaran yaitu Toyota Raize, telah mendapat sambutan hangat di mata masyarakat Indonesia. Hal ini karena mobil tersebut memang menawarkan sejumlah perbedaan mulai dari desain yang menarik, hingga teknologi yang diklaim lebih canggih

    Nah, jika OLXer ingin jadi salah satu pemilik Daihatsu Rocky, tidak ada salahnya mencari tahu informasi seberapa canggih teknologi yang dibenamkan pada mobil tersebut?

    Menurut People Development Department Head PT ADM Ben Faqih, salah satu kecanggihan Daihatsu Rocky yaitu sudah menggunakan teknologi A.S.A dan D-CVT.

    “Teknologi A.S.A atau Advanced Safety Assist merupakan fitur keselamatan aktif dan tertinggi di kelasnya, yang berfungsi memberikan bantuan bagi pengemudi untuk meminimalisir resiko kecelakaan,” ungkap Ben saat mengisi acara Auto Clinic yang digelar Daihatsu secara virtual.

    Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky

    Lebih lanjut dia mengatakan, dengan menggunakan teknologi A.S.A maka Daihatsu Rocky dapat memanfaatkan beragama fitur keselamatan seperti Pre Collision Warning yang merupakan fitur peringatan untuk menghindari kecelakaan.

    Contoh, jika OLXer mengemudi mobil kemudian ada mobil di depan yang melakukan pengereman mendadak, namun OLXer terlambat menginjak rem karena terlalu dekat, maka system A.S.A akan aktif, sehingga membantu mengurangi resiko kecelakaan. 

    Untuk fitur Pre Collision Braking, memungkinkan menghindari terjadi benturan, dimana system akan memperingatkan pengemudi dengan suara dan muncul tanda peringatan pada indikator.

    Fitur ini mampu menghindari dan mengurangi efek resiko benturan, sehingga lebih aman bagi pengemudi dan penumpang. Pre Collision Braking ini akan aktif jika kecepatan antara 4-120 km per jam.

    Saat jarak antara mobil semakin dekat, dan sistem membaca tak ada tindakan atau tanda-tanda pengereman yang dilakukan pengendara, maka secara otomatis rem akan dioperasikan hingga mobil berhenti sebelum terjadi tabrakan. 

    Selain itu, ada juga fitur Front Departure Alert yang dapat memberikan peringatan saat mobil depan sudah bergerak maju. Fitur ini biasanya akan sangat berguna ketika berada di lokasi lampu merah, dimana system peringatan di A.S.A akan muncul suara dan indikator berkedip di meter cluster. Maka dari itu OLXer tidak menyadari bahwa lampu sudah berubah menjadi hijau.

    Ada juga fitur Lane Departure Warning dan Prevention, dimana fitur ini akan aktif ketika mobil menginjak garis marka secara tidak sengaja, serta fitur yang dapat mengembalikan posisi mobil ke jalur sebelumnya.

    Secara prinsip kerja, semua fitur yang ada pada A.S.A diawali dari kamera stereo yang mendeteksi adanya objek di depan mobil, lalu sinyal kamera dikirim ke ECU, kemudian mengaktifkan sistem rem dan kemudi.

    Sedangkan untuk teknologi transmisinya, kata Ben, Daihatsu Rocky sudah dilengkapi transmisi matik, yang disebut Dual Mode CVT (Continuously Variable Transmission). Transmisi ini merupakan pengembangan dari teknologi CVT yang sudah ada, melalui mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear.

    “Sehingga penyaluran tenaga dari mesin mengkombinasikan antara belt dengan planetary gear yang menyebabkan pada saat kecepatan rendah terasa lebih halus dan bertenaga, sementara pada saat kecepatan tinggi bisa lebih irit,” klaim Ben.

    Sekadar informasi, Daihatsu Rocky menawarkan dua pilihan mesin, yaitu 1.0L, dan 1.2L. Pada pilihan mesin 1.0L bertipe 1KR-VET, Rocky telah dilengkapi dengan teknologi turbocharger yang memberikan performa dan akselerasi layaknya mesin dengan kapasitas lebih besar. Sedangkan mesin 1.2L bertipe WA-VE 3 silinder dianggap cukup bertenaga, dan tetap irit bahan bakar.

    Eksterior dan Interior Daihatsu Rocky

    Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky

     

    Dari tampilannya, Rocky punya front LED headlamp, rear LED kombinasi, serta spoiler belakang dilengkapi high mount stop lamp. Ini membuat tampilannya kelihatan keren dan modern.

    Sedangkan pada bagian kaki-kaki, menggunakan velg berdiameter mulai dari 16 – 17 inch yang mempertegas kesan tangguh.

    Masuk bagian interior, keunggulan Daihatsu Rocky adalah dashboard-nya berkonsep seperti cockpit, yang memberikan kesan modern didukung fitur auto retractable mirror, key free, start/stop button yang semakin memudahkan pengguna ketika digunakan. 

    Makin terlihat futuristik karena meter cluster Daihatsu Rocky menggunakan teknologi full digital dengan 4 mode tampilan yang dapat dipilih sesuai dengan style dan selera.

    Rocky juga dilengkapi touchscreen audio berukuran 7 – 9 inch tergantung varian, dengan fungsi smartphone connectivity yang dapat mendukung ekspresi dan hiburan bagi penggunanya.

    Urusan memuat barang, ukuran bagasi jadi keunggulan Daihatsu Rocky, sekaligus menjadi yang terluas di kelasnya, dan bisa diatur menjadi dua tingkat dengan kapasitas 303 liter dan 369 liter.

    Kursi pada baris kedua juga bisa dilipat rata dengan lantai untuk mengakomodasi kemudahan memuat barang berdimensi besar. 

    Daftar Harga Daihatsu Rocky

    Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky

    Daihatsu Rocky hadir dengan warna-warna cerah seperti Compagno Red, Yellow Metallic, Shining Pearl White, Classic Silver Metallic, Dark Grey Metallic, dan Ultra Black Solid. Sedangkan untuk Daihatsu Rocky varian 1.0 liter dengan kombinasi warna atau two tone color hitam pada bagian atap yang terdiri dari Compagno Red, dan Icy White maka harganya bisa berbeda.

    Berikut ini daftar harga Daihatsu Rocky yang sudah dikenakan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 25 persen.

    Rocky 1.2 M MT – Rp 189,3 juta

    Rocky 1.2 X MT – Rp 202,4 juta

    Rocky 1.2 M CVT – Rp 205,9 juta

    Rocky 1.2 X MT ADS – Rp 210,4 juta

    Rocky 1.2 X CVT – Rp 219,1 juta

    Rocky 1.0 R TC MT – Rp 226,7 juta

    Rocky 1.2 X CVT ADS – Rp 227,1 juta

    Rocky 1.0 R TC MT ADS – Rp 234,7 juta

    Rocky 1.0 R TC CVT – Rp 240,7 juta

    Rocky 1.0 R TC CVT ADS – Rp 248,7 juta

    Rocky 1.0 R TC CVT ASA – Rp 250 juta

    Daftar harga varian Daihatsu Rocky 1.0 liter berdasarkan pilihan warna:

    Rocky 1.0 R TC MT SC – Rp 228.200.000

    Rocky 1.0 R TC MT TWO TONE – Rp 229.200.000

    Rocky 1.0 R TC MT TWO TONE SC – Rp 230.200.000

    Rocky 1.0 R TC MT ADS SC – Rp 236.200.000

    Rocky 1.0 R TC MT ADS TWO TONE – Rp 237.200.000

    Rocky 1.0 R TC MT ADS TWO TONE SC – Rp 238.200.000

    Rocky 1.0 R TC CVT SC – Rp 242.200.000

    Rocky 1.0 R TC CVT TWO TONE – Rp 243.200.000

    Rocky 1.0 R TC CVT TWO TONE SC – Rp 244.200.000

    Rocky 1.0 R TC CVT ADS SC- Rp 250,2 juta

    Rocky 1.0 R TC CVT ADS TWO TONE – Rp 251,2 juta

    Rocky 1.0 R TC CVT ASA SC – Rp 251,5 juta

    Rocky 1.0 R TC CVT ADS TWO TONE SC – Rp 252,2 juta

    Rocky 1.0 R TC CVT ASA TWO TONE – Rp 252,5 juta

    Rocky 1.0 R TC CVT ASA TWO TONE SC – Rp 253,5 juta

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here