Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsSeberapa Aman Pakai Ban yang Sudah Ada Tambalannya?

    Seberapa Aman Pakai Ban yang Sudah Ada Tambalannya?

    Ban bocor di tengah jalan tentu saja sangat menjengkelkan, apalagi saat kita harus buru-buru. Belum lagi, tempat atau bengkel tambal ban cukup jauh dijangkau sehingga kita terpaksa harus mendorongnya.

    Ya, ban ditambal memang menjadi solusi jika bocor. Setidaknya harganya lebih terjangkau jika dibandingkan menggantinya dengan yang baru.

    Namun tak sedikit yang penasaran sebenarnya ban ditambal apakah aman? Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut ini beberapa jawaban yang perlu OLXer ketahui.

    Seperti dilansir Car From Japan, setidaknya jika bicara soal keamanan dan keselamatan, maka ban yang sudah ditambal jauh lebih baik dan lebih aman daripada ban kempes. Pasalnya, ban kempes dapat membuat pengemudi dan penumpang akan merasa tidak nyaman.

    Ban yang ditambal, memang cukup diandalkan. Bahkan ban ditambal juga bisa tahan cukup lama meski melewati jalan tidak rata. Hanya saja, sebaiknya rawat ban dengan benar dan tidak mengemudi ugal-ugalan. Jika OLXer doyan ngebut (tetap batas aman), maka sebaiknya ganti dengan yang baru.

    Kendati begitu, sejumlah ahli otomotif menyatakan, jika menggunakan ban vulkanisir disarankan tidak melakukan penambalan lebih dari tiga kali, terlebih di jika jarak lubangnya sangat berdekatan.

    Selain itu, jangan pernah menambal di lubang yang sudah ditambal. Tambalan yang tumpang tindih sama sekali tidak aman. Jika mengalami kebocoran di tempat yang sama, sebaiknya ganti ban dengan yang baru.

    Ada jenis tambal ban yang diharamkan, yaitu jika dilakukan pada dinding samping atau bahu ban. Penambalan di bagian dinding samping sangat tidak kuat dan tak akan cukup tahan lama untuk menahan beban kendaraan saat melaju.

    Tidak hanya itu, jika ingin menambal ban, perhatikan diameter lubangnya. Sebab, jika lubang sangat besar makan akan sangat menyulitkan.

    Jika ingin menambal ban sendiri, pastikan memiliki sejumlah perlengkapan yang tepat, dan ikuti petunjuknya dengan benar. Apabila merasa tidak mempunya kemampuan, sebaiknya bawa ke bengkel atau tambal ban. Pasalnya, jika menambal ban tidak telaten, maka hal itu justru menyebabkan hal yang lebih parah.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here