Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSeberapa Menarik Mitsubishi Triton di Indonesia?

    Seberapa Menarik Mitsubishi Triton di Indonesia?

    New Mitsubishi Triton memang sudah resmi diluncurkan di Indonesia melalui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan penumpang Mitsubishi di Tanah Air. Tampilannya yang sangat berubah khususnya versi double cabin membuat bentuknya terlihat lebih keren dan modern.

    Namun OLXer tau nggak, ternyata mobil pikap yang sudah ada sejak 40 tahun lalu jumlahnya cukup banyak, karena telah dipakai 4,9 juta unit di seluruh penjuru dunia. Sedangkan di Indonesia, Triton ada sejak 17 tahun lalu atau sekitar 2001 dan populasinya mencapai 80 ribu unit tersebar di seluruh Nusantara.

    Menurut Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura, berdasarkan data penjualan Triton di Indonesia  terbesar tiga dunia, setelah Thailand dan Australia. Di Indonesia, Mitsubishi Triton dengan penggerak empat roda menyumbangkan market share sebesar 65 persen. Hal ini pula membuat Triton diklaim sebagai rajanya pikap 4×4.

    “Penerimaannya sangat baik. Bahkan selama 2019 kontribusinya mencapai 65 persen, dimana 95 persen berasal dari model 4×4 dan sisanya, 5 persen, dari model 4×2,” ujar Nakamura saat ditemui beberapa waktu lalu.

    Dengan bentuknya yang menarik, mobil kabin ganda ini nyatanya memang bukan mobil untuk perkotaan. Sebaliknya, dengan desain yang tangguh, Triton banyak disukai di sejumlah wilayah seperti Kalimantan dengan penetrasi pasar 40 persen, lalu beberapa Sumatera 30 persen. Sedangkan untuk Jakarta sendiri hanya 15 persen.

    Siapa peminatnya? Jelas mobil ini banyak disukai sejumlah perusahaan khususnya pasar fleet yang kontribusinya mencapai 90 persen dan sisanya segmen semi-fleet dan private.

    Meski begitu, Direktur Divisi Penjualan dan Pemasaran PT MMKSI Irwan Kuncoro mengatakan, untuk New Triton targetnya cukup realistis yaitu 900-1.000 unit perbulan. Angka ini tak terlalu ngoyo karena secara umum market secara otomotif kini sedang mengalami penurunan.

    “Jadi dengan angka penjualan segitu (900-1.000 unit), market share kami saja sudah naik, dari 60 persen, kemudian 62 persen, 63 persen sampai 65 persen,” ungkap Irwan.

    Kalau OLXer memang doyan petualang, yang mau ajak keluarga atau kerap bawa barang sepertinya menggunakan Triton generasi kelima ini cukup diandalkan, karena mobil ini sudah mendapatkan peningkatan pada durabilitas hingga kenyamanan dan peningkatan fitur keamanan.

    Sejarah Singkat  Mitsubishi Triton

    Mitsubishi Forte, nenek moyang Triton. (Wikipedia)

    Oia, sedikit sejarah singkat Mitsubishi Triton. Ternyata, sebelum ada nama Triton. Mobil double cabini ini memiliki banyak nama. Lihat saja, pada generasi pertama yang hadir di era 1978-1986, nama mobil bukan Triton, melainkan Forte, yang mengusung mesin 4G32 berkapasitas 1.6 liter dan mampu menghasilkan daya 90 Tk.

    Masuk 1987-1996, generasi kedua Mitsubishi Triton muncul, hanya saja nama mobil ini cukup banyak panggilannya mulai dari Mitsubishi L200, Mitsubishi Mighty Max sampai Mitsubishi Strada.

    Sebelum ada nama Triton, mobil tersebut diberi nama L200 sampai Strada. (Wikipedia)

    Pada tahun itu, mobil ini sudah menggunakan mesin diesel 2.5 liter bertenaga 68 hp atau turbo diesel 84 PS (62 kW) dan mesin bensin karburator 2.0 liter bertenaga 92 Tp atau 2.6 liter bertenaga 109 Tk.

    Masuk generasi ketiga atau sekitar 1996-2005 Triton kembali mengalami perubahan. Model yang ini jadi perdana masuk pasar Indonesia. Hanya saja namanya kala itu bukan Triton melainkan L200 Strada. Untuk jantung pacunya Mitsubishi membenamkan mesin 2.5L bertenaga 103 Tk.

    Pada 2005-2015 muncul Triton terbaru. Oia, di generasi keempat atau tiga tahun setelah peluncurannya sekitar 2008 penggantian nama dari L200 Strada menjadi Strada Triton. 

    Di generasi keempat atau tiga tahun setelah peluncurannya sekitar 2008 penggantian nama dari L200 Strada menjadi Strada Triton. 

    Saat itu pula, mobil ini dibuat sepenuhnya oleh Mitsubishi Thailand dan diekspor ke 140 negara termasuk Indonesia dengan menggunakan mesin 2.5L turbo diesel bertenaga 134 Tk atau 180 Tk.

    Nah, pada 2015 – sekarang hadir Mitsubishi Triton generasi kelima. Pada tahun ini pula Mitsubishi menghilangkan nama Strada dan menjadi hanya menyebutkan Triton. Di 2019 ini, Mitsubishi kembali melakukan ubahan secara tampilan yang lebih segar.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here