Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSejarah Honda Civic di Indonesia, Favoritmu Generasi Berapa?

    Sejarah Honda Civic di Indonesia, Favoritmu Generasi Berapa?

    Honda Civic generasi ke-11 akhirnya meluncur di Indonesia. Uniknya lagi, sedan yang masuk segmen medium ini ternyata dijual satu varian saja yaitu cuma tipe RS. Dimana jenis varian ini kerap jadi tipe paling tinggi diantara varian mobil Honda yang dijual di Indonesia.

    Nah, bicara soal Honda Civic, sejatinya mobil tersebut termasuk legendaris, karena memang sudah sejak lama puluhan tahun mengaspal di jalanan Indonesia. 

    Ya, secara global, Honda Civic ini dihadirkan pertama kali oleh Honda Motor Co sejak tahun 1972. Sebelum wujudnya seperti saat ini, Honda Civic sudah melalui berbagai transformasi.

    Bagi OLXer yang belum tahu soal Honda Civic, berikut ini kami akan ulas secara singkat mobil tersebut dari generasi ke generasi.

    1. Generasi pertama (1972–1979)

    Honda Civic hatchback tiga pintu generasi pertama 1972-1979. (Wikipedia)

    Generasi pertama Honda Civic sejatinya muncul pada tahun 1972 dan baru dijual setahun kemudian yaitu pada tahun 1973. Honda Civic hadir dengan bentuk sedan fastback 3 dan 5 pintu, hatchback 3 dan 5 pintu, serta Station Wagon 5 pintu.

    Kemunculan Honda Civic saat itu cukup menarik perhatian masyarakat. Ya, ini tak lain pada tahun 1973 terjadi krisis minyak, dimana mobil-mobil dengan bahan bakar boros ditinggalkan, dan orang lebih memilih mobil yang lebih irit. Alhasil, Honda Civic jadi salah satu mobil yang permintaan langsung meningkat.

    Usut punya usut, ini tak lain berkat teknologi Compound Vortex Controlled Combustion (CVCC) pada Honda Civic yang dianggap membuat mobil tersebut jadi lebih irit bahan bakar. Adapun saat itu Honda Civic mengusung mesin berkode ED1 berkapasitas 1.169 cc, 4 silinder dengan pendingin air.

    Oia, saat masuk Indonesia, Honda Civic baru sebenarnya diluncurkan pada tahun 1975 dengan bentuk hatchback 2 pintu. Di zamannya, Honda Civic sudah bisa dibilang paket komplit karena disematkan fitur-fitur unggulan, mulai dari rem depan cakram, kursi dengan balutan bahan vinyl, dashboard menggunakan lapisan kayu, AC hingga dilengkapi sistem hiburan berupa radio AM/FM.

    2. Generasi kedua (1979–1983)

    Honda Civic Generasi kedua
    Honda Civic Generasi kedua. (WIkipedia)

    Honda Civic generasi kedua muncul pada tahun 1979 dengan perubahan cukup signifikan, mulai dari bentuk hingga peningkatan pada performa tenaga di mesin.

    Secara desain bentuk Civic generasi kedua terlihat lebih besar, didukung dengan wheelbase menjadi 2.250 mm. Paling mengejutkan kala itu adalah adanya dua pilihan mesin berupa 1.3 liter dan 1.5 liter. Kendati demikian kedua mesin ini masih mempertahankan teknologi CVCC.

    Adapun untuk settingan tenaga pada mesin ini cukup bervariasi tergantung negara-masing. Namun begitu, Honda Civic generasi kedua yang juga disebut Civic Excellent hadir dalam tiga pilihan transmisi yaitu manual empat dan lima percepatan, serta semi otomatis dua percepatan.

    Honda Civic generasi kedua ini menawarkan tiga varian mulai dari sedan empat pintu, hatchback lima pintu, dan wagon lima pintu.

    3. Generasi ketiga (1983–1987)

    Honda Civic generasi ketiga dirilis pada tahun 1983, dimana saat diluncurkan mobil ini hadir dengan pilihan sedan lima pintu, wagon lima pintu yang dikenal dengan julukan Civic Shuttle, dan model coupe yang disebut CRX. Khusus versi CRX, model ini disebut memiliki bodi yang ringan.

    Di Indonesia sendiri, Honda Civic generasi ketiga muncul pada tahun 1986 dan sedan dengan tiga pintu ini memiliki julukan Wonder ‘Setrikaan’. Disebutkan, nama tersebut karena bentuk mobil ini terlihat memanjang seperti gosokan baju.

    Kendati demikian, Civic model Wonder ternyata masih mencuri perhatian hingga saat ini, termasuk jadi buruan para kolektor otomotif.

    Sekadar informasi, Honda juga menghadirkan Civic Si yang disebut-sebut di masa itu memiliki tampilan lebih sporty dan modern. Mobil ini telah mengusung mesin 4 silinder, DOHC, berkapasitas 1.5 liter yang mampu menghasilkan daya 122 Tk.

    Dengan mesin tersebut, mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 6,8 detik.

    4. Generasi keempat (1987-1991)

    Honda Civic Generasi keempat
    Honda Civic Generasi keempat. (Wikipedia)

    Pada tahun 1987, Honda Civic hadir kembali dengan ubahan lebih modern karena tidak lagi kotak. Di Indonesia, Honda Civic menawarkan pilihan sedan yang disebut Grand Civic dan tipe hatchback tiga pintu yang disebut Civic Nouva.

    Disebutkan, untuk pasar Indonesia, Civic generasi keempat ini hadir dengan pilihan mesin 4 silinder 1,5 liter, SOHC, serta masih menggunakan karburator.

    Pada tahun 1989, Honda Kembali menghadirkan varian SiR, yang telah dijejali mesin baru B16A, DOHC, VTEC, yang mampu menghasilkan daya 158 Tk.

    5. Generasi kelima (1991–1995)

    Honda Civic generasi kelima
    Honda Civic generasi kelima. (Wikipedia)

    Honda Civic generasi kelima sejatinya memiliki bobot lebih ringan dan tampilannya lebih aerodinamis. Bahkan mobil ini juga bentuknya tak lagi kotak dan jadi salah satu mobil yang dicari untuk dilakukan modifikasi dan balapan.

    Pada tahun 1991 Honda Civic generasi ini hadir dengan pilihan sedan yang dikenal sebagai Genio bermesin 1,6 liter. Kemudian ada juga type coupe, serta hatchback yang membuat mobil ini banyak diburu, yaitu dengan nama Estillo.

    Di platform jual beli mobil bekas seperti OLX.co.id, Honda Estilo ini memang banyak dicari konsumen. Tak heran meski sudah lebih dari 10 tahun, mobil ini harganya masih cukup tinggi. 

    6. Generasi keenam (1996–2000)

    Memasuki generasi keenam, Honda Civic kembali hadir meski desain dan bentuknya tak banyak diubah dari model terdahulu.

    Di Indonesia, Honda Civic generasi keenam hadir hanya dengan pilihan sedan saja. Mobil ini juga sempat dirakit di Sunter, Jakarta Utara, dimana mobil tersebut di produksi di Gaya Motor.

    Oia, mobil yang satu ini disebut juga Ferio dan banyak disukai, apalagi mereka yang ingin modifikasi.

    Di generasi keenam ini disebutkan bahwa model hatchback dihilangkan. Namun begitu, ini jadi cikal bakal Honda Civic Type R yang memiliki performa mesin sangat tangguh, yaitu mesin B16B empat silinder berdaya 185 Ps.  

    7.  Generasi ketujuh (2000–2005)

    Secara bentuk, Honda Civic generasi ketujuh ini sekilas tidak terlalu banyak ubahan seperti model-model sebelumnya. Namun begitu, jika dilihat secara detail ada beberapa ubahan seperti lampu depan jadi lebih besar.

    Kendati demikian, Honda menghadirkan Civic dengan kode bodi EM, ES, EP dan EV. Seri yang satu ini mengalami penyegaran, dengan memanfaatkan suspensi Macpherson Strut di bagian depan dan Double Wishbone pada bagian belakang.

    Mesin yang digunakan memakai K Series yang cukup bertenaga. Hal ini karena Civic generasi ketiga mengusung mesin bertipe D17A5 berkapasitas 1.7 liter, 4 silinder segaris, 16 katup, VTEC yang menghasilkan daya 130 Tk pada 6.500 rpm dan 165 Nm pada 6.500 rpm.

    8. Generasi kedelapan (2005–2011)

    Honda Civic generasi kedelapan muncul dengan sebutan Civic FD. Sebenarnya bentuk Civic ini lebih keren, sporty dan mewah.

    Secara tampilan, bagian depan mobil ini sudah menggunakan headlamp dengan bentuk tajam, ditambah fog lamp pada bumper, serta Gril dengan aksen krom melintang.

    Honda Civic generasi kedelapan ini memiliki fitur keamanan mulai dari teknologi ABS, EBD dan BA, serta pada varian 2.000 cc dilengkapi Vehicle Stability Assist (VSA), serta tambahan dual SRS Airbags.

    Di Indonesia Civic generasi kedelapan ini hadir pada 2007, dimana Honda menawarkan dua pilihan mesin berkode R18, dengan kapasitas 1.800 cc, i-VTEC, SOHC, dan mesin K2, berkapasitas 2.000 cc, i-VTEC, DOHC.

    Untuk mesin 1.800 cc, tenaga yang dikeluarkan mencapai 140 Tk, sedangkan mesin 2.000 cc berdaya 155 Tk.

    9. Generasi kesembilan (2011–2016)

    Pada generasi kesembilan, Honda Civic  kembali mengalami ubahan dengan desain yang lebih segar. Mobil ini pun terlihat sporty, elegan dan sangat aerodinamis.

    Yang menarik dari generasi kesembilan ini tak lain adanya sejumlah fitur inovatif, mulai dari Advanced Multiplex Meter with intelligent-Multi Information Display (i-MID), ECON Mode, ECO Assist, One Push Ignition Button, Smart Key System, Integrated Audio System, dan 8 Way Power Seat Adjustment.

    Honda Civic generasi kesembilan ini didukung pilihan mesin 1.8 L SOHC i-VTEC dengan tenaga maksimal 141 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimum  17,7  kg.m pada 4.300 rpm. Serta ada juga pilihan mesin 2.0 L SOHC i-VTEC dengan tenaga maksimal 155 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimum  19,4 kg.m pada 4.300 rpm.

    10. Generasi kesepuluh (2015–2021)

    Untuk generasi ke-10, Honda Civic meluncur juga semakin mengalami ubahan secara menyeluruh, dimana tampilan eksterior lebih sporty dan revolusioner. Hal ini dilihat dari bagian penerangan sudah menggunakan lampu LED, dan LED Daytime Running.

    Honda Civic generasi ke-10 ini sudah menggunakan velg berukuran 17 inci dengan desain racing dan material yang ringan. Tak lupa juga dengan interior yang lebih ciamik.

    Adapun saat  Honda Civic generasi ke-10 hanya mengusung satu mesin yaitu mesin 1.5L VTEC Turbo yang menghasilkan daya 173 PS di 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 1.700-5.500 rpm.

    11. Generasi kesebelas (2021)

    Honda Civic
    All New Honda Civic generasi ke-11 meluncur di Indonesia. (Honda)

    Honda Civic generasi kesebelas ini ternyata hanya memiliki satu varian yang disebut Civic RS. Secara tampilan, jelas mobil ini memang sangat menggugah.

    Apalagi kini tak perlu menggunakan kunci untuk masuk ke dalam kabin. Sebaliknya mobil menggunakan Honda Smart Key Car yang bentuknya justru menyerupai kartu. 

    Belum lagi, mobil ini sudah memiliki fitur keselamatan Honda Sensing yang membawahi Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Lead Car Departure Notification System, Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist, Auto High Beam. 

    Bicara soal mesin, Honda Civic generasi kesebelas ini sudah mengusung mesin L15BG turbo berkapasitas 1.496 yang mampu menghasilkan daya 178 Tk dan torsi 240 Nm.

    Tenaga yang diterapkan pada Honda Civic gen 11 ini disebut-sebut meningkat 5 Tk pada 6.000 rpm dan 20 Nm pada 1.700-5.500 rpm

     Bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru selama GIIAS 2021, nggak ada salahnya jual mobil lamamu di OLX Autos. Anda juga bisa melakukan booking sekarang untuk mendapatkan gift card hingga Rp 5 juta. Untuk yang ingin booking bisa DI SINI.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here