Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSejarah Mitsubishi Pajero Sport Ternyata Berasal dari Balap Reli Dakar

    Sejarah Mitsubishi Pajero Sport Ternyata Berasal dari Balap Reli Dakar

    Siapa yang tak tahu Mitsubishi Pajero Sport? Ya, mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dengan bentuk gambot ini memang sudah tidak asing bagi masyarakat di Indonesia. Pasalnya, mobil ini memang kerap kali dijumpai di berbagai wilayah.

    Tangguh dan gagah, mungkin sebutan ini bisa disematkan pada Mitsubishi Pajero Sport. Bagaimana tidak, mobil ini memang bisa digunakan di berbagai medan jalan dengan kontur aspal maupun jalanan tanah dan bebatuan.

    Usut punya usut, kemunculan Mitsubishi Pajero Sport ternyata sebagai mobil di segala medan, tak lepas dari sejarah mobil tersebut yang ternyata sudah mendarah daging sebagai mobil yang terinspirasi dari ajang reli Dakar.

    Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura mengatakan, Mitsubishi Pajero Sport lahir dari DNA Mitsubishi Pajero yang sukses meraih kemenangan terbanyak di ajang reli Dakar dengan 12 gelar. 

    “Kesuksesan itu yang menjadi cikal bakal pengembangan model Mitsubishi Pajero Sport. Meski merupakan jenis yang berbeda, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport memiliki kemiripan dari sisi ketangguhan serta daya tahan yang teruji di ajang balap reli internasional,” ungkap Nakamura dalam keterangan tertulis.

    Jika melihat sejarah ke belakang, Pajero Evolution Dakar memang sukses merajai gelaran reli Dakar terhitung sejak 1985 silam. Dominasi Mitsubishi Pajero berlanjut setelah tujuh tahun, dengan tak terkalahkan dan menjadi juara reli Dakar di 1992, 1993, 1997, 1998, 2001 hingga 2007.

    Nah, mau tau bagaimana perkembangan Mitsubishi Pajero Sport dari generasi ke generasi, berikut ulasannya:

    Generasi Pertama

    Mitsubishi Pajero Sport Generasi pertama
    Mitsubishi Pajero Sport Generasi pertama

    Generasi pertama Mitsubishi Pajero Sport dikenal dengan nama Mitsubishi Challenger yang dirilis pada 1996. Saat itu, generasi awal memiliki desain yang cenderung kotak dengan namun posturnya tetap gagah. 

    Pada awalnya, Mitsubishi Challenger dipasarkan untuk pasar domestik Jepang saja. Namun penerimaan yang positif membuat setahun kemudian mobil tersebut diekspor ke beberapa negara. 

    Kegiatan ekspor ini membuat Mitsubishi Challenger dikenal dengan nama yang berbeda disetiap negara, seperti Mitsubishi Pajero Sport (Eropa), Montero Sport (Amerika dan sekitarnya), Shogun Sport (Inggris) dan Strada G-Wagon (Thailand). Seiring dengan perkembangannya, mobil ini tidak hanya dirakit di Jepang tapi juga di Tiongkok pada 2003 dan Brazil 2006. 

    Generasi Kedua

    Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua memiliki konsep kendaraan All Round Family SUV yang tetap tangguh di segala medan, namun tetap nyaman untuk menemani aktivitas perkotaan. Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua ini juga yang pertama kali masuk ke Indonesia pada 2009.

    Saat itu, Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan mesin 2.5L DOHC Common Rail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 136 ps dan torsi maksimum 324 Nm.

     Kemudian dua tahun berselang, Mitsubishi Motors memberikan tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.5-liter DI-D Common Rail ini agar lebih tangguh dan bertenaga namun tetap efisien bahan bakar. 

    Pada 2013, Mitsubishi Pajero Sport mendapat penyegaran baik eksterior dan interior. Penyegaran ini membuat Mitsubishi Pajero Sport semakin sporty, dinamis, dan agresif. Memasuki 2014, Mitsubishi Motors kembali menambah varian Mitsubishi Pajero Sport V6 dengan mesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga 220 PS yang memberikan tenaga yang besar, suara yang halus serta emisi gas buang yang rendah.

    Generasi Ketiga

    Di awal 2016, Mitsubishi Motors memperkenalkan Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga dengan taampilan baru dan lebih modern. Desain eksteriornya didominasi oleh garis-garis tajam ala Dynamic Shield khas Mitsubishi di bagian depan. 

    Dapur pacu juga dilengkapi dengan mesin baru 4N15 2,4L MIVEC dengan tenaga maksimal 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm. Mitsubishi Pajero Sport generasi terbaru ini dilengkapi dengan transmisi baru yaitu otomatis 8 percepatan, yang menawarkan perpindahan gigi lebih halus dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. 

    Sektor kaki-kaki juga mendapat penyempurnaan, sehingga lebih nyaman dikendarai dan semakin mudah dikendarai di berbagai medan.

    Harga Bekas

    Tingginya permintaan Mitsubishi Pajero Sport model baru ternyata berbanding lurus dengan kondisi bekas. Di situs jual beli OLX.co.id juga banyak dijual Mitsubishi Pajero Sport dengan berbagai varian dan tahun berbeda.

    Setidaknya di OLX.co.id harga bekas Mitsubishi Pajero Sport dijual mulai Rp 175 juta sampai Rp 519 juta.

    Perlu dicatat, jika OLXer memang berniat membeli Mitsubishi Pajero Sport bekas jangan heran kalau satu model dan tahun produksinya sama namun harganya berbeda-beda.

    Sebab, untuk menentukan harga sebuah mobil bekas bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Jika OLXer memang berniat mencari mobil Mitsubishi Pajero Sport bekas bisa lihat di sini.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here