Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSekilas Perjalanan Singkat 1.000 Hari Wuling di Indonesia

    Sekilas Perjalanan Singkat 1.000 Hari Wuling di Indonesia

    Siapa yang kenal Wuling Motors? Mungkin jawaban atas kalimat tersebut banyak yang tidak tahu jika terjadi pada 10 tahun lalu. Namun kini, Wuling Motors jadi salah satu brand raksasa yang sangat diperhitungkan di Tanah Air. Bahkan produk-produk Wuling Motors kini sudah terlihat menjamur di setiap jalan.

    Di pasar otomotif nasional, Wuling Motors berada di bawah payung PT SGMW Motor Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW). Seperti diketahui di negara asalnya China, Wuling Motors telah terjual lebih dari 2,15 juta unit kendaraan di 2017 dan menduduki posisi No.1 dalam hal volume penjualan untuk perusahaan otomotif tunggal selama 12 tahun di negeri Tirai Bambu

    Lalu bagaimana di Indonesia?

    Menurut Media Relations Wuling Motors, Brian Gomgom, meski seumur jagung atau tepat 1.000 hari Wuling Motors di kancah otomotif nasional, setidaknya 46.362 unit mobil Wuling Motors telah laku terjual di pasar otomotif Indonesia, yang terdiri dari Confero 26.550 unit unit, Alma 9.903 unit, Cortez 9.424 unit, serta Formo 485 unit.

    Angka tersebut memang bukanlah hal buruk, mengingat masih banyak pabrikan mobil lainnya yang sudah belasan atau puluhan tahun berjualan di Indonesia, namun penjualanya tak sebanyak dan seberuntung Wuling.

    “Dengan kondisi sekarang sudah cukup baik, setiap tahun tumbuh, tahun ke tahun meningkat, positif bagi kita,” ungkap Gomgom kepada awak media di acara Ngobrol Virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Rabu (22/4/2020).

    Sementara itu, Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko mengatakan, meningkatnya penjualan dari tahun ketahun tak lepas dari keinginan Wuling Motors untuk membuat mobil global dengan cita rasa lokal.

    “Produk-produk yang kami luncurkan, penerimaan juga bagus, sehingga jadi motivasi kami juga menjadi lebih baik dalam pengembangannya,” ujar Danang di acara yang sama.

    Kerja Keras Wuling di Indonesia

    Tahun 2017

    Wuling Confero

    Kesuksesan Wuling Motor hingga detik ini tentu tak lepas dari perjuangan yang tak mudah. Berdiri di titik nol, Wuling Motor mengawali perjalanan di Indonesia dengan mendirikan pabrik dengan luas tanah 60 hektar dan nilai investasi 700 juta dollar AS (sekitar Rp 9 triliun lebih kala itu) di kawasan GIIC, Cikarang, Jawa Barat, pada 20 Agustus 2015.

    Selang dua tahun tepatnya 11 Juli 2017, Wuling Motors resmikan pabrik dan langsung menggenjot produksi kendaraan pertama di segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV).

    Kurang dari sebulan atau tepat 2 Agustus 2017, Wuling Confero dan Confero S secara resmi meluncur di Indonesia. Menariknya, tak sampai setahun atau pada 30 Desember 2017 Wuling Motors masuk sebagai top brands untuk penjualan mobil di Indonesia.

    Ya, dengan modal 50 dealer Wuling yang tersebar di seluruh Indonesia dan wajib melayani kegiatan after sales, mereka merangsek masuk 10 merek mobil terlaris di Indonesia. Sungguh menjadi kebanggan tersendiri bagi Wuling.

    2018

    Wauling Cortez

    Ekspansi Wuling demi menarik perhatian konsumen ternyata tak hanya menawarkan Confero series. Sebab, delapan bulan kemudian atau 8 Februari 2018, mereka meluncurkan Wuling Cortez, yang diklaim sebagai MPV modern terbaru untuk keluarga di Indonesia. Di tahun yang sama, Wuling Cortez mengumumkan mereka punya pilihan mesin 1.5 liter, sedangkan di awal kemunculannya hanya ada mesin 1.8 liter.

    Tahun 2018 juga jadi sejarah, bahwa Wuling menghadirkan kendaraan komersial yang disebut Wuling Formo. Mobil niaga untuk bisnis ini menggunakan platform yang sama seperti Confero. Tentu saja kabinnya cukup luas sehingga mampu mengangkut barang dan semacamnya.

    Tepat 30 Desember 2018, Wuling Motors masuk sebagai top 6 brand untuk penjualan mobil berpenumpang di Indonesia. Hal ini tentu jadi kado manis di akhir tahun kala itu.

    2019

    Wuling Almaz

    Di awal tahun 2019, tepatnya pada 27 Februari 2019, Wuling kembali meluncurkan produk terbaru di segmen SUV, yaitu Wuling Almaz. Kala itu, mobil yang memiliki nama batu berlian dalam bahasa Arab ini mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia karena desain dan teknologi yang dibenamkan. Saat peluncurannya Wuling Almaz hanya menyediakan kapasitas lima penumpang.

    Ya, kesan gagah ditambah berbagai fitur di dalamnya, membuat siapapun penggunanya akan merasa bahwa mereka memiliki jiwa berpetualang tanpa batas.

    Selang dua bulan, Wuling kembali meluncurkan varian baru yaitu Cortez CT dan juga Confero ACT. Dua mobil ini jadi varian yang dilengkapi teknologi untuk memudahkan perjalanan.

    Oia, tepat dua tahun beradaptasi di pasar otomotif nasional Wuling Motors membuat inovasi yang cukup mencengangkan, dimana mereka meluncurkan fitur Wuling Indonesian Command (WIND), dimana fitur ini ada voice command WIND yang ada pada Wuling Almaz dan merupakan fitur voice command pertama yang menggunakan bahasa Indonesia. Nah bertepatan dengan munculnya fitur WIND, Almaz hadir juga dengan pilihan tujuh penumpang.

    Alhasil, Wuling membuktikan diri, bahwa mereka memiliki banyak inovasi yang dilengkapi dengan teknologi modern dan dibutuhkan masyarakat Indonesia.

    Tapi tunggu, ternyata Wuling juga rajin melakukan penjualan di luar negeri atau ekspor khususnya ke tiga negara yaitu Thailand, Brunei Darussalam, dan Fiji. Selain itu, Wuling juga turut andil di bidang sosial, dengan menghadirkan beragam program CSR Wuling Motors bagi Indonesia.

    2020

    Wuling dan Bali United

    Untuk menambah brand imej sebagai pabrikan otomotif yang kini semakin diperhitungkan, Wuling Motors menjadi official partner dari tim sepak boleh asal pulau Dewata, yaitu Bali United.

    Di tahun 2020 ini pula  Wuling masih terus memberikan yang terbaik untuk konsumen di Indonesia dengan memberikan layanan after sales, dengan telah memiliki 115 jaringan dealer di tanah air juga layanan online di aplikasi My Wuling+ untuk kepuasan para konsumen.

    Nah, 1.000 hari Wuling Motors di Indonesia, mereka berjanji mendukung dan menjadi bagian dari masyarakat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

    Banyak Penghargaan

    Wuling mendapat penghargaan

    Selama 1000 hari Wuling Motors di Indonesia, tak hanya penjualan saja yang jadi patokan sukses. Pasalnya ada modal lain yang bisa membuat Wuling menjadi semangat, yaitu apresiasi positif yang diterima Wuling Motors dari sejumlah pihak selama tiga tahun.

    Pada tahun pertama hadir di Indonesia, Wuling Confero S yang meluncur pada pertengahan Juli 2017 langsung dinobatkan sebagai Best Small MPV ICOTY 2017, Best Value for Money ICOTY 2018 oleh Majalah Mobilmotor, dan Rookie of the Year di Otomotif Award 2018.

    Tepat pada awal 2018, Wuling Motors yang meluncurkan mobil medium Multi Purpose Vehicle (MPV) bernama Cortez, juga berhasil mendapatkan sederet penghargaan, mulai dari Best Medium MPV di ICOTY 2018 oleh Majalah Mobilmotor.

    Selain itu, Cortez juga telah meraih Best of Medium MPV Gasoline oleh Otomotif Award 2019, serta menjadi Top 10 Best Selling merek otomotif di Indonesia.

    Penghargaan belum sampai disitu, di tahun berikutnya atau 2019, Wuling Cortez dinobatkan sebagai Best Total Cost Ownership Medium MPV pada Gridoto Award 2019, dan Cortez CT dicap sebagai Best of Medium MPV Gasoline versi OTOMOTIF AWARD 2019 dan Best Medium MPV di Gridoto Award 2019.

    Tidak hanya itu, Wuling Almaz juga mendapatkan berbagai penghargaan mulai dari Apresiasi Inovasi 2019 kategori Teknologi oleh Koran Sindo dan Sindonews, kemudian Carvaganza Editors’ Choice Award 2019, FORWOT Car Of The Year 2019, serta predikat Car of The Year dan Best Medium SUV versi Gridoto Award 2019.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here