Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    MotorSelain Indonesia, Konsumen di Negara yang Satu Ini Juga Menyukai Honda Beat

    Selain Indonesia, Konsumen di Negara yang Satu Ini Juga Menyukai Honda Beat

    OLXer tau nggak sih, kalau skuter matik Honda Beat jadi sepeda motor terlaris di Indonesia. Bahkan, skutik yang diluncurkan pada 2008 ini semakin menjamur di jalanan di Indonesia.

    Namun OLXer harus tau juga nih, ternyata Honda Beat ini tak hanya disukai konsumen di dalam negeri, melainkan juga cukup diminati di luar negeri.

    Berdasarkan keterangan tertulis Honda, Senin (21/10/2019) Honda Beat yang di ekspor ke Filipina melonjak 43 persen atau tembus sebanyak 14.256 unit pada September 2019. Sedangkan periode yang sama di tahun sebelumnya hanya tercatat 9.984 unit.

    Adapun sepanjang Januari-September 2019, total ekspor Honda Beat mencapai 84.192 unit. Angka ini cukup tinggi, mengingat tujuan ekspor motor sejuta umat itu hanya satu negara

    Menurut General Manager Overseas Business Division PT Astra Honda Motor Kurniawati Slamet, kemunculan Honda Beat sejalan dengan perusahaan, yang terus menyuguhkan produk sepeda motor, yang memiliki daya saing kuat di pasar global, baik dari sisi kualitas dan desain.

    Dia juga menyatakan, Honda senantiasa terus berupaya menghadirkan sepeda motor dengan desain terkini dan performa handal, yang telah diakui memiliki kualitas produk yang mumpuni untuk dipasarkan di negara lain.

    “Kami akan terus meningkatkan kontribusi produk anak bangsa di pasar motor internasional sehingga dapat memberikan kebanggaan untuk bangsa kita melalui ekspor Honda Beat dan juga beragam model sepeda motor Honda lainnya ke berbagai negara,” jelas Kurniawati, Senin (21/10/2019).

    Lebih lanut Kurniawati menyatakan, peningkatan ekspor Honda Beat merupakan salah satu bentuk kepercayaan konsumen negara lain untuk menjadikan skutik Honda sebagai pilihan dalam berkendara.

    “Dengan peningkatan ekspor ini mencerminkan kualitas Honda BeAT yang tak hanya sukses menjadi motor terlaris di Indonesia, tapi juga memiliki daya saing di pasar motor internasional,” terangnya.

    Sekadar informasi, berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Sepedmotor Indonesia (AISI) pada September 2019, ekspor sepeda motor secara nasional secara utuh atau Completely Built Up (CBU) tercatat sebanyak 79.798 unit.

    Kontribusi ekspor tertinggi berdasar dari segmen skutik yaitu 60.169 unit, diikuti oleh segmen sport 10.598 unit, dan segmen motor bebek 9.031 unit.

    Adapun ekspor sepeda motor Honda yang diekspor PT Astra Honda Motor (AHM) tercatat mencapai 33.974 unit dan memberikan kontribusi sebesar 42 persen terhadap total ekspor sepeda motor nasional.

    Apa Hebatnya

    Honda Beat sendiri merupakan skutik pertama yang diimpor AHM ke pasar motor di ASEAN sejak Mei 2015. Honda Beat yang menjadi pesaing Yamaha Mio dibekali mesin 110 cc enhanced Smart Power (eSP) yang terintegrasi dengan ACG Starter yang mampu menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara.

    Teknologi ini menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari tiga detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

    Ada 4 tipe yang disediakan oleh Honda yaitu:

    Honda BeAT SW : Masih menggunakan karburator, velg jari-jari.

    Honda BeAT CW : Masih menggunakan karburator, velg castwheel (racing).

    Honda BeAT FI SW : Menggunakan teknologi sistem injeksi, velg jari-jari

    Honda BeAT FI CW: Menggunakan teknologi sistem injeksi, velg cast wheel (racing)

    Honda Beat FI Combi Brake System : Menggunakan teknologi sistem injeksi, velg cast wheel (racing), dilengkapi dengan Combi Brake System yang mampu mengkombinasikan rem depan dan belakang saat tuas rem ditekan.

    Untuk memberikan pilihan kepada konsumen Honda Beat hadir dalam beberapa warna. Masing-masing tipe diberi pilihan warna yang berbeda-beda.

    • Honda BeAT SW : Biru, Hijau, Hitam, Merah, Putih

    • Honda BeAT CW : Biru, Hijau, Hitam, Merah, Putih

    • Honda BeAT FI SW : Electro red (merah), Techno white (putih), Hard Rock black (hitam)

    • Honda BeAT FI CW: Disco green (Hijau), Electro red (merah), Techno white (putih), Hard Rock black (hitam), Samba Orange (orange), Groovy Blue (Biru)

    • Honda BeAT FI Combi Brake System : Electro red (merah), Techno white (putih), Hard Rock black (hitam), Samba Orange (orange), Trance Blue (Biru)

    Berikut jeroan mesinnya:

    • Mesin 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan udara
    • Diameter dan langkah: 50 × 55,1 mm, kapasitas 110 cc
    • Rasio kompresi 9.5 : 1
    • Daya maksimum 8,5 Tk pada 8.000 rpm
    • Torsi maksimum 0,89 kgf.m @ 6.500 rpm
    • Ukuran ban 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
    • Jarak sumbu roda 1.240 mm (karburator) / 1.255 mm (injeksi)

    Dimensi 1,859 x 676 x 1,053 mm (karburator) / 1.863 x 675 x 1.072 mm (injeksi), kemudian kapasitas tangki bensin 3,5 liter (karburator) / 3,7 liter (injeksi), dan berat kosong 89,3 kg (karburator) / 93 kg (injeksi)

    Menggunakan rangka backbone, Honda Beat sudah dipasangkan dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi tunggal dengan lengan ayun.

    Sedangkan untuk kaki-kakinya disematkan pula rem depan 190 mm cakram hidrolik piston tunggal, belakang tromol, tipe busi NGK CPR8EA-9 atau Denso U24EPR9 / NGK CPR9EA-9 atau Denso U27EPR9 (injeksi).

    Harga

    • BeAT Sporty CW Rp 16.068.000
    • BeAT Sporty CBS   Rp. 16.244.000
    • BeAT Sporty CBS ISS  Rp. 16.768.000
    • BeAT Street Rp. 16.793.000. ()
    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here